7 Mantan Pemain Liverpool yang Masih Bermain di Premier League

Ada yang lebih sukses setelah meninggalkan Liverpool

Liverpool adalah klub Inggris yang sedang mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dulu mereka sempat terseok-seok dan bahkan pernah cukup lama mengalami puasa gelar liga. Perlahan tapi pasti, mereka berubah jadi klub yang disegani dan bahkan sukses meraih beberapa trofi bergengsi.

Salah satu kunci kesuksesan Liverpool adalah perombakan skuad yang mereka lakukan. Mereka melepas banyak pemain dalam beberapa musim terakhir. Namun, beberapa pemain tersebut saat ini masih bermain di Premier League bersama klub lain. Inilah dia 7 pemain di antaranya.

1. Raheem Sterling

7 Mantan Pemain Liverpool yang Masih Bermain di Premier LeagueRaheem Sterling (premierleague.com)

Raheem Sterling adalah pemain yang terbilang lebih sukses setelah hengkang dari Liverpool dan bergabung ke klub lain. Sterling membela Liverpool mulai 2012 setelah lulus dari akademi dan ia bertahan bersama The Reds hingga 2015. Selama itu, ia tampil cukup bagus dan jadi andalan Liverpool, tetapi gagal meraih satu pun trofi.

Setelah bergabung dengan Manchester City pada 2015, barulah Sterling bisa merasakan mengangkat trofi dan sejauh ini koleksinya berjumlah 9 trofi. Permainan Sterling juga semakin matang dan ia sering diandalkan di sayap kiri City. Musim depan, Sterling kemungkinan besar masih akan jadi salah satu kunci permainan The Citizens.

2. Adam Lallana

7 Mantan Pemain Liverpool yang Masih Bermain di Premier LeagueAdam Lallana (brightonandhovealbion.com)

Adam Lallana adalah gelandang yang baru hijrah dari Liverpool pada awal musim lalu. Sebelumnya, Lallana sempat 6 musim membela Liverpool sejak 2014 hingga 2020. Ia turut menjadi bagian skuad yang meraih 4 trofi dalam 3 musim terakhir. Selama di Liverpool, Lallana tampil 178 kali di semua ajang dan mencetak 22 gol serta 22 assist.

Setelah itu, Lallana pergi dari Liverpool karena habis kontrak dan ia bergabung dengan Brighton & Hove Albion. Musim lalu, ia tampil 30 kali di Premier League, tetapi hanya mampu membawa Brighton finis di posisi 16 klasemen akhir. Musim depan, Lallana perlu tampil lebih baik untuk membawa Brighton meningkatkan prestasi.

3. Danny Ings

7 Mantan Pemain Liverpool yang Masih Bermain di Premier LeagueDanny Ings (technotrenz.com)

Danny Ings adalah striker asal Inggris yang sedang naik daun dalam beberapa musim terakhir. Bersama Southampton, Ings mencetak 46 gol dalam 100 laga di semua ajang sejak bergabung pada tahun 2018. Ia bahkan pernah nyaris menjadi top skor Premier League berkat catatan 22 gol pada musim 2019/20 yang hanya kalah 1 gol dari Jamie Vardy.

Sayangnya, ketajaman demikian tak tampak kala Ings membela Liverpool pada 2015 hingga 2018. Ings hanya mencetak 4 gol dalam 25 kesempatan tampil yang ia dapatkan sehingga akhirnya ia dilepas. Saat ini, Ings sudah hengkang dari Southampton dan bergabung dengan klub baru, yaitu Aston Villa. Bisakah ia tampil tajam bersama Villa musim depan?

Baca Juga: 10 Potret Keren Danny Ings, Striker Andalan Southampton

4. Christian Benteke

7 Mantan Pemain Liverpool yang Masih Bermain di Premier LeagueChristian Benteke (football.london)

Pemain yang satu ini juga merupakan striker tajam, namun gagal menampilkan permainan terbaik selama membela Liverpool. Christian Benteke berseragam The Reds hanya semusim saja, yaitu musim 2015/16. Ia tampil 42 kali di semua ajang pada musim tersebut, tetapi hanya mencetak 10 gol sehingga langsung dilepas ke Crystal Palace musim berikutnya.

Benteke masih bertahan di Palace hingga saat ini. Sejauh ini, striker jangkung asal Belgia ini sudah mencetak 33 gol serta 11 assist dalam 146 laga di semua ajang. Musim lalu ia menjadi salah satu sumber gol utama Palace dengan 10 gol di liga sehingga kemungkinan besar musim depan pun ia masih akan menjadi andalan.

5. Nathaniel Clyne

7 Mantan Pemain Liverpool yang Masih Bermain di Premier LeagueNathaniel Clyne (bt.com)

Ada lagi mantan pemain Liverpool yang kini bermain di Crystal Palace, yaitu Nathaniel Clyne. Clyne memang baru pindah dari Liverpool ke Palace pada awal musim lalu, namun ia sendiri mengawali kariernya bersama Palace pada 2008 hingga 2012. Sementara itu, bersama Liverpool, Clyne bermain sejak 2015 hingga 2020.

Clyne mencatat total 103 laga bersama Liverpool, sedangkan bersama Palace musim lalu ia hanya tampil 14 kali di semua ajang. Itu berbeda dengan periode pertamanya di Palace dulu saat ia menjadi andalan di lini belakang. Kini, Clyne harus bekerja keras lagi supaya bisa jadi pilihan utama klubnya.

6. Danny Ward

7 Mantan Pemain Liverpool yang Masih Bermain di Premier LeagueDanny Ward (sportsmole.co.uk)

Mantan penjaga gawang Liverpool juga ada yang saat ini bermain bersama klub lain di Premier League. Ia adalah Danny Ward, kiper asal Wales yang saat ini menjadi kiper cadangan di Leicester City. Ward pernah membela Liverpool sejak 2012 hingga 2018, namun hanya sempat mencatat 3 penampilan di semua ajang.

Bersama Leicester pun sejauh ini Ward masih kalah bersaing sehingga hanya jadi pelapis. Ia baru turun 14 kali bagi The Foxes dan belum pernah tampil di Premier League. Namun, musim lalu ia sempat tampil 2 kali di Piala FA sehingga turut jadi bagian kesuksesan Leicester menjuarai turnamen tersebut.

7. Jonjo Shelvey

7 Mantan Pemain Liverpool yang Masih Bermain di Premier LeagueJonjo Shelvey (skysports.com)

Terakhir, ada Jonjo Shelvey, gelandang plontos yang membela Newcastle United sejak 2016. Shelvey pernah jadi bagian skuad The Reds pada 2010 hingga 2013. Selama itu, ia tampil 69 kali di semua ajang dan mencetak 7 gol serta 4 assist.

Bersama Newcastle, Shelvey adalah andalan di lini tengah. Hingga kini ia sudah bermain sebanyak 172 kali di semua ajang dengan sumbangan 16 gol dan 24 assist. Shelvey sendiri selalu bertengger di papan tengah dalam beberapa musim terakhir. Bisakah mereka meraih prestasi lebih baik musim depan?

 

Tujuh pemain di atas mengalami nasib yang beragam setelah meninggalkan Liverpool dan bergabung dengan sesama klub Premier League. Ada yang makin sukses, ada pula yang kariernya menurun. Fans Liverpool, adakah di antara mareka yang pernah jadi pemain favoritmu?

Baca Juga: 6 Pemain yang Mau Liverpool Tendang saat Cuci Gudang

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya