Comscore Tracker

Man United Disebut Masih Terapkan Parkir Bus, Ini Jawaban Solskjaer

Strategi Solskjaer disebut mirip Mourinho

Manchester United telah membuat banyak kemajuan sejak memecat Jose Mourinho dan mengangkat Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih. Namun, mantan pelatih Setan Merah sebelum Mourinho, Louis Van Gaal menyebut bahwa meski meraih hasil lebih bagus, MU saat ini sejatinya masih menerapkan strategi negatif alias parkir bus seperti di era Mourinho. Apa jawaban Solskjaer?

1. Louis Van Gaal sebut MU di bawah Solskjaer masih gunakan strategi parkir bus

Man United Disebut Masih Terapkan Parkir Bus, Ini Jawaban Solskjaerskysports.com

Van Gaal yang saat ini telah pensiun dari dunia sepakbola pernah menangani Manchester united selama 2 musim dari 2014 hingga 2016. Selama menukangi MU, pelatih yang kerap disapa LVG itu gemar menerapkan strategi penguasaan bola yang dominan, dan racikan taktiknya sempat menelurkan 1 gelar yaitu Piala FA 2016, tepat sebelum ia akhirnya dipecat dan digantikan Mourinho.

Di bawah Mourinho, permainan MU berubah drastis menjadi lebih banyak mengandalkan serangan balik, khususnya saat melawan tim-tim besar. Strategi itu kemudian mendapat banyak kritikan hingga akhirnya ia dipecat pada Desember 2018 lalu. Ole Solskjaer ditunjuk sebagai pengganti dan berhasil membawa MU bangkit dengan meraih 14 kemenangan dari 17 partai pertamanya di Old Trafford.

Tidak hanya menang, MU juga terbukti lebih banyak menyerang dan lebih tajam bersama Solskjaer. Namun rupanya di mata Van Gaal, MU saat ini tak ubahnya MU di bawah Mourinho, dengan strategi bertahan yang jadi ciri khas. Satu-satunya perbedaan, kata Van Gaal, adalah Solskjaer sukses membawa MU meraih hasil-hasil bagus, tidak seperti Mourinho.

"Pelatih setelah saya (Mourinho) mengubah strategi menjadi parkir bus dan memainkan serangan balik," kata Van Gaal seperti dilansir Goal. "Sekarang disana ada pelatih lain yang memarkir bus dan menggunakan serangan balik. Perbedaan utama antara Mourinho dan Solskjaer adalah Solskjaer memenangkan pertandingan."

2. Balas komentar Van Gaal, Solskjaer: mungkin dia membicarakan partai melawan PSG

Man United Disebut Masih Terapkan Parkir Bus, Ini Jawaban Solskjaergoal.com

Disebut mengandalkan strategi parkir bus oleh Van Gaal, Solskjaer memberikan tanggapannya. Ia mengakui bahwa timnya beberapa kali dipaksa untuk bermain lebih bertahan oleh lawan dan hanya mengandalkan serangan balik, misalnya ketika melawan Paris Saint-Germain di Liga Champions. Namun seringkali, kata Solskjaer, timnya tampil menyerang dan lebih mendominasi.

"LVG berhak punya pendapat," kata Solskjaer. "Kita telah melihat sejumlah pertandingan. Beberapa pertandingan kami sangat menekan dan memenangkan bola dan mendominasi. Dia mungkin berbicara tentang partai melawan PSG, dimana kami harus bertahan dengan sangat baik dan menyerang balik.

"Ini tentang di mana Anda memenangkan bola. Anda ingin bertahan dan memenangkan bola dan maju ke depan. Anda harus memenangkan bola untuk menyerang dan bagiku ada 2 cara. Bisakah Anda menyerang dengan cepat seperti hari ini, kenapa tidak? Selama tujuan Anda adalah menyerang setelah memenangkan bola," tambah Solskjaer.

3. Partai melawan Watford menunjukkan bahwa MU memang kadang bermain parkir bus

Man United Disebut Masih Terapkan Parkir Bus, Ini Jawaban Solskjaerwatfordobserver.co.uk

MU baru saja merebut kembali posisi 4 besar Premier League berkat kemenangan 2-1 atas Watford Sabtu lalu. Namun kemenangan tersebut tidak diraih dengan meyakinkan. Tampil di kandang sendiri, The Red Devils justru lebih banyak ditekan dan hanya mengandalkan serangan balik, persis seperti yang dikatakan Van Gaal.

Meski unggul tipis dalam hal penguasaan bola pada laga tersebut, MU kesulitan menciptakan peluang. Tim tamu justru lebih banyak mengancam dan Solskjaer sendiri mengakui bahwa MU seolah menunggu Watford mencetak gol. Namun pada akhirnya keberuntungan lebih berpihak pada MU yang sukses kembali ke jalur kemenangan setelah kalah dalam 2 partai beruntun sebelum jeda internasional.

Kini, MU bersiap untuk kembali menantang tim yang menyingkirkan mereka di Piala FA, Wolves pada lanjutan Premier League pekan ke-32, Rabu (3/4). Selain misi balas dendam, Paul Pogba dkk juga wajib menang demi terus menjaga peluang lolos ke Liga Champions musim depan. Sanggupkah mereka melakukannya?

Baca Juga: [BREAKING] Manchester United Permanenkan Status Ole Gunnar Solskjaer

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You