5 Mantan Bintang EPL yang Menjuarai Liga Skotlandia Bersama Celtic FC

Joe Hart jadi pemain terbaru yang juara

Celtic FC adalah salah satu klub sepak bola terbesar di Skotlandia. Mereka sedang dominan di Scottish Premiership alias liga domestik Skotlandia. Dalam 2 dekade terakhir, Celtic berhasil menjuarai liga sebanyak empat belas kali.

Karena faktor kedekatan geografis, Celtic sendiri kerap dibela mantan pemain English Premier League (EPL). Beberapa di antara mereka pernah jadi bintang di Premier League, lalu berhasil membawa Celtic juara Liga Skotlandia.

1. Chris Sutton

5 Mantan Bintang EPL yang Menjuarai Liga Skotlandia Bersama Celtic FCChris Sutton berseragam Celtic FC (celticfc.com)

Pertama, ada Chris Sutton, mantan striker asal Inggris yang pernah membela lima klub Premier League. Sutton tajam saat membela Norwich City dan Blackburn Rovers.

Saat membela Blackburn, Sutton pernah meraih trofi Premier League 1994/1995. Ia juga menjadi top skor Premier League 1997/1998 dengan delapan belas gol.

Sutton sempat hijrah ke Skotlandia dan membela Celtic FC pada 2000–2006. Selama 6 musim, ia turut membawa Celtic empat kali juara liga, plus meraih empat trofi lain. Sumbangsih Sutton selama berkostum Celtic mencakup 56 gol dalam 123 penampilan di semua ajang.

2. Dion Dublin

5 Mantan Bintang EPL yang Menjuarai Liga Skotlandia Bersama Celtic FCDion Dublin berseragam Coventry City (ccfc.co.uk)

Dion Dublin juga pernah mengangkat trofi Premier League dan menjadi top skor. Ia menjuarai Premier League saat membela Manchester United pada 1992/1993.

Penyerang asal Inggris ini kemudian pindah ke Coventry City dan menjadi top skor pada 1997/1998 dengan delapan belas gol. Torehan itu mirip dengan torehan Chris Sutton.

Setelah sukses di Inggris, Dublin menjajal Liga Skotlandia bersama Celtic FC. Ia hanya berseragam Celtic selama setengah musim pada 2005/2006, tetapi berhasil meraih trofi Liga Skotlandia dan Piala Liga.

Dublin sempat kembali ke Inggris selama 2 musim. Ia baru pensiun pada 2008.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Menjadi Top Skor Celtic FC, Ada Pemain Asia

3. Roy Keane

5 Mantan Bintang EPL yang Menjuarai Liga Skotlandia Bersama Celtic FCRoy Keane berseragam Celtic FC (skysports.com)

Berikutnya, ada Roy Keane, gelandang legendaris Republik Irlandia yang sangat sukses di Premier League bersama Manchester United. Keane dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah bermain di Premier League.

Ia juga salah satu yang tersukses. Ia pernah meraih 7 trofi Premier League ditambah 10 trofi lain.

Meski dikenal sebagai legenda Manchester United, Keane tidak mengakhiri kariernya bersama Setan Merah. Musim terakhirnya sebagai pemain dihabiskan bersama Celtic FC pada 2005/2006. Ia pun turut mengangkat trofi Liga Skotlandia dan Piala Liga sebelum akhirnya gantung sepatu.

4. Kolo Toure

5 Mantan Bintang EPL yang Menjuarai Liga Skotlandia Bersama Celtic FCKolo Toure berseragam Celtic FC (skysports.com)

Pemain asal Afrika pun ada yang sukses di Premier League dan juara di Liga Skotlandia. Kolo Toure adalah bek asal Pantai Gading yang turut memenangi Premier League tanpa terkalahkan bersama Arsenal pada 2003/2004. Empat trofi lain berhasil didapat Toure selama membela The Gunners.

Setelah itu, Toure hijrah ke Manchester City. Ia berhasil membawa Manchester City juara Premier League 2011/2012, trofi liga pertama bagi mereka dalam 44 tahun. Toure juga sempat membela Liverpool selama 3 musim meski gagal meraih gelar.

Setelah puas bermain di Inggris, Toure menutup kariernya dengan membela Celtic FC pada 2016/2017. Ia tampil tujuh belas kali bagi Celtic dan turut memenangi Liga Skotlandia serta Piala Liga. Saat ini, Toure masih berkarier di dunia sepak bola sebagai asisten pelatih Leicester City.

5. Joe Hart

5 Mantan Bintang EPL yang Menjuarai Liga Skotlandia Bersama Celtic FCJoe Hart (instagram.com/joehartofficial)

Eks bintang Premier League teranyar yang sukses juara Liga Skotlandia bersama Celtic FC adalah Joe Hart. Hart adalah kiper asal Inggris yang melegenda bersama Manchester City.

Ia adalah kiper utama kala Manchester City mulai membangun kejayaan. Hart membela klub itu selama 12 tahun dan memenangi 5 trofi, termasuk 2 Premier League.

Pada awal 2021/2022, Hart hijrah ke Skotlandia dan bergabung dengan Celtic FC. Ia langsung diplot jadi kiper utama hingga mencatat 54 penampilan di semua ajang.

Trofi Liga Skotlandia dan Piala Liga pun berhasil didapatkan. Memiliki kontrak hingga 2024, Hart masih berpeluang menambah koleksi trofi bareng Celtic.

Liga Skotlandia kerap jadi tujuan para bintang Premier League setelah lama bermain di Inggris. Beberapa dari mereka merapat ke Celtic FC dan berhasil menjuarai liga. Akankah ada lagi pemain top Premier League yang menyusul jejak lima pemain di atas?

Baca Juga: Dipelopori Nakamura, 6 Pemain Asal Jepang yang Pernah Berkostum Celtic

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya