7 Mantan Pemain Benfica yang Sukses Juara Premier League

Termasuk empat pemain Manchester City!

Darwin Nunez akhirnya resmi bergabung dengan Liverpool dari Benfica. Nunez diperkirakan bakal jadi aset berharga bagi Liverpool. Bahkan, bukan mustahil ia bakal membawa The Reds juara Premier League.

Jika berhasil melakukannya, Nunez bakal menyusul capaian tujuh pemain berikut. Para pemain ini pernah membela Benfica, lalu hijrah ke Inggris dan sukses meraih trofi Premier League. Siapa saja?

1. Tiago Mendes

7 Mantan Pemain Benfica yang Sukses Juara Premier LeagueTiago Mendes berseragam Chelsea (premierleague.com)

Pertama, ada Tiago Mendes, gelandang asal Portugal yang pernah main di Inggris bersama Chelsea. Tiago dibeli Chelsea dari Benfica pada 2004 dengan harga 15 juta euro alias Rp230 miliar. Ia langsung jadi pemain inti The Blues hingga tampil 52 kali sepanjang 2004/2005.

Maka, Tiago punya andil besar dalam sukses Chelsea meraih trofi Premier League dan Piala Liga musim tersebut. Sayangnya, Tiago hanya bertahan semusim di Chelsea. Ia pindah pada musim berikutnya setelah Chelsea mendatangkan Michael Essien.

2. Ramires

7 Mantan Pemain Benfica yang Sukses Juara Premier LeagueRamires menjuarai Premier League bareng Chelsea. (twitter.com/ChelseaFC)

Ramires juga pindah langsung dari Benfica ke Chelsea. Gelandang asal Brasil ini membela Benfica selama semusim pada 2009/2010. Ia berhasil membawa Benfica menjuarai Liga Portugal pada musim tersebut. Chelsea pun kepincut dan memboyong Ramires dengan mahar 22 juta euro atau Rp337 miliar.

Di Chelsea, Ramires ternyata sukses jadi andalan. Ia membela The Blues selama 5,5 musim dengan catatan 250 penampilan di semua ajang.

Ramires juga mengangkat 5 trofi bareng Chelsea, termasuk Premier League 2014/2015. Ramires saat ini masih aktif bermain, tetapi sedang berstatus tanpa klub sejak 2020.

3. Nemanja Matic

7 Mantan Pemain Benfica yang Sukses Juara Premier LeagueNemanja Matic berseragam Chelsea (skysports.com)

Nemanja Matic juga sukses mengangkat trofi Premier League bersama Chelsea. Ia membela Chelsea dalam dua periode berbeda. Pertama, Matic berkostum Chelsea pada musim 2009/2010. The Blues sebenarnya sukses jadi juara Premier League musim tersebut, tetapi Matic tidak turut mendapat medali karena hanya tampil dua kali.

Setelah itu, Matic sempat membela Benfica selama tiga musim dan meraih dua trofi bersama mereka. Bermodalkan kesuksesan tersebut, Matic kembali ke Chelsea pada 2014. Ia akhirnya mendapat tempat sebagai pemain inti dan sukses membawa Chelsea meraih trofi Premier League 2014/2015 dan 2016/2017.

Baca Juga: 5 Klub Inggris Paling Sering Dihadapi Benfica di Kompetisi Eropa

4. Bernardo Silva

7 Mantan Pemain Benfica yang Sukses Juara Premier LeagueBernardo Silva (instagram.com/bernardocarvalhosilva)

Selain bersama Chelsea, ada pula empat eks pemain Benfica yang kemudian sukses di Inggris bareng Manchester City. Bernardo Silva adalah salah satunya. Bernardo merupakan lulusan akademi Benfica. Namun, ia hanya sempat mencatat tiga penampilan saja bersama tim senior Benfica.

Setelah meninggalkan Benfica, Bernardo kemudian sukses di Prancis bersama AS Monaco. Barulah setelah itu ia hijrah ke Manchester City pada 2017 dan meraih banyak trofi. Sejak berseragam City pada 2017, ia sudah mengangkat 11 trofi, termasuk 4 trofi Premier League.

5. Ederson Moraes

7 Mantan Pemain Benfica yang Sukses Juara Premier LeagueEderson Moraes (instagram.com/ederson93)

Ederson Moraes juga bergabung ke Manchester City pada 2017. Penjaga gawang asal Brasil ini dibeli langsung dari Benfica dengan harga 40 juta euro atau Rp613 miliar. Sejak itu, Ederson mengukuhkan diri sebagai kiper utama The Cityzens hingga saat ini.

Koleksi trofi Ederson bersama City sejauh ini pun sama persis dengan raihan Bernardo Silva. Selain itu, Ederson melengkapinya dengan raihan tiga penghargaan Golden Glove Premier League. Ia meraihnya berkat catatan clean sheet terbanyak di Premier League 2019/2020, 2020/2021, dan 2021/2022.

6. Joao Cancelo

7 Mantan Pemain Benfica yang Sukses Juara Premier LeagueJoao Cancelo (instagram.com/jpcancelo)

Berikutnya, ada Joao Cancelo, bek kanan asal Portugal yang membela Manchester City sejak 2019. Cancelo adalah lulusan akademi Benfica. Namun, ia hanya pernah tampil dua kali saja dengan tim senior Benfica pada musim 2014/2015. Setelah itu, ia langsung hijrah ke Valencia, serta sempat pula membela Juventus.

Cancelo kemudian dibeli Manchester City dari Juventus dengan harga total 65 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Harga mahal itu ternyata terbukti layak karena Cancelo sukses menjadi andalan City. Ia sejauh ini sudah tampil 128 kali di semua ajang dan meraih dua trofi Premier League bersama City.

7. Ruben Dias

7 Mantan Pemain Benfica yang Sukses Juara Premier LeagueRuben Dias (instagram.com/rubendias)

Terakhir, ada Ruben Dias, bek tengah yang juga berasal dari Portugal dan merupakan lulusan akademi Benfica. Dias membela Benfica pada 2017–2020 dan turut meraih trofi Liga Portugal 2018/2019. Manchester City kemudian memboyongnya pada 2020 dengan mahar 68 juta euro alias sekitar Rp1,05 triliun.

Lagi-lagi, City tak sia-sia mengeluarkan banyak uang untuk memboyong pemain dari Benfica. Ruben Dias tampil solid pada musim pertamanya, bahkan sampai terpilih jadi pemain terbaik Premier League 2020/2021. Trofi Premier League 2020/2021 dan 2021/2022 pun telah diraihnya sejauh ini.

 

Tujuh pemain di atas pernah membela Benfica, lalu pindah membela klub Inggris dan berhasil memenangi Premier League. Darwin Nunez bisa menyusul jejak mereka jika berhasil membawa Liverpool menjuarai Premier League. Menurutmu, bisakah ia melakukannya?

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Benfica ke Klub Premier League, Nunez Teratas!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya