Comscore Tracker

8 Negara yang Baru Pernah Tampil Sekali di Piala Eropa

Lolos ke Piala Eropa memang tidak mudah!

Piala Eropa adalah turnamen sepak bola internasional paling akbar di Eropa. Karena itu, tentu tak sembarangan tim bisa ikut serta di dalamnya. Setiap negara yang ingin tampil mesti melewati babak kualifikasi yang berat dan hanya tim-tim terbaik yang bisa lolos.

Tak heran jika ada banyak negara di Eropa yang belum pernah tampil di Piala Eropa. Ada pula negara-negara yang baru ikut serta satu kali saja dan itu termasuk dua negara di Piala Eropa 2020 ini. Negara mana saja itu? Ini dia 8 negara Eropa yang baru satu kali tampil di Piala Eropa.

1. Norwegia (Piala Eropa 2000)

8 Negara yang Baru Pernah Tampil Sekali di Piala Eropaskuad Norwegia di Piala Eropa 2000 (uefa.com)

Pertama ada Norwegia yang hanya pernah sekali tampil di Piala Eropa, yaitu pada tahun 2000. Kala itu Norwegia tengah diperkuat pemain-pemain bintang yang bermain di Premier League, seperti John Arne Riise, Henning Berg, Tore Ande Flo, dan Ole Gunnar Solskjaer. Sayangnya, langkah mereka saat itu hanya mentok sampai fase grup.

Sejak itu Norwegia belum pernah lagi lolos ke Piala Eropa karena selalu gagal di babak kualifikasi. Itu termasuk di Piala Eropa 2020 ini meskipun mereka sedang memiliki salah satu pemain muda terbaik, Erling Haaland. Itu membuktikan bahwa sebuah negara tidak bisa bergantung pada satu pemain saja untuk bisa lolos ke Piala Eropa.

2. Slovenia (Piala Eropa 2000)

8 Negara yang Baru Pernah Tampil Sekali di Piala EropaSlovenia bertanding melawan Yugoslavia di Piala Eropa 2000 (uefa.com)

Di Piala Eropa 2000 bukan hanya Norwegia tim debutan yang tampil, ada juga Slovenia. Mereka berhasil lolos ke Piala Eropa untuk pertama kalinya setelah lepas dari Yugoslavia. Kebetulan, undian grup menempatkan mereka harus satu grup dengan Norwegia.

Seperti Norwegia, Slovenia kemudian tersingkir di babak grup karena hanya mampu meraih 2 poin hasil dari dua kali imbang dan sekali kalah. Sejak itu, Slovenia belum pernah lagi berhasil lolos ke Piala Eropa.

3. Latvia (Piala Eropa 2004)

8 Negara yang Baru Pernah Tampil Sekali di Piala EropaLatvia menahan imbang Jerman di Piala Eropa 2004, tapi tetap tersingkir. (90min.com)

Empat tahun berselang, giliran Latvia yang membuat kejutan dengan lolos ke Piala Eropa 2004. Dalam perjalanan di babak kualifikasi, mereka sempat menyingkirkan dua tim yang lebih diunggulkan, yaitu Polandia dan Turki. Sialnya, di putaran final mereka harus tergabung di grup neraka yang berisi Jerman, Belanda, dan Republik Ceko.

Latvia memang sempat tampil hebat dengan menahan imbang Jerman 0-0, tapi mereka kalah dari Belanda dan Republik Ceko sehingga harus tersingkir. Meski demikian, itu tetap merupakan pencapaian terhebat Timnas Latvia di ajang internasional hingga sekarang.

Baca Juga: 6 Kastil Memukau di Latvia dengan Arsitektur Paling Menarik 

4. Albania (Piala Eropa 2016)

8 Negara yang Baru Pernah Tampil Sekali di Piala EropaAlbania berhasil meraih kemenangan di Piala Eropa 2016 (worldfootball.net)

Piala Eropa 2016 untuk pertama kalinya diisi oleh 24 tim, bukan 16 tim. Hal itu membuat peluang negara-negara kecil untuk bisa lolos ke putaran final semakin terbuka. Salah satu negara yang berhasil memanfaatkan perubahan itu adalah Albania.

Albania untuk pertama kalinya berhasil lolos ke turnamen mayor Piala Eropa 2016. Hebatnya, mereka tak sekadar numpang lewat, tapi berhasil mencatat satu kemenangan di fase grup melawan Rumania. Meski akhirnya tetap gugur, Albania tetap boleh berbangga karena pernah meraih kemenangan di turnamen sekelas Piala Eropa.

5. Irlandia Utara (Piala Eropa 2016)

8 Negara yang Baru Pernah Tampil Sekali di Piala EropaIrlandia Utara mengalahkan Ukraina di Piala Eropa 2016 (telegraph.co.uk)

Selain Albania, negara kecil lain yang berhasil lolos ke Piala Eropa 2016 adalah Irlandia Utara. Bahkan, Irlandia Utara berhasil mencatat prestasi yang lebih baik, yaitu lolos hingga ke babak 16 besar. Meski hanya sekali menang di fase grup, Irlandia berhak lolos karena termasuk salah satu dari 4 negara peringkat ketiga terbaik.

Langkah Irlandia Utara memang akhirnya terhenti di babak 16 besar karena kalah dari Wales. Namun, setidaknya mereka sudah mencicipi tampil di Piala Eropa. Uniknya, Irlandia Utara justru punya rekor lebih baik di Piala Dunia karena mereka sudah tiga kali ikut serta.

6. Islandia (Piala Eropa 2016)

8 Negara yang Baru Pernah Tampil Sekali di Piala EropaIslandia melaju hingga perempat final Piala Eropa 2016. (nbcnews.com)

Islandia adalah salah satu tim paling mengejutkan di Piala Eropa 2016. Berstatus debutan, negara ini hanya berpenduduk sekitar 330 ribu jiwa ketika itu dan sebagian pemain di skuad mereka adalah pemain amatir. Namun, Islandia berhasi membuat kejutan dengan lolos hingga babak perempat final!

Bahkan, dalam perjalananya Islandia sempat menyingkirkan Inggris yang jauh lebih diunggulkan dari mereka. Langkah mereka pun hanya bisa dihentikan Prancis yang berstatus tuan rumah. Jelas pencapaian Islandia di Piala Eropa 2016 adalah salah satu kejutan terhebat sepanjang sejarah Piala Eropa!

7. Finlandia (Piala Eropa 2020)

8 Negara yang Baru Pernah Tampil Sekali di Piala EropaFinlandia tidak merayakan gol ke gawang Denmark karena menghormati Christian Eriksen. (eurosport.com)

Finaldia adalah tim debutan di Piala Eropa 2020 ini. Mereka akhirnya bisa menyusul negara-negara Skandinavia lain yang sudah lebih dulu tampil di Piala Eropa. Bahkan, Piala Eropa 2020 adalah turnamen mayor pertama yang berhasil mereka tembus karena Finlandia juga belum pernah tampil di Piala Dunia.

Di Piala Eropa 2020, Finlandia sebenarnya sempat mengejutkan karena memenangi laga debut mereka melawan Denmark yang lebih diunggulkan. Namun, setelah itu Finlandia menurun dan harus kalah di dua laga sisa. Mengoleksi 3 poin, Finlandia harus gugur karena gagal jadi salah satu tim peringkat tiga terbaik.

8. Makedonia Utara (Piala Eropa 2020)

8 Negara yang Baru Pernah Tampil Sekali di Piala EropaMakedonia Utara bertanding melawan Austria di Piala Eropa 2020 (bavarianfootballworks.com)

Makedonia Utara juga menjadi negara debutan di Piala Eropa 2020 ini. Sayangnya, debut mereka berakhir tidak memuaskan karena tim berjuluk The Red Lynx ini harus jadi tim pertama yang angkat koper setelah dua kali kalah di dua laga pembuka grup. Kekalahan 0-3 dari Belanda di laga ketiga pun jadi pelengkap derita Goran Pandev dkk.

Namun, setidaknya Makedonia Utara akhirnya bisa tampil di turnamen mayor untuk pertama kalinya. Sejak merdeka dari Yugoslavia pada 1991, Makedonia Utara memang tak punya prestasi mentereng di sepak bola internasional. Kini, Makedonia Utara akan mengalihkan fokus ke kualifikasi Piala Dunia 2022 supaya bisa tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya.

 

Itulah 8 negara Eropa yang sejauh ini baru sekali tampil di Piala Eropa. Terbukti bahwa tidak mudah untuk bisa lolos ke Piala Eropa sehingga negara-negara yang berhasil lolos ke Piala Eropa memang pantas disebut yang terbaik.

Baca Juga: 5 Hal Menarik Saat Belanda Bantai Makedonia Utara di Piala Eropa 2020

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya