5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai Liga Champions

Hanya satu yang masih aktif melatih

Belanda sejak dulu dikenal sebagai negara produsen pemain sepak bola hebat. Tak hanya pemain, sejumlah pelatih asal Belanda pun pernah mencuri perhatian karena prestasinya dalam melatih. Salah satu arena pembuktian pelatih asal Belanda adalah Liga Champions Eropa.

Sepanjang sejarah, ada lima pelatih asal Belanda yang pernah membawa klubnya menjuarai Liga Champions. Bahkan, ada yang sukses meraih trofi sebagai pemain dan pelatih. Apakah kamu masih ingat nama-nama hebat berikut ini?

1. Rinus Michels

5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai Liga ChampionsRinus Michels (kiri) mengangkat tofi Liga Champions bersama Johan Cruyff. (twitter.com/AFCAjax)

Rinus Michels adalah pelatih legendaris Belanda yang dikenal sebagai penemu strategi Total Football. Nama Michels khususnya mendunia kala ia berhasil mengantarkan Timnas Belanda mencapai final Piala Dunia 1974 dan menjuarai Piala Eropa 1988. Namun, sebelum itu Michels lebih dulu sukses di level klub.

Michels adalah pelatih yang membawa Ajax Amsterdam meraih trofi Liga Champions pertama mereka pada 1970/1971. Dimotori Johan Cruyff dan Johan Neeskens, Ajax jadi juara setelah mengalahkan Panathinaikos di final. Selain Liga Champions, Michels juga sukses membawa Ajax meraih 4 trofi Eredivisie dan 3 Piala Belanda.

2. Guus Hiddink

5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai Liga Championspotret Guus Hiddink saat melatih PSV Eindhoven (twitter.com/psveindhoven)

Pelatih asal Belanda kedua yang sukses menjuarai Liga Champions adalah Guus Hiddink. Hiddink meraih prestasi tersebut bersama PSV Eindhoven pada musim 1987/1988. Bahkan, PSV berhasil dibawanya meraih tiga gelas sekaligus alias treble winners pada musim tersebut.

Secara total, Hiddink meraih sebelas trofi selama melatih PSV dalam dua periode berbeda. Ia juga pernah memenangi gelar bersama Real Madrid serta Chelsea. Kini, Hiddink sudah pensiun setelah terakhir melatih Timnas Curacao pada 2021.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Guus Hiddink Saat Jadi Pemain

3. Johan Cruyff

5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai Liga Championspotret Johan Cruyff (fotmob.com)

Johan Cruyff menjadi bagian skuad Ajax Amsterdam kala menjuarai Liga Champions tiga kali beruntun pada 1970/1971 hingga 1972/1973. Setelah jadi pelatih pun Cruyff berhasil mengangkat trofi Liga Champions. Ia melakukannya kala membesut Barcelona pada musim 1991/1992.

Cruyff pun menjadi salah satu nama yang pernah menjuarai Liga Champions sebagai pemain dan pelatih. Ia juga merupakan pelatih Belanda pertama yang juara Liga Champions bersama klub luar Belanda. Sementara bagi Barcelona sendiri, Cruyff berjasa sebagai pelatih pertama yang membawa mereka juara Liga Champions.

4. Louis van Gaal

5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai Liga ChampionsLouis van Gaal mengangkat trofi Liga Champions. (twitter.com/ChampionsLeague)

Berikutnya ada Louis van Gaal, satu-satunya pelatih di daftar ini yang masih aktif. Klub pertama yang ditangani Van Gaal sebagai pelatih utama adalah Ajax Amsterdam. Bersama Ajax pula Van Gaal berhasil mengangkat trofi Liga Champions pada musim 1994/1995 setelah mengalahkan AC Milan di final.

Setelah itu, Van Gaal sempat dua kali melangkah lagi ke final Liga Champions. Pada 1995/1996, Ajax kembali dibawanya ke final tetapi kalah oleh Juventus. Lalu, pada 2009/2010, Van Gaal mengantarkan Bayern Munich ke final tetapi keok oleh Inter Milan. Kini, Van Gaal masih aktif melatih Timnas Belanda sejak 2021.

5. Frank Rijkaard

5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai Liga Championspotret Frank Rijkaard (twitter.com/ChampionsLeague)

Barcelona sepertinya memang berjodoh dengan pelatih asal Belanda. Setelah juara Liga Champions 1991/1992 bersama Rinus Michels, trofi musim 2005/2006 juga mereka raih bersama pelatih Belanda. Ia adalah Frank Rijkaard yang juga pernah juara Liga Champions sebagai pemain bersama Ajax Amsterdam dan AC Milan.

Rijkaard mulai melatih Barcelona pada awal 2003/2004. Musim keduanya langsung berbuah trofi LaLiga, disusul trofi LaLiga dan Liga Champions pada 2005/2006. Secara total, ia meraih lima trofi selama melatih Barca. Sayangnya, karier kepelatihan Rijkaard tak berlangsung lama dan ia sudah pensiun sejak 2016.

 

Sejak 2006, belum ada lagi pelatih asal Belanda yang sukses membawa klub asuhannya juara Liga Champions. Kapan pelatih Belanda bisa berjaya lagi di ajang tersebut?

Baca Juga: Bukan Luis Milla, Eks Pelatih PSM Makassar Calon Pelatih Malaysia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya