5 Lulusan Akademi Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub Lain

Ada yang dijual dengan harga mahal

Liverpool kerap menghasilkan pemain top dari akademi sepak bola mereka sendiri. Pada masa lalu, Michael Owen dan Steven Gerrard adalah contoh jebolan akademi Liverpool tersukses. Sementara, saat ini, ada Trent Alexander-Arnold hingga Harvey Elliott yang bersinar bersama The Reds.

Tentu tak semua lulusan akademi Liverpool bernasib baik. Beberapa di antaranya kesulitan mendapat tempat di tim utama The Reds. Mereka terpaksa dilepas ke klub lain.

Inilah lima lulusan akademi Liverpool terakhir yang dilepas ke klub lain.

1. Ovie Ejaria

5 Lulusan Akademi Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub LainOvie Ejaria (liverpoolfc.com)

Ovie Ejaria adalah gelandang asal Inggris yang lulus dari akademi Liverpool pada 2016. Ia mencatat debutnya pada 2016/2017, bahkan sempat memainkan delapan laga sepanjang musim tersebut. Namun, itu ternyata jadi musim terakhir Ejaria bersama Liverpool.

Setelah itu, Ejaria hanya pernah jadi pinjaman di klub-klub lain. Pada musim panas 2020, ia akhirnya hengkang setelah menetap di Anfield selama 4 tahun. Ejaria bergabung dengan Reading, klub divisi Championship yang masih ia bela hingga kini.

2. Harry Wilson

5 Lulusan Akademi Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub LainHarry Wilson (liverpoolfc.com)

Pada musim panas 2021, giliran Harry Wilson yang memilih meninggalkan Liverpool. Dibanding Ejaria, Wilson sudah lebih lama lulus dari akademi Liverpool. Wilson pertama kali masuk skuad senior The Reds pada 2015. Namun, debutnya baru terjadi pada Januari 2017.

Setelah itu, Wilson hanya menghabiskan waktu jadi pinjaman di klub-klub lain. Ia bahkan hanya sempat tampil sekali lagi bagi The Reds. Dengan catatan dua penampilan, Wilson akhirnya meninggalkan Liverpool pada musim panas 2021 dan bergabung dengan Fulham.

Baca Juga: 6 Eks Pemain LaLiga yang Membela Liverpool pada Musim 2022/2023

3. Sheyi Ojo

5 Lulusan Akademi Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub LainSheyi Ojo (liverpoolfc.com)

Liverpool melepas tiga pemain jebolan akademi mereka pada musim panas 2022. Salah satunya Sheyi Ojo, gelandang asal Inggris. Seperti Harry Wilson, Sheyi Ojo juga menjadi bagian tim senior Liverpool sejak 2015.

Pada 2015/2016, Ojo bahkan dipercaya tampil 13 kali di semua ajang. Namun, ia hanya sempat mencatat dua penampilan tambahan bersama The Reds. Selebihnya, karier Ojo diwarnai peminjaman ke banyak klub. Ojo pun akhirnya hengkang dan kini membela Cardiff City.

4. Ben Woodburn

5 Lulusan Akademi Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub LainBen Woodburn (liverpoolfc.com)

Ada pula Ben Woodburn, gelandang asal Wales yang baru dilepas Liverpool ke Preston North End. Woodburn mulai membela tim senior Liverpool pada 2016/2017. Ia bermain 9 kali dan mencetak 1 gol pada musim debutnya itu.

Sayangnya, setelah itu Woodburn hanya sempat menambah satu penampilan bersama The Reds. Ia lebih banyak dipinjamkan ke klub-klub lain. Bersama Preston, Woodburn akhirnya menjadi pemain inti dengan total 36 penampilan sejauh ini.

5. Neco Williams

5 Lulusan Akademi Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub LainNeco Williams (liverpoolfc.com)

Salah satu lulusan akademi Liverpool bahkan dijual dengan harga mahal pada musim panas 2022 lalu. Ia adalah Neco Williams, bek sayap yang juga berasal dari Wales. Williams baru berusia 21 tahun. Ia membela tim senior Liverpool pada 2019.

Selama 3 musim berseragam Liverpool, jumlah penampilan Williams mencapai 33 laga. Namun, ia akhirnya memilih hengkang ke Nottingham Forest pada musim panas 2022. Liverpool sendiri diuntungkan dengan harga penjualan Williams yang mencapai 20 juta euro atau Rp325 miliar.

Lima pemain di atas punya kualitas mumpuni hingga bisa menembus tim senior Liverpool. Sayangnya, mereka terpaksa hengkang ke klub lain karena gagal jadi andalan. Apakah nasib serupa bakal menimpa para pemain lulusan akademi Liverpool lain?

Baca Juga: 6 Pemain Liverpool 2022/2023 yang Pernah Berkarier di Bundesliga

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya