5 Pelatih Asing yang Pernah Menangani Everton, Benitez Terbaru

Bagaimana prestasi pelatih asing di Everton selama ini?

Everton baru saja membuat keputusan mengejutkan. Setelah ditinggal pelatih Carlo Ancelotti, The Toffees menunjuk Rafael Benitez sebagai pengganti. Meski merupakan pelatih top yang sarat pengalaman di klub-klub besar, penunjukan Benitez menimbulkan pro kontra di kalangan fans Everton karena ia adalah mantan pelatih Liverpool, rival sekota mereka.

Namun, walau bagaimanapun, keputusan Everton sudah bulat. Berasal dari Spanyol, Benitez pun bergabung ke dalam jajaran pelatih asing yang pernah menangani Everton. Siapa saja mereka dan seberapa sukses? Ini dia 5 pelatih asing yang pernah menjabat sebagai pelatih Everton.

1. Roberto Martinez (Spanyol) 

5 Pelatih Asing yang Pernah Menangani Everton, Benitez TerbaruRoberto Martinez saat menjadi pelatih Everton (bleacherreport.com)

Pelatih asing pertama yang pernah menangani Everton adalah Roberto Martinez. Pria asal Spanyol ini menjabat selama 3 tahun sejak 2013 hingga 2016. Pada musim pertamanya, Martinez sukses membawa Everton finis di posisi kelima di liga dengan raihan 72 poin. Itu adalah poin tertinggi yang pernah dicapai Everton sepanjang era Premier League hingga kini.

Sayangnya, pada musim berikutnya performa Everton menurun. Everton hanya duduk di posisi ke-11 klasemen akhir Premier League, posisi terburuk sejak tahun 2006. Setelah tak ada perkembangan di liga pada musim selanjutnya, Martinez pun dipecat meski berhasil membawa Everton sampai semifinal Piala FA dan Piala Liga.

2. Ronald Koeman (Belanda)

5 Pelatih Asing yang Pernah Menangani Everton, Benitez TerbaruRonald Koeman saat menjadi pelatih Everton (goal.com)

Ronald Koeman menjadi pelatih asing kedua yang menangani Everton. Ia diserahi jabatan tersebut pada awal musim 2016/17. Hasilnya cukup bagus karena Koeman berhasil membawa Everton kembali ke 10 besar dengan finis di posisi ke-7 di akhir musim.

Namun, pada awal musim berikutnya, Everton kehilangan Romelu Lukaku, striker tajam yang jadi top skor mereka selama 4 musim beruntun. Sayangnya, The Toffees tak bisa mendapat striker pengganti yang sepadan dengan Lukaku sehingga performa mereka pun menurun. Hal itu berujung pada pemecatan Koeman pada Oktober 2017.

Baca Juga: Suarez Ledek Ronald Koeman Usai Atletico Juara LaLiga

3. Marco Silva (Portugal)

5 Pelatih Asing yang Pernah Menangani Everton, Benitez TerbaruMarco Silva saat menjadi pelatih Everton (liverpoolecho.co.uk)

Setelah memecat Koeman, Everton sempat dilatih manager asal Inggris, yaitu Sam Allardyce. Namun, pada awal musim 2018/19 mereka kembali ditangani pelatih asing, kali ini Marco Silva yang berasal dari Portugal. Meski kurang populer, Silva adalah pelatih yang sempat meraih gelar bersama Sporting Lisbon dan Olympiakos.

Kepemimpinan Silva membuat Everton finis di peringkat ke-8 musim tersebut, sama dengan raihan Allardyce. Sementara itu, di ajang lain pun mereka tak meraih prestasi berarti. Setelah mengalami penurunan drastis selama setengah musim berikutnya, Silva dipecat pada Desember 2019.

4. Carlo Ancelotti (Italia)

5 Pelatih Asing yang Pernah Menangani Everton, Benitez TerbaruCarlo Ancelotti saat menjadi pelatih Everton (cbssports.com)

Setelah kepergian Silva, Everton membuat gebrakan dengan mendatangkan Carlo Ancelotti. Juru taktik asal Italia itu sudah sarat pengalaman meraih trofi bersama tim-tim besar sehingga kedatangannya ke Goodison Park pun disambut optimisme yang luar biasa. Dalam setengah musim pertamanya, Ancelotti sukses mengangkat Everton dari jurang degradasi ke posisi 12.

Musim lalu menjadi musim kedua Ancelotti dan Everton sempat membuat kejutan di awal musim dengan bertengger di papan atas. Namun, perlahan tapi pasti performa mereka menurun hingga finis di tangga ke-10 di akhir musim. Meski masih punya kontrak hingga 2024, Ancelotti akhirnya pergi setelah diboyong oleh Real Madrid untuk melatih mereka.

5. Rafael Benitez (Spanyol)

5 Pelatih Asing yang Pernah Menangani Everton, Benitez TerbaruRafael Benitez resmi menjadi pelatih Everton. (independent.ie)

Inilah pelatih asing yang baru saja ditunjuk Everton untuk menangani mereka. Nama besar Rafael Benitez sudah tak perlu diragukan lagi di dunia kepelatihan. Di mata fans Everton, ia memang punya "cacat" karena pernah melatih Liverpool. Namun, tak bisa dibantah bahwa Benitez adalah pelatih yang luar biasa.

Selain Liverpool, Benitez juga pernah melaih tim-tim top macam Valencia, Inter Milan, Chelsea, Napoli, dan Real Madrid. Ia juga sudah pernah mengangkat 12 trofi, bahkan pernah menjadi pelatih terbaik dunia pada musim 2003/04. Jelas, meski pernah melatih rival sekota mereka, Benitez sebenarnya bisa jadi pelatih yang hebat buat Everton.

 

Itulah 5 pelatih asing yang pernah menangani Everton sepanjang sejarah. Jika bisa membawa Everton berprestasi, Benitez pada akhirnya pasti bakal mendapat dukungan dari fans Everton. Pertanyaannya, bisakah ia melakukannya?

Baca Juga: 8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya