Manchester United Sedang Terpuruk, Jose Mourinho Ikut Bersedih

Mourinho sebut MU saat ini lebih buruk dari musim lalu

Jose Mourinho angkat bicara perihal keterpurukan yang sedang dialami Manchester United. Pelatih asal Portugal yang pernah menangani Setan Merah itu menyebut bahwa performa MU saat ini lebih buruk daripada yang terjadi pada saat ia melatih. Namun ia mengaku sama sekali tidak menikmati kegagalan mereka, bahkan turut bersedih melihatnya.

1. Pasca kepergian Mourinho, MU sempat meroket namun kini kembali terpuruk

Manchester United Sedang Terpuruk, Jose Mourinho Ikut Bersedihmetro.co.uk

Mourinho pernah duduk di kursi manager MU pada musim 2016-17 hingga 2018-19. Tiga trofi berhasil ia persembahkan selama menjabat di Old Trafford, termasuk trofi Europa League, semuanya pada musim pertama. Namun di musim kedua dan ketiganya performa MU mulai merosot, hingga akhirnya Mourinho didepak ketika musim 2018-19 baru setengah jalan.

Selepas kepergian Mourinho, MU menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih dan sempat mengalami masa-masa "bulan madu". Laman 11v11 mencatat bahwa MU sempat meroket dengan memenangkan 14 dari 17 partai pertama mereka di bawah Ole, termasuk comeback gemilang atas Paris Saint Germain di Liga Champions.

Namun setelah itu, performa The Red Devils terjun bebas. Hanya 5 dari 19 partai terakhir di semua ajang yang berakhir dengan kemenangan, sementara di 10 kesempatan lainnya mereka dipermalukan. Dan 5 kemenangan yang mereka raih itu pun semua terjadi di Old Trafford, yang artinya Setan Merah sudah alpa menang di kandang lawan selama 19 laga.

Yang terbaru, Marcus Rashford dkk ditundukkan West Ham United 0-2 di London Stadium. Opta mencatat bahwa MU kini sudah gagal meraih clean sheet dalam 11 partai away beruntun, rekor terburuk mereka sejak tahun 2002. Jelas, ada yang tidak beres dengan situasi saat ini di tim asuhan Solskjaer.

Baca Juga: Ingin Tantangan, Jose Mourinho Isyaratkan Tertarik Latih Bayern Munich

2. MU terpuruk, Jose Mourinho bersedih

Manchester United Sedang Terpuruk, Jose Mourinho Ikut Bersedihmetro.co.uk

Melihat situasi MU saat ini, bagaimana reaksi Jose Mourinho? Orang mungkin mengira Mourinho tengah menikmati apa yang ia lihat, mengingat dirinya pernah dipecat oleh klub tersebut. Namun ternyata tidak demikian. Bukannya senang, pelatih berjuluk The Special One itu justru mengaku bersedih.

"Aku dipecat, aku mungkin pantas untuk dipecat karena aku bertanggung jawab sebagai manager, tapi kenyataan yang menyedihkan adalah bahwa saat ini mereka lebih buruk daripada sebelumnya," kata Mourinho dilansir Goal. "Dan bagiku itu menyedihkan. Mungkin orang-orang mengira aku menikmati situasinya tapi aku tidak menikmatinya sama sekali.

Salah satu alasan pemecatan Mourinho pada waktu itu adalah karena selain mengalami hasil-hasil buruk, permainan MU dianggap membosankan. Tapi bagi Morinho permainan membosankan pun masih jauh lebih baik daripada yang dialami MU saat ini.

"Ada orang-orang yang kusayang di klub, aku punya respek yang besar pada fans dan bagiku itu menyedihkan karena ketika sebuah tim 'membosankan', Anda membosankan tapi Anda masih bisa meraih hasil.

"Tapi saat ini aku tidak melihat apapun. Aku rasa mereka akan sangat, sangat dalam masalah sekadar untuk berada di empat besar atau mungkin enam besar. Aku rasa tim ini lebih buruk dari tim musim lalu," tutupnya.

3. Kapan MU bisa bangkit?

Manchester United Sedang Terpuruk, Jose Mourinho Ikut Bersedihtalksport.com

Para fans MU tentu sedang menunggu-nunggu kapan klub kesayangan mereka bisa bangkit kembali. Dan kesempatan itu terbuka lebar karena lawan berikut yang akan dihadapi Paul Pogba dkk adalah Rochdale, klub yang sedang terjerembab di papan bawah divisi ketiga Liga Inggris, di Old Trafford pada ajang Piala Liga, Kamis (26/9) dinihari WIB.

Setelah itu, MU akan kembali kedatangan lawan berat yaitu Arsenal dalam lanjutan Liga Primer pekan ke-7. Maka MU wajib memenangkan laga melawan Rochdale demi mengembalikan momentum positif sebelum menyambut Arsenal. Sanggupkah? Atau apakah nasib buruk masih akan betah menghantui penghuni Old Trafford? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Baca Juga: Manchester United Tuai Malu di Kandang West Ham United

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya