Comscore Tracker

5 Negara Eropa yang Banyak Menghasilkan Pelatih Top Sarat Prestasi

Tak cuma produsen pemain, tapi juga pelatih hebat

Dalam kancah sepak bola Eropa, ada sejumlah negara yang dikenal sering menghasilkan pemain top sejak dulu. Contohnya adalah Jerman, Belanda, Spanyol, Prancis, Italia, Inggris, dan Portugal. Banyak pemain dari negara-negara tersebut yang akhirnya menjadi pemain bintang dengan segudang prestasi.

Lalu, bagaimana dengan para pelatih? Ternyata negara Eropa yang kerap menghasilkan pelatih hebat pun tak jauh dari negara-negara tadi. Setidaknya di era modern, inilah 5 negara Eropa yang paling banyak menghasilan pelatih top.

1. Jerman

5 Negara Eropa yang Banyak Menghasilkan Pelatih Top Sarat PrestasiJurgen Klopp dan Thomas Tuchel (liverpoolecho.co.uk)

Pertama ada Jerman yang menghasilkan banyak pelatih top di era modern ini. Mulai dari pelatih Timnas Der Panzer sendiri, ada Rudi Voller yang membawa Jerman jadi runner-up Piala Dunia 2002, Jurgen Klinsmann yang meraih tempat ketiga di Piala Dunia 2006, serta Joachim Low yang membawa negaranya juara dunia tahun 2014.

Ada pula Otto Rehhagel, pelatih asal Jerman yang sukses membawa Yunani juara Piala Eropa 2004. Di level klub, ada dua nama yang berhasil meraih treble winners bersama Bayern Munchen, yaitu Jupp Heynckes dan Hans-Dieter Flick. Ottmar Hitzfeld juga tak kalah hebat karena pernah membawa Munchen dan Borussia Dortmund juara Liga Champions.

Beberapa pelatih Jerman yang menangani klub asing pun sukses menunjukkan pesonanya. Bernd Schuster membawa Real Madrid juara LaLiga 2007/08, Jurgen Klopp memenangi Liga Champions dan Premier League bersama Liverpool, dan Thomas Tuchel 2 kali membawa PSG menjuarai Ligue 1 serta mengantarkan Chelsea memenangi Liga Champions musim lalu.

2. Italia

5 Negara Eropa yang Banyak Menghasilkan Pelatih Top Sarat PrestasiRoberto Mancini (fourfourtwo.com)

Italia juga adalah negara produsen pelatih berkualitas. Di Serie A, pelatih lokal begitu dominan. Dalam 50 musim terakhir, hanya 8 kali Serie A dimenangi oleh pelatih asing. Namun, pelatih Italia tak hanya jago kandang karena mereka terbukti juga sukses di kancah internasional.

Marcelo Lippi sukses membawa Italia juara Piala Dunia 2006 dan beberapa bulan lalu Roberto Mancini mengangkat trofi Piala Eropa 2020 bersama Gli Azzurri. Ada pula Carlo Ancelotti dan Roberto Di Matteo yang pernah memenangi Liga Champions serta Maurzio Sarri yang merebut trofi Europa League 2018/19.

Termasuk Serie A, kelima liga top Eropa pernah dimenangi pelatih asal Italia. Premier League Inggris bahkan pernah ditaklukkan oleh 4 pelatih Italia berbeda. Yang terhebat dari mereka adalah Carlo Ancelotti yang sukses jadi juara di Inggris, Jerman, dan Prancis. Musim ini, Ancelotti bahkan berpeluang membawa Real Madrid menjuarai LaLiga.

Baca Juga: 5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!

3. Spanyol

5 Negara Eropa yang Banyak Menghasilkan Pelatih Top Sarat PrestasiRafael Benitez dan Pep Guardiola (chroniclelive.co.uk)

Para pelatih asal Spanyol juga tak kalah dominan di era modern. Timnas Spanyol sempat menggila dengan memenangi Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010 bersama Luis Aragones dan Vicente Del Bosque. Del Bosque juga sempat membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions 1999/00 dan 2001/02.

Prestasi Del Bosque di Liga Champions kemudian disusul oleh Rafael Benitez, Pep Guardiola, dan Luis Enrique. Sementara itu, Unai Emery dikenal sebagai pelatih spesialis Europa League karena sukses memenangi ajang tersebut 4 kali. Kecuali Serie A, semua liga top Eropa juga sudah ditaklukkan pelatih asal Spanyol.

Pep Guardiola jadi nama paling menonjol karena berhasil jadi juara masing-masing 3 kali di di LaLiga, Bundesliga, dan Premier League. Ligue 1 pun pernah dimenangi pelatih Spanyol, yaitu Unai Emery. Jelas bahwa prestasi pelatih asal Spanyol tak kalah mentereng dibanding pelatih Jerman dan Italia.

4. Prancis

5 Negara Eropa yang Banyak Menghasilkan Pelatih Top Sarat PrestasiArsene Wenger (businessinsider.com)

Berikutnya ada Prancis yang timnasnya sukses menjadi runner-up Piala Dunia 2006 dan juara Piala Dunia 2018 bersama pelatih lokal. Pada 2006, Prancis ditangani Raymond Domenech, sedangkan di edisi 2018 mereka dilatih Didier Deschamps.

Pelatih hebat lain yang berasal dari Prancis adalah Zinedine Zidane, satu-satunya pelatih yang sukses menjuarai Liga Champions 3 kali beruntun, semuanya bersama Real Madrid. Selain itu, Zidane juga sukses membawa Madrid menaklukkan LaLiga 2 kali.

Tentu jangan lupakan pula Arsene Wenger yang pernah membuat Arsenal jadi tim yang begitu ditakuti di Premier League. Wenger 3 kali memenangi Liga Inggris, salah satunya tanpa terkalahkan sepanjang musim. Belum ada pelatih lain di Premier League yang bisa menyamai pencapaian Wenger tersebut hingga kini.

5. Belanda

5 Negara Eropa yang Banyak Menghasilkan Pelatih Top Sarat PrestasiLouis van gaal (cbc.ca)

Terakhir, ada Belanda yang juga dikenal sebagai negara penghasil pelatih top. Timnas Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 2010 bersama pelatih lokal, yaitu Bert van Marwijk. Di edisi berikutnya, mereka juga tampil hebat dan merebut posisi ketiga bersama Louis van Gaal.

Louis van Gaal sendiri tak hanya pernah sukses di level timnas, tapi juga klub. Ia pernah memenangi Liga Champions serta menjadi juara liga domestik di Spanyol, Jerman, dan tentu di negaranya sendiri. Ada pula Frank Rijkaard yang pernah memenangi LaLiga dan Liga Champions bersama Barcelona.

Soal koleksi trofi di era modern, para pelatih Belanda memang masih kalah dibanding pelatih dari 4 negara di atas, tapi mereka tetap punya nama besar di dunia sepak bola. Selain nama-nama tadi, pelatih asal Belanda yang dikenal berkualitas mencakup Guus Hiddink, Dick Advocaat, Frank de Boer, Phillip Cocu, dan Erik ten Haag.

 

Lima negara di atas tak hanya dikenal sebagai produsen pemain hebat, tapi juga pelatih berkualitas. Pelatih asal negara manakah yang bakal paling bersinar pada musim ini?

Baca Juga: Selain Van Gaal, Ini 5 Pelatih yang Back to Back Menangani Belanda

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya