Comscore Tracker

5 Mantan Pemain Ajax Amsterdam yang Main di Premier League Musim Ini

Ada pemain Chelsea, Tottenham, dan Manchester United

Ajax Amsterdam adalah klub Belanda tersukses sepanjang masa. Selain punya koleksi trofi terbanyak dibanding tim-tim Belanda lain, Ajax juga senantiasa memiliki pemain-pemain bintang kelas dunia. Tak hanya di masa lalu, pada era modern ini pun Ajax hampir selalu memiliki skuad berisi deretan pemain berkualitas.

Tidak heran jika hampir setiap musim, banyak pemain Ajax yang jadi incaran klub-klub besar lain, dan beberapa akhirnya benar-benar hengkang. Liga Primer Inggris adalah salah satu liga yang sering jadi tujuan para mantan pemain Ajax. Musim ini pun, setidaknya ada 5 pemain Premier League yang adalah mantan pemain Ajax. Inilah mereka.

1. Hakim Ziyech 

5 Mantan Pemain Ajax Amsterdam yang Main di Premier League Musim Inifootball.london

Hakim Ziyech adalah winger asal Maroko yang baru didatangkan Chelsea dari Ajax pada awal musim ini. Ziyech membela Ajax selama empat musim sejak 2016 hingga 2020. Ia jadi bagian penting tim muda Ajax yang sempat membuat kejutan dengan lolos ke final Europa League 2016/2017 dan semifinal Liga Champions 2018/2019.

Selama membela Ajax, Ziyech bermain 165 kali di semua ajang. Ia mencetak 49 gol dan mencatat assist dalam jumlah yang luar biasa, yaitu 81 assist! Sementara bagi Chelsea, sepanjang musim ini Ziyech sudah bermain 30 kali dan mencetak 5 gol dan 4 assist. Ia juga sudah membawa The Blues melangkah ke final Piala FA dan semifinal Liga Champions.

Baca Juga: Belum Lama Gabung Chelsea, Hakim Ziyech Siap Hengkang

2. Toby Alderweireld 

5 Mantan Pemain Ajax Amsterdam yang Main di Premier League Musim Iniacefootball.com

Toby Alderweireld adalah lulusan akademi Ajax dan memulai karier profesionalnya di Ajax sejak 2008 hingga 2013. Bek asal Belgia ini 186 pertandingan bagi Ajax di semua ajang dan mencetak 15 gol. Ia juga meraih cukup banyak trofi, tepatnya 7 trofi yang mencakup 4 trofi Eredivisie, 2 Piala Belanda, dan 1 Piala Super Belanda.

Setelah membela Ajax, Alderweireld pindah ke Atletico Madrid dan bermain selama 2 musim. Kemudian ia bergabung dengan Tottenham Hotspur sejak 2015 hingga sekarang. Sejauh ini Alderweireld sudah bermain 229 kali bagi Spurs dan sempat membawa klubnya jadi runner-up Premier League 2016/2017 dan finalis Liga Champions 2018/2019.

3. Davinson Sanchez 

5 Mantan Pemain Ajax Amsterdam yang Main di Premier League Musim Inivbetnews.com

Selain Alderweireld, Tottenham juga punya Davinson Sanchez, pemain asal Kolombia yang juga merupakan mantan pemain Ajax. Namun, Sanchez hanya sempat membela Ajax semusim saja, yaitu pada musim 2016/2017. Pada musim itu, Sanchez bermain 47 kali di semua ajang dan berhasil mencetak 7 gol meski berposisi bek.

Sementara itu, selama membela Tottenham, Sanchez sudah mengoleksi 148 penampilan dan mencetak 3 gol. Ia sempat bahu-membahu bersama Alderweireld membawa Spurs lolos ke final Liga Champions. Soal trofi, sejauh ini Sanchez masih belum meraih trofi selama bermain di Eropa.

4. Bertrand Traore 

5 Mantan Pemain Ajax Amsterdam yang Main di Premier League Musim Inispnafricanews.com

Bertrand Traore adalah gelandang serang yang sejak awal musim ini bermain untuk Aston Villa. Pemain asal Burkina Faso ini adalah lulusan akademi Chelsea dan ia sempat membela The Blues selama tiga musim sejak 2014 hingga 2017. Namun, pada musim 201/2017, ia bermain untuk Ajax sebagai pinjaman.

Selama semusim di Ajax, Traore bermain 39 kali dengan catatan 13 gol dan 6 assist. Sementara itu, di Aston Villa, sepanjang musim ini, ia sudah bermain 30 kali dan mencetak 6 gol serta 4 assist. Kontribusinya itu turut membuat Aston Villa sempat berada di papan atas Premier League musim ini, meski belakangan mereka keluar dari 10 besar klasemen.

5. Donny van de Beek 

5 Mantan Pemain Ajax Amsterdam yang Main di Premier League Musim Inimanutd.com

Donny van de Beek adalah gelandang Belanda yang dibeli Manchester United dari Ajax di awal musim ini dengan mahar 35 juta pounds. Van de Beek sempat main bareng Hakim Ziyceh karena ia membela Ajax sejak 2015 hingga 2020. Statistik van de Beek selama di Ajax cukup mengagumkan, yaitu 41 gol dan 34 assist dari 175 pertandingan.

Sayangnya, sejauh ini ia masih kesulitan jadi bagian tim inti MU. Ia memang sudah dapat kesempatan tampil 31 kali, namun hanya pernah tampil full 4 kali saja. Tak heran jika catatannya bersama Setan Merah sejauh ini baru 1 gol dan 2 assist. Karena itu, van de Beek bahkan sempat dikabarkan tak betah dan ingin hengkang dari MU.


Itulah 5 mantan pemain Ajax Amsterdam yang bermain di Premier League musim ini. Adakah yang merupakan pemain klub favoritmu?

Baca Juga: Jarang Dapat Panggung, Donny Van de Beek Segera Tinggalkan MU?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya