Comscore Tracker

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Tampil di Premier League

Ada negara Asia Tenggara juga, lho!

Premier League Inggris adalah salah satu liga terbaik di dunia. Sejak dulu liga ini selalu berisi pemain-pemain top kualitas dunia. Kebanyakan pemain tersebut berasal dari Eropa dan Amerika Selatan yang memang terkenal sebagai produsen pemain-pemain jempolan. Ada banyak pula pemain dari Australia dan Afrika yang pernah merumput di Premier League.

Lalu, bagaimana dengan pemain dari Asia? Meski tak seimpresif benua lain, ternyata geliat Benua Asia di Premier League pun tak bisa diremehkan. Sepanjang sejarah, sudah ada 7 negara Asia yang pernah mengirimkan pemainnya berlaga di Premier League. Mau tahu negara apa saja dan siapa pemain yang berasal dari negara tersebut? Ini dia ulasannya.

1. Korea Selatan 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Tampil di Premier Leaguetherepublikofmancunia.com

Korea Selatan adalah salah satu negara Asia terkuat di dunia sepak bola. Maka, tak heran jika banyak pemain berkualitas yang dihasilkan negara ini dan beberapa pernah bermain di Premier League. Musim ini, ada nama Son Heung Min, pemain Tottenham Hotspur yang tercatat sebagai pemain Asia dengan gol terbanyak di Premier League dengan 66 gol per 18 Maret 2021.

Son juga merupakan pemain Asia dengan penampilan terbanyak di Premier League, yaitu 188 laga. Posisi kedua ditempati mantan pemain Swansea City dan Newcastle United yang juga berasal dari Korea Selatan, yaitu Ki Sung Yueng dengan 187 laga. Nama lain yang cukup populer adalah Lee Young Pyo yang pernah membela Tottenham sejak 2005 hingga 2008.

Tentu jangan lupakan Park Ji Sung, pemain Asia tersukses yang pernah bermain di Premier League, bahkan di Eropa. Park membela Manchester United selama 7 musim sejak 2005 hingga 2012. Di Premier League ia tampil 154 kali, mencetak 19 gol dan 21 assist, serta 4 kali meraih gelar juara. Luar biasa!

2. Jepang 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Tampil di Premier Leaguethisisanfield.com

Negara kuat lain di percaturan sepak bola Asia adalah Jepang. Sepanjang sejarah, ada beberapa pemain Jepang yang pernah bermain di Premier League dan meraih kesuksesan. Musim ini, Jepang diwakili oleh Takumi Minamino, gelandang Liverpool yang tengah dipinjamkan ke Southampton.

Musim lalu, Minamino turut andil membawa The Reds menjuarai Premier League pertama mereka. Selain Minamino, Shinji Kagawa pun pernah meraih trofi Premier League bersama Manchester United pada musim 2012/2013. Kagawa juga tercatat sebagai pemain Asia pertama yang mencetak hattrick di Premier League kala ia mencetak trigol ke gawang Norwich City di musim itu.

Satu lagi pemain Jepang yang pernah mengangkat trofi Premier League adalah Shinji Okazaki pada musim 2015/2016 bersama Leicester City. Ada pula nama Maya Yoshida, bek yang bermain di Premier League bersama Southampton selama 8 musim, rekor terlama di antara seluruh pemain Asia.

3. Tiongkok 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Tampil di Premier Leaguedailystar.co.uk

Tiongkok atau Cina juga pernah mewakilkan beberapa pemainnya di Premier League. Yang paling populer adalah Sun Jihai, bek yang membela Manchester City selama 6 musim sejak 2002 hingga 2008. Ia bermain total 123 kali di Premier League serta mencetak 3 gol dan tercatat sebagai pemain Asia Timur pertama yang mencetak gol di Premier League.

Nama lain adalah Li Tie, gelandang yang membela Everton sejak tahun 2002 hingga 2004 dan bermain 34 kali di liga. Ada pula Dong Fangzhuo yang membuat sensasi kala dikontrak Manchester United pada musim 2006/2007. Namun, Dong pada akhirnya lebih banyak dipinjamkan ke klub lain dan hanya sekali diturunkan di Premier League.

4. Iran 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Tampil di Premier League90min.com

Iran juga adalah negara kuat di sepak bola Asia dan ada 4 pemain dari negara tersebut yang pernah bermain di Premier League. Itu termasuk musim ini karena Alireza Jahanbakhsh menjadi anggota skuad Brighton & Hove Albion. Sejauh ini pemain berposisi sayap ini sudah 42 kali bermain di Premier League dan mencetak 2 gol.

Sementara itu, di masa lalu ada nama Karim Bagheri, Ashkan Dejagah, serta Andranik Teyrmourian. Nama mereka memang jarang terdengar karena hanya membela klub-klub papan bawah, tetapi setidaknya mereka sudah berhasil mengangkat nama Iran ke kancah sepak bola Eropa dengan menembus Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Ajang Premier League

5. Pakistan 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Tampil di Premier Leaguefulhamfocus.com

Pakistan pun boleh berbangga karena ada pemainnya yang pernah bermain di Premier League meskipun negara ini tak punya prestasi di dunia sepak bola. Ia adalah Zesh Rehman, bek yang membela Fulham sejak 2003 hingga 2006. Rehman lahir di Inggris, namun ia memiliki darah Pakistan dan memilih untuk membela Timnas Pakistan.

Rehman bermain total 21 kali di Premier League dan semuanya bersama Fulham. Setelah itu, ia lebih banyak menghabiskan kariernya di divisi bawah Liga Inggris. Saat ini, Rehman yang sudah berusia 37 tahun menjabat sebagai player-manager bagi klub Kwoon Chung Southern di Liga Hongkong.

6. Oman 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Tampil di Premier Leaguetimesofoman.com

Oman diwakili oleh Ali Al-Habsi, kiper yang pernah membela 5 klub Inggris. Ia sempat merasakan tampil di Premier League dalam 4 musim, yaitu 1 musim bersama Bolton Wanderers dan 3 musim bersama Wigan Athletic.

Secara total, Al-Habsi memainkan 111 laga di Premier League sehingga menjadi kiper asal Asia dengan penampilan terbanyak. Al-Habsi bahkan sempat mengangkat trofi, yaitu Piala FA 2012/2013 bersama Wigan Athletic. Meski tak bermain di final kala Wigan mengalahkan Manchester City, Al-Habsi turut andil dalam perjalanan Wigan menuju final tersebut.

7. Filipina 

7 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Tampil di Premier Leaguesportsmole.co.uk

Apakah ada pemain asal Asia Tenggara yang pernah bermain di Premier League? Ada! Ia adalah Neil Etheridge, kiper Filipina yang bermain untuk Cardiff City kala mereka berlaga di Premier League musim 2019/2020. Etheridge adalah kiper utama Cardiff kala itu sehingga ia merasakan tampil full 38 laga di Premier League musim tersebut.

Meski akhirnya ia tak bisa menyelamatkan Cardiff dari degradasi di akhir musim, Etheridge boleh berbangga sebagai pemain Asia Tenggara pertama yang tampil di Premier League. Ia juga sukses mencatat 10 clean sheet di musim tersebut seperti dilansir Transfermarkt. Kini, Etheridge bermain untuk Birmingham City di divisi Championship.

Itulah 10 negara Asia yang pemainnya pernah merasakan tampil di Premier League. Ternyata, ada negara Asia Tenggara juga, ya! Kalau menurutmu, kapankah pemain Indonesia bisa berlaga di Premier League?

Baca Juga: 7 Fakta Elang Filipina, Burung Nasional Filipina yang Terancam Punah 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya