5 Klub Terakhir yang Menyingkirkan Barcelona dari Kompetisi Eropa

Bisakah Manchester United jadi yang berikutnya?

Musim 2022/2023 ini, Barcelona kembali mengulang prestasi buruk mereka di Eropa musim lalu. Blaugrana lagi-lagi gagal melewati fase grup Liga Champions setelah hanya finis di posisi ketiga klasemen akhir. Akibatnya, Barca pun harus turun kasta ke Europa League 2022/2023.

Barcelona pun belum pasti memasuki babak 16 besar Europa League. Mereka harus terlebih dulu menghadapi Manchester United di babak playoff.

Performa mereka sudah meningkat dibanding musim lalu, membuat Setan Merah cukup berpeluang menyusul klub-klub berikut ini yang sukses menyingkirkan Barca di kompetisi Eropa dalam 5 musim terakhir.

1. AS Roma (2017/2018)

5 Klub Terakhir yang Menyingkirkan Barcelona dari Kompetisi EropaAS Roma melawan Barcelona di perempat final Liga Champions 2017/2018 (asroma.com)

Dalam 5 musim terakhir, Barcelona dua kali gugur dari Liga Champions setelah terkena comeback menyakitkan. Yang pertama terjadi di perempat final Liga Champions 2017/2018.

Saat itu, Barca berhadapan dengan AS Roma, dan sukses memenangi leg pertama di Camp Nou dengan skor 4-1. Namun, pada pertemuan kedua di Olimpico, AS Roma membuat keajaiban dan mengalahkan Barcelona 3-0.

Skor agregat imbang 4-4, tetapi Roma berhak melaju karena unggul gol tandang. Beruntung, musim 2017/2018 tetap berakhir baik bagi Barcelona karena berhasil menjuarai LaLiga dan Copa del Rey.

2. Liverpool (2018/2019)

5 Klub Terakhir yang Menyingkirkan Barcelona dari Kompetisi EropaPara pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Barcelona di semifinal Liga Champions 2018/2019 (liverpoolfc.com)

Kesialan Barcelona di Liga Champions ternyata terulang pada musim berikutnya. Kali ini, giliran Liverpool yang sukses menyingkirkan mereka melalui comeback gemilang.

Barca dan Liverpool bersua di babak semifinal, dan Barca sukses merebut laga pertama dengan skor 3-0. Namun, Barca kembali melempem ketika gantian bertandang ke markas lawan.

Liverpool sukses membalas di Anfield dengan skor lebih telak, 4-0. Untuk kedua kali secara beruntun, Barca harus gigit jari di Liga Champions karena gagal memanfaatkan keuntungan yang diraih pada leg pertama.

Baca Juga: Play-off Fase Gugur Liga Europa 2022/23: Barcelona vs MU

3. Bayern Munich (2019/2020)

5 Klub Terakhir yang Menyingkirkan Barcelona dari Kompetisi EropaPara pemain Bayern Munich merayakan gol ke gawang Barcelona di perempat final Liga Champions 2019/2020 (fcbayern.com)

Pada musim 2019/2020, Barca tidak tersingkir di Liga Champions gara-gara kena comeback lagi. Namun, apa yang menimpa mereka justru lebih memalukan.

Barca gugur setelah dikalahkan Bayern Munich pada babak perempat final. Papan skor saat itu mencatat hasil bersejarah: Bayern menang 8-2 atas Barca. Laga perempat final itu hanya berlangsung satu leg di tempat netral karena pandemi COVID-19.

Meski turun dengan Lionel Messi, Barca hancur lebur dan harus menelan salah satu kekalahan terbesar dalam sejarah mereka. Bayern sendiri akhirnya terus melaju dan jadi juara Liga Champions musim tersebut.

4. Paris Saint-Germain (2020/2021)

5 Klub Terakhir yang Menyingkirkan Barcelona dari Kompetisi EropaKylian Mbappe merayakan gol ke gawang Barcelona di perdelapan final Liga Champions 2020/2021 (psg.fr)

Capaian Barcelona di Liga Champions makin melorot pada musim berikutnya alias 2020/2021. Barca langsung gugur pada babak 16 besar setelah dikandaskan Paris Saint-Germain (PSG). Kegagalan Barca bahkan sudah hampir dipastikan pada leg pertama, usai terbantai 1-4 di Camp Nou.

Pada leg kedua di Paris, Barca bisa lebih memberikan perlawanan. Namun, mereka tetap gagal lolos karena hanya bermain imbang 1-1. Selain di Eropa, Barca juga tidak juara di LaLiga musim tersebut, tetapi mendapat pelipur lara berupa trofi Copa del Rey.

5. Eintracht Frankfurt (2021/2022)

5 Klub Terakhir yang Menyingkirkan Barcelona dari Kompetisi EropaBarcelona melawan Eintracht Frankfurt di perempat final Europa League 2021/2022 (eintracht.de)

Musim 2021/2022 adalah musim yang buruk bagi Barcelona. Untuk pertama kalinya sejak 2004, Barca bermain tanpa Lionel Messi yang pindah ke PSG. Dampak kepergian Messi ternyata langsung terasa. Barca terseok-seok di LaLiga, bahkan gagal melewati fase grup Liga Champions.

Finis di posisi ketiga fase grup Liga Champions, Barca harus tergusur ke Europa League. Sialnya, kompetisi Eropa kasta kedua itu pun gagal dimenangi Barca. Eintracht Frankfurt menghentikan langkah mereka di babak perempat final.

Padahal, Barca sempat menahan imbang Frankfurt saat bermain tandang pada leg pertama. Namun, saat melakoni leg kedua di Camp Nou, Barca malah kalah 2-3.

Frankfurt sendiri akhirnya menjadi juara Europa League 2022/2023. Sementara, Barca mengakhiri musim 2021/2022 dengan mengecewakan.

 

Manchester United berpeluang jadi klub berikutnya yang menyingkirkan Barcelona dari kompetisi Eropa. Namun, Barca tentu tetap tak bisa diremehkan. Kegagalan beruntun di Liga Champions pasti membuat Barca termotivasi untuk habis-habisan di Europa League musim ini. 

Baca Juga: Fred Tak Sabar Nantikan Duel MU vs Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya