5 Negara Top Sepak Bola yang Belum Pernah Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Padahal mereka punya timnas yang disegani

Menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah impian dari banyak negara. Selain keuntungan dari segi ekonomi, menjadi tuan rumah Piala Dunia tentu juga menguntungkan bagi timnas negara tersebut.

Mereka bisa langsung lolos tanpa melalui babak kualifikasi, serta berpeluang meraih prestasi karena dukungan masif dari masyarakat setempat. Sepanjang sejarah, sudah ada 18 negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Itu termasuk Qatar yang mendapat kehormatan pada edisi tahun 2022 ini. Namun, ternyata ada beberapa negara yang belum pernah mendapat kesempatan, meski mereka punya timnas yang berprestasi. Inilah lima negara di antaranya.

1. Portugal

5 Negara Top Sepak Bola yang Belum Pernah Jadi Tuan Rumah Piala Duniapotret para pemain Timnas Portugal (instagram.com/portugal)

Pertama ada Portugal, negara asal sejumlah pemain legendaris dunia mulai dari Eusebio, Luis Figo, hingga Cristiano Ronaldo. Timnas Portugal memang belum pernah jadi juara dunia.

Namun, prestasi mereka di Piala Dunia cukup memukau. Portugal pernah dua kali menembus semifinal Piala Dunia pada edisi 1966 dan 2006. Sayangnya, sejauh ini Portugal belum berkesempatan menggelar Piala Dunia di rumah sendiri.

Portugal sebenarnya pernah mengajukan diri jadi tuan rumah bersama dengan Spanyol untuk edisi 2018 lalu. Namun, proposal mereka ditolak dan FIFA akhirnya menunjuk Rusia menjadi tuan rumah edisi tersebut

2. Belanda

5 Negara Top Sepak Bola yang Belum Pernah Jadi Tuan Rumah Piala Duniapotret para pemain Timnas Belanda (instagram.com/onsoranje)

Berikutnya ada Belanda, negara yang pernah mencatat prestasi gemilang pada Piala Dunia 1974, 1978, dan 2010. Meski tak jadi juara, Tim Oranye sukses mencapai final pada tiga edisi tersebut.

Belanda belum pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia, tak seperti tetangganya yaitu Jerman yang sudah dua kali dapat kesempatan. Padahal, Belanda cukup sering mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia, tepatnya tiga kali.

Itu termasuk pada edisi 2018 lalu, di mana Belanda dan Belgia mengajukan diri jadi tuan rumah ganda. Namun, meski kedua negara tersebut pernah sukses menggelar Piala Eropa 2000, mereka tetap tak terpilih jadi tuan rumah.

Baca Juga: 10 Pemain Berdarah Afrika yang Pernah Menjuarai Piala Dunia

3. Belgia

5 Negara Top Sepak Bola yang Belum Pernah Jadi Tuan Rumah Piala Duniapotret para pemain Timnas Belgia (skysports.com)

Sementara Belgia baru sekali mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia, yaitu bersama Belanda untuk Piala Dunia 2018. Timnas Belgia sendiri memang tak dikenal punya sejarah gemilang dalam dunia sepak bola. Namun, dalam beberapa tahun terakhir mereka memiliki banyak pemain bintang sehingga cukup disegani di kancah internasional.

Timnas Belgia bahkan masih bertengger di peringkat pertama FIFA sejak September 2018 hingga sekarang. Prestasi terbaru Belgia adalah jadi juara ketiga Piala Dunia 2018, yang juga merupakan capaian terbaik mereka di Piala Dunia.

4. Denmark

5 Negara Top Sepak Bola yang Belum Pernah Jadi Tuan Rumah Piala Duniapotret para pemain Timnas Denmark (twitter.com/thesefootytimes)

Berikutnya ada Denmark, negara Skandinavia yang sebenarnya tak punya prestasi mumpuni di Piala Dunia. Namun, bukan berarti mereka adalah tim sembarangan.

Timnas Denmark pernah membuat kejutan dengan menjuarai Piala Eropa 1992. Itu bukti bahwa kekuatan mereka tak bisa diremehkan.

Denmark sejauh ini belum pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia. Bukan karena tak terpilih, melainkan karena mereka memang belum pernah mengajukan diri. Itu jauh berbeda dengan tetangga mereka, Swedia, yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia dan juga Piala Eropa.

5. Kolombia

5 Negara Top Sepak Bola yang Belum Pernah Jadi Tuan Rumah Piala Duniapotret para pemain Timnas Kolombia (skysports.com)

Negara yang satu ini sebenarnya pernah terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia. Pada 1974, Kolombia ditetapkan oleh FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia 1986.

Sayangnya, Kolombia kemudian dilanda problem finansial yang parah. Kekacauan politik juga merajalela, ditambah perang antar geng dan masalah penyalahgunaan narkoba.

Akhirnya, Kolombia pun mengundurkan diri pada tahun 1982. Sebagai penggantinya, FIFA memilih Meksiko menjadi tuan rumah Piala Dunia 1986.

Kolombia kemudian sempat mengajukan diri lagi jadi tuan rumah untuk Piala Dunia 2014, tetapi kalah saing dari Brasil. Timnas Kolombia sendiri belum pernah juara Piala Dunia, tetapi pernah memenangi Copa America.

 

Lima negara di atas punya timnas sepak bola yang cukup disegani dan berprestasi. Namun, mereka belum pernah berkesempatan jadi tuan rumah Piala Dunia karena berbagai alasan. Nah, kalau Indonesia sendiri, kira-kira mungkin gak ya, jadi tuan rumah Piala Dunia suatu saat nanti?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif yang Pernah Mencetak Hattrick di Piala Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya