5 Mantan Pemain Sporting Lisbon yang Kini Main di Premier League

Selain Bruno Fernandes, ada siapa lagi?

Sporting Lisbon adalah salah satu klub asal Portugal yang berprestasi. Mereka punya koleksi gelar terbanyak ketiga di Portugal, hanya kalah dari Benfica dan FC Porto. Sporting Lisbon juga pernah menghasilkan banyak pemain bintang yang melegenda, misalnya Luis Figo dan Cristiano Ronaldo.

Dalam beberapa tahun terakhir, Sporting Lisbon juga pernah dibela banyak pemain top. Beberapa di antaranya kemudian dijual mahal ke klub lain, termasuk klub-klub Premier League. Seperti 5 pemain berikut, yang dulu pernah membela Sporting Lisbon dan kini bermain di Premier League. Siapa saja?

1. Bruno Fernandes 

5 Mantan Pemain Sporting Lisbon yang Kini Main di Premier Leaguereddevilarmada.com

Salah satu gelandang terbaik yang bermain di Premier League musim ini. Sebelum bergabung dengan Manchester United, Bruno Fernandes adalah pemain kunci di Sporting Lisbon. Ia membela Sporting sejak 2017 hingga 2020, dan mencatat statistik yang luar biasa yaitu 63 gol dan 52 assists dalam 137 pertandingan di semua ajang.

Bruno kemudian hijrah ke United pada awal 2020, dan sejauh ini pun sukses menjalankan peran penting di lini tengah Setan Merah. Per 21 April 2021, ia sudah bermain 72 kali di semua ajang dan mencetak 36 gol serta 22 assists. Bruno juga sudah 4 kali mendapat penghargaan Player of the Month, dan musim lalu dinobatkan sebagai pemain terbaik United. Luar biasa!

2. Joao Moutinho 

5 Mantan Pemain Sporting Lisbon yang Kini Main di Premier Leaguemolineux.news

Ada pula Joao Moutinho, gelandang asal Portugal yang membela Wolverhampton Wanderers (Wolves) sejak 2018. Sebelum bermain di Premier League, Moutinho lebih dulu membela FC Porto dan AS Monaco, namun klub pertama yang ia bela sepanjang kariernya adalah Sporting Lisbon. Bahkan, Moutinho merupakan produk asli akademi Sporting.

Selama 6 musim membela Sporting pada 2004 hingga 2010, Joao Moutinho bermain 235 kali di semua ajang dengan sumbangan 27 gol dan 27 assists. Ia juga berhasil meraih 4 trofi bersama Sporting, yaitu 2 Piala Portugal dan 2 Piala Super Portugal. Sementara bersama Wolves, ia belum meraih trofi namun pernah jadi pemain terbaik Wolves pada musim 2018/19.

3. Rui Patricio 

5 Mantan Pemain Sporting Lisbon yang Kini Main di Premier Leaguebeinsports.com

Kiper Wolves sejak 2018 yaitu Rui Patricio, ternyata juga merupakan mantan pemain Sporting Lisbon. Sepanjang kariernya, ia memang baru membela dua klub sepanjang kariernya, yaitu Sporting dan Wolves. Ia memulai kariernya sejak 2006, dan selama 12 musim berikutnya kiper asal Portugal ini dengan setia membela Sporting Lisbon.

Rui Patricio bermain 463 kali bagi Sporting di semua ajang dan membuat 180 clean sheets. Ia juga pernah dua kali dinobatkan sebagai kiper terbaik Liga Portugal. Sementara bagi Wolves, Rui Patricio sudah bermain 122 kali di semua ajang dengan catatan 37 clean sheets.

4. Cedric Soares 

5 Mantan Pemain Sporting Lisbon yang Kini Main di Premier Leaguearseblog.news

Sementara Cedric Soares adalah bek kanan asal Portugal yang sejak awal 2020 membela Arsenal. Sebelumnya ia bermain untuk Southampton, dan Sporting Lisbon. Bahkan, Cedric merupakan produk asli akademi Sporting Lisbon. Ia membela tim senior Sporting Lisbon dari 2010 hingga 2015 dan mencatat 94 pertandingan di semua ajang.

Bersama Arsenal, Cedric sejauh ini belum banyak dapat kesempatan. Ia baru bermain 29 kali di semua ajang, 9 di antaranya di ajang Premier League. Pemain yang turut memenangi Euro 2016 bersama Portugal ini harus bisa membuktikan dirinya supaya bisa dipercaya jadi pemain reguler bagi The Gunners.

5. Raphinha 

5 Mantan Pemain Sporting Lisbon yang Kini Main di Premier Leagueteamtalk.com

Terakhir, ada Raphinha, pemain sayap asal Brasil yang secara mengejutkan mampu tampil bagus bersama Leeds United musim ini. Per 23 April 2021, Raphinha sudah membuat 6 gol dan 6 assists bagi Leeds dari 27 laga di semua ajang. Catatan itu terbilang hebat karena ini adalah musim pertamanya bermain di Premier League.

Sebelumnya, Raphinha bermain untuk Rennes, Sporting Lisbon, dan klub-klub tanah kelahirannya. Bersama Sporting, Raphinha hanya bermain semusim pada 2018/19, namun ia jadi pemain kunci dan mencatat 41 laga dengan 9 gol dan 5 assists. Ia juga sukses meraih dua trofi Bersama Sporting, yaitu Piala Portugal dan Piala Super Portugal.


Itulah dia 5 pemain di Premier League musim ini yang pernah bermain di Sporting Lisbon. Ada pemain favoritmu?

Baca Juga: 5 Gelandang Asal Portugal yang Kini Membela Klub Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya