Mengejutkan, Messi Hanya Finish Posisi Kelima Ballon d'Or 2018

Pertama kalinya dalam 11 tahun terakhir

Lionel Messi mendapat hasil yang kurang memuaskan pada ajang pemilihan pemain terbaik dunia Ballon d'Or 2018. Sang bintang Barcelona dan Argentina hanya mampu bertengger di posisi ke-5, kalah dari gelandang Real Madrid asal Kroasia Luka Modric yang mendapat Ballon d'Or pertamanya.

Rival abadi Messi, Cristiano Ronaldo gagal melanjutkan dominasinya selama 3 tahun terakhir dengan hanya finis sebagai runner-up. Sementara dua bintang Prancis Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe menduduki peringkat 3 dan 4.

1. Pertama kali sejak 2007

Mengejutkan, Messi Hanya Finish Posisi Kelima Ballon d'Or 2018marca.com

Hasil ini terbilang mengejutkan bagi Lionel Messi mengingat selama ini ia bersama Cristiano Ronaldo selalu mendominasi Ballon d'Or. Dilansir dari Goal, inilah pertama kalinya sejak 2007 Messi gagal masuk posisi 3 besar.

Pada 2007 Messi finis di posisi 3 di bawah Kaka dan Cristiano Ronaldo. Setelah itu, Messi dan CR7 men-duopoli perhelatan Ballon d'Or dengan bergantian menjadi pemenang dan runner-up, secara total mengoleksi masing-masing 5 penghargaan.

2. Gagal bersinar di Liga Champions dan Piala Dunia 2018

Mengejutkan, Messi Hanya Finish Posisi Kelima Ballon d'Or 2018skysports.com

Kurang maksimalnya pencapaian Messi pada Ballon d'Or kali ini disinyalir sebagai akibat hasil yang ia raih bersama Barcelona di Liga Champions dan Argentina di Piala Dunia 2018. Bermain sebagai kapten di tim yang penuh bintang, hasil yang Messi raih memang terbilang mengecewakan di kedua ajang tersebut.

Di Liga Champions, Barca harus gugur di perempat final setelah tidak mampu menahan gelombang comeback gemilang dari wakil Italia AS Roma. Sementara di Piala Dunia, Argentina mentok di babak 16 besar, tersingkir dari Prancis yang akhirnya menjadi juara.

3. Dinilai layak dapat posisi lebih baik

Mengejutkan, Messi Hanya Finish Posisi Kelima Ballon d'Or 201890min.com

Meski demikian, banyak yang menilai bahwa Messi sebenarnya tetap layak naik podium alias meraih posisi tiga besar Ballon d'Or 2018. Beberapa hari sebelum pengumuman pemenang, mantan pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque menyebut bahwa akan aneh jika Messi tidak termasuk di antara 3 kandidat pemenang.

"Penghargaan itu kehilangan nilainya jika Messi tidak ada di sana," kata Del Bosque seperti dikutip Marca. "Saya tidak percaya pada Ballon d'Or. Sungguh aneh bagi saya bahwa Messi tidak ada di antara 3 finalis."

Pendapat serupa diberikan pelatih Barcelona Ernesto Valverde, yang menyebut absennya Messi di podium sebagai hal yang aneh. Ya, biar bagaimanapun Messi tetap memiliki kualitas permainan yang luar biasa, dan bukan mustahil bahwa di tahun-tahun mendatang Ballon d'Or akan kembali jatuh ke tangannya.

Baca Juga: Sederet Fakta yang Iringi Luka Modric Raih Ballon d'Or 2018

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya