5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai LaLiga Spanyol

Hampir semuanya juara bersama Barcelona

LaLiga Spanyol pernah dimenangi oleh pelatih dari berbagai negara. Sebagian besar pelatih yang sukses meraih prestasi di LaLiga tentu berasal dari Spanyol. Namun, ada banyak pula pelatih asing yang pernah berjaya di LaLiga.

Salah satu negara asal pelatih yang pernah memenangi LaLiga adalah Belanda. Tercatat, ada lima pelatih asal Belanda yang pernah berhasil menjuarai Liga Spanyol, sebagian besar bersama Barcelona. Inilah kelima pelatih tersebut.

1. Rinus Michels

5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai LaLiga SpanyolRinus Michels (fcbarcelona.com)

Rinus Michels adalah tokoh sepak bola asal Belanda yang legendaris. Michels dikenal sebagai penemu filosofi Total Football Belanda yang melegenda. Filosofi tersebut membubuh dasar bagi gaya bermain banyak tim hingga saat ini, termasuk Barcelona.

Michels pernah menjadi pelatih Barcelona pada 1971–1975 serta 1976–1978. Ia sukses membawa Barcelona memenangi LaLiga 1973/1974 serta Copa del Rey 1977/1978. Meski raihan trofinya tak sebanyak pelatih Barcelona lain, jasa Michels bagi Blaugrana tetap tak ternilai.

2. Leo Beenhakker

5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai LaLiga SpanyolLeo Beenhakker (onsoranje.nl)

Dari lima pelatih Belanda yang pernah juara LaLiga, hanya satu yang memenanginya bersama tim selain Barcelona. Ia adalah Leo Beenhakker, pelatih Real Madrid pada 1986–1989. Dalam 3 musim, Beenhakker sukses membawa Real Madrid juara LaLiga tiga kali.

Dengan demikian, Beenhakker menjadi pelatih asing pertama yang menjuarai LaLiga tiga musim beruntun. Selain itu Beenhakker juga meraih 1 trofi Copa del Rey dan 2 Piala Super Spanyol bersama Real Madrid. Kini, Beenhakker sudah pensiun sejak 2018.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Johan Cruyff Saat Jadi Pemain

3. Johan Cruyff

5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai LaLiga SpanyolJohan Cruyff (fcbarcelona.com)

Pelatih Belanda tersukses dalam sejarah LaLiga Spanyol adalah Johan Cruyff. Ia memenangi total sebelas trofi selama membesut Barcelona pada 1988–1996. Itu termasuk empat trofi LaLiga yang dimenangi secara beruntun sejak musim 1990/1991 hingga 1993/1994.

Sukses Cruyff sebagai pelatih Barcelona senada dengan saat ia bermain untuk mereka. Saat berseragam Barcelona pada 1973–1978, Cruyff meraih 1 trofi LaLiga dan 1 Copa del Rey. Cruyff pun menjadi salah satu sosok yang memenangi LaLiga bersama Barcelona sebagai pemain dan pelatih.

4. Louis van Gaal

5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai LaLiga SpanyolLouis van Gaal (fcbarcelona.com)

Pelatih Belanda berikutnya yang membawa Barcelona juara LaLiga adalah Louis van Gaal. Ia memegang jabatan pelatih Barcelona pada 1997–2000. Hasilnya, dua trofi LaLiga berhasil dimenangi Blaugrana secara beruntun pada 1997/1998 dan 1998/1999.

Selain dua trofi LaLiga, Van Gaal juga mempersembahkan 1 trofi Copa del Rey dan 1 Piala Super Eropa bagi Barcelona. Ia kemudian sempat kembali ke Barcelona pada 2002/2003, tetapi gagal meraih gelar. Saat ini, Van Gaal belum pensiun sebagai pelatih tetapi sedang tanpa tim.

5. Frank Rijkaard

5 Pelatih asal Belanda yang Pernah Menjuarai LaLiga SpanyolFrank Rijkaard (fcbarcelona.com)

Pelatih Belanda terakhir yang sukses menjuarai LaLiga adalah Frank Rijkaard. Lagi-lagi, tim yang meraih gelar tersebut adalah Barcelona. Sejauh ini, Rijkaard pun menjadi pelatih asing terakhir yang membawa Barcelona juara LaLiga, tepatnya pada 2004/2005 dan 2005/2006.

Rijkaard juga sukses mempersembahkan tiga trofi lain bagi Barcelona, termasuk Liga Champions 2005/2006. Sayangnya, karier kepelatihan Rijkaard menurun setelah ia meninggalkan Barcelona pada 2008. Ia hanya sempat menangani dua tim lain sebelum pensiun dini pada 2016.

 

Para pelatih asal Belanda memiliki reputasi yang istimewa di LaLiga Spanyol. Barcelona khususnya jadi tim yang sering meraih sukses bersama pelatih Belanda. Akankah ada lagi pelatih asal Belanda yang sukses menjuarai LaLiga suatu saat nanti?

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Frank Rijkaard sebagai Pelatih Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya