Comscore Tracker

5 Negara Penghasil Peraih Ballon d'Or Terbanyak, Jerman Teratas!

Ternyata, Argentina dan Portugal gak termasuk

Ballon d'Or adalah penghargaan individual tertinggi yang bisa diraih seorang pemain sepak bola. Setiap tahun seorang pemain terbaik dipilih berdasarkan voting dan sang pemenang akan mendapat trofi berupa bola emas. Prestise yang tinggi membuat para pemain terbaik senantiasa berlomba-lomba untuk bisa memenangkan penghargaan ini.

Ballon d'Or selalu diberikan sejak tahun 1956 hingga kini, kecuali pada tahun 2020 lalu karena pandemik COVID-19. Sepanjang sejarah, ada 44 pemain dari 19 negara yang pernah memenangi penghargaan ini dan 5 negara berikut adalah negara penghasil peraih Ballon d'Or terbanyak. Ini dia ulasannya.

5. Inggris (4 pemain) 

5 Negara Penghasil Peraih Ballon d'Or Terbanyak, Jerman Teratas!fourfourtwo.com

Mulai dari urutan kelima, ada Inggris yang 4 pemainnya pernah mengangkat trofi Ballon d'Or. Pertama ada Stanley Matthews yang sekaligus peraih Ballon d'Or pertama pada tahun 1956. Setelah itu, Bobby Charlton, sang legenda Manchester United, meraih Ballon d'Or pada 1966 karena berhasil membawa Inggris menjadi juara Piala Dunia 1966.

Berikutnya ada Kevin Keegan, striker legendaris Liverpool yang memenangkan Ballon d'Or dua kali beruntun pada 1978 dan 1979, namun uniknya Keegan justru meraihnya saat membela Hamburg SV. Barulah pada 2001 ada pemain Liverpool yang memengani Ballon d'Or, yaitu Michael Owen. Secara total, sudah 5 kali pemain Inggris memenangi Ballon d'Or.

4. Brasil (4 pemain) 

5 Negara Penghasil Peraih Ballon d'Or Terbanyak, Jerman Teratas!soccerladuma.co.za

Sama seperti Inggris, pemain Brasil pun sudah pernah 5 kali meraih Ballon d'Or dan jumlah itu diraih oleh 4 pemain. Ronaldo dua kali meraihnya pada tahun 1997 dan 2002. Sementara itu, Rivaldo, Ronaldinho, dan Kaka pernah memenanginya masing-masing sekali. Namun, ada satu pemain Brasil yang disebut-sebut pantas memenangi 7 Ballon d'Or, yaitu Pele.

Sejak tahun 1995 Ballon d'Or hanya bisa dimenangi oleh pemain asal Eropa. Itulah sebabnya Pele tak pernah memenanginya meskipun ia sering diakui sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Begitu pula dengan Maradona yang berasal dari Argentina.

Namun, pada 2016, majalah France Football selaku penyelenggara awal Ballon d'Or melakukan reevaluasi yang menunjukkan bahwa sebenarnya Pele pantas memenangi 7 Ballon d'Or! Namun, tentu saja reevaluasi itu tidak mengubah fakta sejarah sehingga Pele tetap tidak memiliki satu pun trofi Ballon d'Or.

Baca Juga: 5 Penyerang Tengah Terbaik di Abad 21, Aguero hingga Ronaldo Nazario!

3. Prancis (4 pemain) 

5 Negara Penghasil Peraih Ballon d'Or Terbanyak, Jerman Teratas!sofascore.com

Prancis juga pernah diwakili oleh empat pemain sebagai pemenang Ballon d'Or dan salah satunya bahkan pernah memenanginya 3 kali! Ia adalah Michel Platini, legenda sepak bola Prancis yang tampil luar biasa bersama Juventus sejak 1982 hingga 1987. Penampilan hebatnya membuatnya diganjar trofi Ballon d'Or tiga kali beruntun pada 1983, 1984, dan 1985.

Selain Platini, tiga pemain Prancis yang pernah memenangi Ballon d'Or adalah Raymond Kopa pada 1958, Jean-Pierre Papin pada 1991, dan Zinedine Zidane pada 1998. Secara total, pemain Prancis pernah 6 kali menjadi pemenang Ballon d'Or.

2. Italia (5 pemain) 

5 Negara Penghasil Peraih Ballon d'Or Terbanyak, Jerman Teratas!planetsport.mc

Italia memiliki 5 pemain yang pernah memenangi Ballon d'Or masing-masing satu kali. Mereka adalah Omar Sivori (1961), Gianni Rivera (1969), Paolo Rossi (1982), Roberto Baggio (1993), dan Fabio Cannavaro (2006).

Fabio Cannavaro menjadi bek ketiga sepanjang sejarah yang pernah memenangkan Ballon d'Or dan sampai saat ini belum ada lagi bek yang mampu melakukannya. Sementara itu, kiper malah baru satu kali jadi pemenang, yaitu Lev Yashin pada 1963. Secara total, hanya ada 4 pemain bertahan yang pernah memenangkan Ballon d'Or sepanjang sejarah.

1. Jerman (5 pemain) 

5 Negara Penghasil Peraih Ballon d'Or Terbanyak, Jerman Teratas!bundesliga.com

Jerman boleh berbangga karena 5 pemainnya pernah meraih Ballon d'Or dengan total 7 kali menjadi pemenang. Franz Beckenbauer jadi satu-satunya bek yang pernah memenangi Ballon d'Or dua kali, yaitu pada 1972 dan 1976. Ada pula Matthias Sammer, bek yang juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan yang jadi pemenang pada tahun 1996.

Karl-Heinz Rummenigge, penyerang legendaris Bayern Munchen yang kini jadi Chairman The Bavarian dua kali beruntun meraih Ballon d'Or pada 1980 dan 1981. Dua pemain Jerman lain yang pernah jadi pemenang adalah Gerd Muller pada 1970 dan Lothar Matthaus pada 1990. Sejak dulu Jerman memang gudangnya pemain terbaik!

 

Itulah 5 negara yang menghasilkan pemain peraih Ballon d'Or terbanyak sepanjang masa. Ternyata tidak ada Portugal yang hanya diwakili tiga pemain yaitu Eusebio, Luis Figo, dan Cristiano Ronaldo. Sementara itu, Argentina pun tidak termasuk karena hanya diwakili Lionel Messi. Kalau menurutmu, pemain dari negara mana yang akan memenangi Ballon d'Or 2021?

Baca Juga: 6 Kandidat Pengganti Joachim Low di Timnas Jerman, Siapa Saja Mereka?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya