Comscore Tracker

Liverpool Akan Hadapi Laga-laga Sulit, Jurgen Klopp: Ini Menyenangkan

Tiap laga bagaikan final bagi Liverpool

Liverpool tengah bersiap menghadapi periode krusial di sisa musim. Perjuangan Si Merah meraih trofi liga pertama dalam 29 tahun bakal segera mencapai klimaksnya. Pun begitu dengan perjalanan mereka di Liga Champions yang telah sampai ke babak 8 besar. Akan menghadapi sejumlah partai penting bak final, pelatih Jurgen Klopp mengaku siap dan bersemangat.

1. Premier League kembali dimulai, Liverpool akan hadapi 3 lawan tangguh di sisa musim

Liverpool Akan Hadapi Laga-laga Sulit, Jurgen Klopp: Ini Menyenangkanliverpoolfc.com

Setelah libur selama sepekan karena jeda internasional, Liga Primer Inggris akan kembali bergulir akhir pekan ini. Pasukan Jurgen Klopp akan kedatangan Tottenham Hotspur, penghuni peringkat ke-3 yang tengah berjuang mengamankan tiket Liga Champions musim depan. Meski menurun di beberapa laga terakhir, Harry Kane dkk tetap punya potensi untuk melukai The Reds.

Selain Tottenham, masih ada 2 lawan tangguh lain yang harus Liverpool di sisa 7 laga, yaitu Chelsea dan Wolverhampton Wanderers. Seperti Tottenham, Chelsea pun tengah berada di persaingan menuju Liga Champions musim depan. Sementara Wolves musim ini telah beberapa kali menjadi pembunuh raksasa dengan mengalahkan tim-tim besar, termasuk Liverpool sendiri.

Namun beruntungnya adalah Mo Salah cs akan melakoni 3 partai sulit tersebut di rumah sendiri. Musim ini Liverpool baru kalah sekali di Anfield ketika ditumbangkan Chelsea di Piala Liga. Sementara di Premier League, kali terakhir mereka takluk dari tim tamu adalah pada Januari 2017, alias lebih dari 2 tahun lalu.

Saat ini Liverpool sedang memuncaki klasemen sementara dengan 76 poin, unggul 2 poin dari Manchester City yang menyimpan 1 laga di tangan. Sisa jadwal The Citizens relatif lebih ringan karena hanya perlu menghadapi 2 tim tangguh, yaitu Tottenham dan Manchester United. Maka, anak asuh Jurgen Klopp wajib memaksimalkan jadwal yang mereka punya karena peluang City terpeleset terbilang tipis.

2. Sementara di Liga Champions, Liverpool ditantang FC Porto

Liverpool Akan Hadapi Laga-laga Sulit, Jurgen Klopp: Ini Menyenangkanbbc.co.uk

Selain Premier League, Liverpool juga masih dalam persaingan menuju gelar Liga Champions keenam mereka sepanjang sejarah. Di babak 8 besar, The Reds akan menghadapi lawan yang relatif lebih mudah dibanding kontestan lain, yaitu FC Porto. Namun bukan berarti mereka bisa begitu saja meremehkan klub Portugal tersebut.

Porto telah membuktikan kualitasnya di babak 16 besar dengan membukukan come back atas AS Roma. Selain itu, 2 laga melawan Porto juga bisa menjadi batu sandungan bagi Liverpool karena akan diselingi partai melawan Chelsea di Premier League. Jika tidak hati-hati, bukan mustahil Porto justru akan membuat kejutan dengan menyingkirkan Liverpool.

The Reds tampaknya tak akan mengendurkan kekuatan mereka di kedua ajang tersisa. Klopp sendiri pernah menyatakan bahwa timnya akan memperlakukan setiap pertandingan dengan intensitas yang sama demi memenangi kedua gelar. Jika demikian, mereka mesti bersiap menghadapi laga-laga krusial di sisa musim.

Baca Juga: Louis Van Gaal Jagokan Manchester City Jadi Jawara Liga Champions

3. Optimis, Jurgen Klopp nyatakan siap hadapi periode sulit

Liverpool Akan Hadapi Laga-laga Sulit, Jurgen Klopp: Ini Menyenangkanliverpoolfc.com

Apakah anak asuh Jurgen Klopp siap menjalani periode krusial tersebut? Sang manajer dengan antusias menyatakan kesiapan timnya. Optimismenya pun bukan tanpa alasan, karena ia menyebut bahwa timnya telah mempersiapkan diri sepanjang musim untuk menghadapi periode ini.

"Ini menyenangkan, sungguh," kata Klopp seperti dilansir situs resmi Liverpool. "Ini yang selalu kami bicarakan, begitulah sebuah musim, Anda mempersiapkan fondasi untuk pekan-pekan terakhir. Sekarang kami ada di pekan-pekan terakhir dan tidak akan ada interupsi lagi, hanya akan ada pertandingan demi pertandingan, dan mereka semua sangat penting.

"Di satu sisi, lawan-lawan bertarung untuk tempat di Liga Champions. Di sisi lain, mereka bertarung untuk bertahan di liga. Aku hanya memikirkan Wolves di laga terakhir, mereka tidak bertarung untuk Liga Champions ataupun untuk bertahan, tapi kita sudah lihat seperti apa mereka. Dan mereka bisa melaju ke final Piala FA, jadi itu menyenangkan buat mereka. Tapi itulah lawan-lawan kami.

"Liga Champions, kita tidak perlu membicarakan itu karena itu semua adalah final, setiap laga adalah final. Semoga kami bisa bertahan di kompetisi tersebut selama beberapa waktu. Kami telah menciptakan dasar yang kuat, sekarang mari gunakan itu," sebut Klopp.

4. Akan hadapi Tottenham akhir pekan ini, Klopp siapkan kekuatan penuh

Liverpool Akan Hadapi Laga-laga Sulit, Jurgen Klopp: Ini Menyenangkanstandard.co.uk

Setelah menjalani laga-laga internasional, beberapa pemain Liverpool belum bergabung untuk kembali berlatih bersama tim sebelum menghadapi Tottenham. Namun Klopp optimis dengan tim yang ada, sambil menyebut hanya bek Trent Alexander Arnold dan gelandang Xherdan Shaqiri yang absen karena cedera.

"Kami tidak punya semua pemain yang sedang pergi, tapi kami punya semua pemain lain," katanya. "Membawa para pemain kembali, selangkah demi selangkah. Oke, Shaq dan Trent masih menjalani rehab, tapi sisanya ada disini dan dalam kondisi baik. Dua sesi hari ini lalu satu sesi setiap hari. Semuanya baik dan kami sangat menantikan periode ini sekarang," tutup Klopp dengan percaya diri.

Baca Juga: Mourinho Perkirakan Tak Ada Klub Inggris Di Final Liga Champions

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya