5 Mantan Pemain Timnas Ukraina yang Pernah Membela Klub Besar Eropa

Bukan kali ini saja Ukraina punya pemain-pemain hebat

Timnas Ukraina berhasil membuat kejutan di Piala Eropa 2020 kemarin. Meski tak diunggulkan, anak-anak asuh Andriy Shevchenko ternyata berhasil melaju hingga perempat final, capaian terbaik mereka di Piala Eropa sepanjang sejarah. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa saat ini Ukraina memiliki skuad yang cukup mumpuni.

Namun ternyata bukan kali ini saja Ukraina pernah punya pemain-pemain berkualitas. Di masa lalu, beberapa pemain Timnas Ukraina juga pernah unjuk gigi dengan membela klub-klub besar di liga top Eropa. Bahkan beberapa di antaranya berhasil meraih trofi bergengsi. Ini dia 5 mantan pemain Timnas Ukraina yang pernah membela klub besar Eropa.

1. Andriy Shevchenko

5 Mantan Pemain Timnas Ukraina yang Pernah Membela Klub Besar EropaAndriy Shevchenko (sofascore.com)

Yang pertama tentu adalah Andriy Shevchenko sendiri, sang pelatih Ukraina di Piala Eropa 2020 yang semasa bermain sukses mencatat sejarah. Shevchenko bisa dibilang adalah pemain terbaik Ukraina sepanjang masa karena ia pernah meraih hampir segalanya. Khususnya selama periode ia berbaju AC Milan dari 1999 hingga 2006.

Selama periode tersebut, Shevchenko berhasil 5 trofi, termasuk Scudetto, Coppa Italia, Liga Champions, serta Piala Super Eropa. Dan tentu jangan lupakan Ballon d'Or 2004, Ballon d'Or pertama sekaligus satu-satunya hingga saat ini yang diraih pemain Ukraina.

Setelah itu, Sheva pindah dan membela Chelsea selama 3 musim. Meski ketajamannya menurun di Inggris, ia tetap berhasil meraih trofi Premier League dan Piala Liga, serta masuk final Liga Champions 2007-08. Jelaslah, Shevchenko merupakan pria yang sangat berjasa mengharumkan nama Ukraina di kancah sepak bola Eropa.

2. Andriy Voronin

5 Mantan Pemain Timnas Ukraina yang Pernah Membela Klub Besar EropaAndriy Voronin (skysports.com)

Pemain yang satu ini juga memiliki nama depan Andriy. Andriy Voronin bermain di masa yang hampir sama dengan Shevchenko, dan keduanya pernah bahu-membahu di lini depan Timnas Ukraina hingga meloloskan negaranya ke Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 2006, serta ke Piala Eropa perdana pada 2012.

Semasa bermain, klub besar Eropa yang pernah dibela Voronin adalah Liverpool. Ia berseragam The Reds pada 2007 hingga 2010, namun hanya mendapat kesempatan tampil 40 kali dengan sumbangan 6 gol dan 5 assist. Voronin gagal membawa Liverpool meraih trofi, namun tentu kesempatan membela tim sekelas The Reds tetap sebuah kebanggaan tersendiri.

3. Oleg Luzhnyi

5 Mantan Pemain Timnas Ukraina yang Pernah Membela Klub Besar EropaOleg Luzhnyi (dreamteamfc.com)

Mundur ke era 80-an hingga 90-an, Ukraina pernah memiliki Oleg Luzhnyi, bek kanan yang berkarier di inggris pada penghujung kariernya. Luzhnyi mulai bermain di Premier League pada 1999, dan tim yang dibelanya tak tanggung-tanggung, yaitu Arsenal yang saat itu sedang memiliki kekuatan mumpuni.

Luzhnyi pun membela The Gunners hingga 2003, dan mencatat 109 penampilan di semua ajang. Ia juga turut membantu Arsenal meraih 5 trofi yang mencakup 1 Premier League, 2 Piala FA, dan 2 Community Shield. Namun sayangnya ia tak sempat merasakan tampil di turnamen besar bersama Timnas Ukraina karena keburu pensiun pada 2003.

Baca Juga: 7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier League

4. Anatoliy Tymoshchuk

5 Mantan Pemain Timnas Ukraina yang Pernah Membela Klub Besar EropaAnatoliy Tymoshchuk (goal.com)

Ada pula Anatoliy Tymoshchuk, mantan gelandang Ukraina yang pernah membela Bayern Munchen pada 2009 hingga 2013. Tymoshchuk bahkan jadi anggota tim inti Munchen ketika itu, dan ia mencatat 132 penampilan di semua ajang dengan torehan 6 gol dan 6 assist.

Raihan trofi Tymoshchuk pun cukup membanggakan karena ia sukses mengangkat 7 trofi, termasuk 2 Bundesliga, 2 DFB-Pokal, dan 1 Liga Champions. Bersama Timnas Ukraina pun ia punya raihan istimewa, yaitu pemain dengan caps terbanyak sepanjang masa dengan total 144 caps selama 16 tahun membela timnas.

5. Dmytro Chygrynskiy

5 Mantan Pemain Timnas Ukraina yang Pernah Membela Klub Besar EropaDmytro Chygrynskiy (as.com)

Pemain yang satu ini masih aktif bermain saat ini, tapi ia sudah lama pensiun dari Timnas Ukraina tepatnya pada 2011. Dmytro Chygrynskiy adalah bek tengah yang pernah membela Barcelona selama semusim yaitu musim 2009/10. Pada musim tersebut, Chygrynskiy bermain 14 kali bagi Barca di semua ajang.

Meski tak banyak tampil, Chygrynskiy pun turut andil dalam kesuksesan Blaugrana meraih 2 trofi yaitu LaLiga dan Piala Dunia Antarklub. Sementara bersama timnas, ia mencatat 29 caps, dan masuk skuad Piala Dunia 2006 meski tak bermain sekalipun. Saat ini, Chygrynskiy bermain untuk klub Ionikos Nikeas di Liga Super Yunani.


Lima pemain di atas pernah mengangkat nama Ukraina di masa lalu dengan membela klub-klub besar Eropa, bahkan ada yang meraih trofi bergengsi. Saat ini Ukraina pun punya generasi pemain yang sanggup lolos ke perempat final Piala Eropa 2020. Bisakah mereka berprestasi lebih hebat lagi di masa depan?

Baca Juga: 5 Pemain Ukraina yang Berhasil Tampil Impresif di Piala Eropa 2020

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya