4 Pelatih Debutan Terbaik di EPL 2022/2023, Ada yang Cetak Rekor

Ada pula yang sukses meraih trofi

English Premier League (EPL) adalah liga top Eropa yang tidak ramah terhadap pelatih. Persaingan di sana begitu sulit sehingga banyak pelatih yang menjadi korban. Sepanjang 2022/2023, tercatat ada 15 pelatih yang dipecat klub di divisi utama Liga Inggris itu.

Sebagian dari mereka yang dipecat adalah pelatih debutan di EPL. Baru pertama kali melatih di sana, wajar jika mereka akhirnya kesulitan bersaing. Namun, ada pula beberapa pelatih debutan di EPL 2022/2023 dengan performa impresif. Inilah empat nama terbaiknya.

1. Erik ten Hag

4 Pelatih Debutan Terbaik di EPL 2022/2023, Ada yang Cetak RekorErik ten Hag (manutd.com)

Erik ten Hag adalah pelatih debutan yang paling disorot di EPL 2022/2023. Hal itu tak mengherankan karena Ten Hag dipercaya melatih Manchester United. Setelah tampil buruk sepanjang 2021/2022, Setan Merah berharap bisa bangkit bersama Ten Hag.

Hasilnya, harapan itu memang terkabul. Manchester United tampil jauh lebih baik sepanjang 2022/2023. Ten Hag sukses membawa Setan Merah finis di peringkat ketiga EPL hingga lolos ke Liga Champions Eropa musim depan.

Raihan trofi Piala Liga Inggris menambah pesona musim pertama Ten Hag di Inggris. Manchester United pun sukses menyudahi periode 6 tahun puasa gelar yang mereka alami. Pada musim-musim mendatang, kebangkitan Setan Merah bersama Ten Hag diprediksi bakal belanjut.

2. Roberto De Zerbi

4 Pelatih Debutan Terbaik di EPL 2022/2023, Ada yang Cetak RekorRoberto De Zerbi (premierleague.com)

Pelatih debutan lain yang tampil gemilang di EPL 2022/2023 adalah Roberto De Zerbi. Ia memulai petualangannya di EPL pada September 2022. Saat itu, De Zerbi ditunjuk sebagai pelatih Brighton & Hove Albion, menggantikan Graham Potter yang pindah ke Chelsea.

Bagi De Zerbi, Brighton adalah klub Inggris pertama yang ia tangani. Sebelumnya, De Zerbi lebih banyak melatih di negaranya sendiri. Ternyata, musim pertama De Zerbi di Inggris langsung berbuah rekor.

De Zerbi sukses membawa Brighton finis di peringkat ketujuh EPL. Itu adalah capaian terbaik The Seagulls di divisi utama Liga Inggris. Brighton pun sukses meraih tiket ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak berdiri pada 1901.

Bersama De Zerbi, Brighton juga sukses meraih beberapa kemenangan atas klub-klub besar EPL. Tak heran jika De Zerbi masuk nominasi EPL Manager of the Season. Meski akhirnya tidak jadi pemenang, capaian De Zerbi di EPL 2022/2023 tetap luar biasa.

Baca Juga: Agar MU Juara, Erik Ten Hag Minta Dukungan di Bursa Transfer

3. Julen Lopetegui

4 Pelatih Debutan Terbaik di EPL 2022/2023, Ada yang Cetak RekorJulen Lopetegui (premierleague.com)

Ada pula Julen Lopetegui, pelatih asal Spanyol yang menangani Wolverhampton Wanderers. Lopetegui dipinang Wolves pada November 2022 untuk menggantikan Bruno Lage. Saat itu, Wolves sedang terpuruk di peringkat 19 klasemen EPL.

Kedatangan Lopetegui suskes membangkitkan Wolves. Perlahan, tetapi pasti Wolves dibawanya keluar dari zona degradasi. Mereka pun mengakhiri musim di peringkat 13. Namun, sejauh ini, Lopetegui belum memberikan kepastian untuk terus menangani Wolves musim depan atau tidak.

4. Gary O'Neil

4 Pelatih Debutan Terbaik di EPL 2022/2023, Ada yang Cetak RekorGary O'Neil (premierleague.com)

Satu lagi pelatih debutan yang cukup impresif di EPL 2022/2023 adalah Gary O'Neil. Ia adalah pelatih Bournemouth pengganti Scott Parker yang dipecat pada Agustus 2022. Bukan sekadar klub EPL pertama, Bournemouth bahkan menjadi klub pertama yang dilatih O'Neil.

Karena tak punya pengalaman, O'Neil awalnya hanya diplot sebagai kartaker Bournemouth. Siapa sangka, performa Bournemouth ternyata membaik bersama O'Neil. Ia pun dipercaya jadi pelatih tetap pada November 2022.

Keputusan Bournemouth itu terbukti tidak sia-sia. O'Neil sukses membawa The Cherries selamat dari degradasi dengan finis di peringkat 15. Namun, perjuangan O'Neil untuk mempertahankan Bournemouth di EPL musim depan pasti akan lebih berat.

Meski baru pertama kali melatih di EPL, performa empat pelatih di atas cukup apik pada 2022/2023. Bisakah mereka mempertahankan atau bahkan meningkatkan prestasi musim depan? Kita nantikan saja kelanjutannya!

Baca Juga: 5 Klub Ditangani Roberto De Zerbi sebelum Brighton, Apa Prestasinya?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya