5 Pelatih yang Sudah Dipecat dari Klub Eropa Musim 2022/2023

Langsung kehilangan jabatan meski baru awal musim

Kompetisi sepak bola Eropa musim 2022/2023 baru memasuki bulan kedua. Namun, beberapa korban sudah berjatuhan dari sisi manajemen klub. Tanpa menunggu waktu lama, beberapa klub sudah memecat pelatih kepala gara-gara sederet hasil buruk pada awal musim.

Musim memang masih panjang dan masih banyak kesempatan untuk memperbaiki performa. Meski demikian, klub-klub tersebut memilih jalan berganti pelatih untuk mencapai tujuannya. Berikut ini merupakan sederet pelatih yang sudah dipecat di liga Eropa musim 2022/2023 sejauh ini.

1. Sjors Ultee

5 Pelatih yang Sudah Dipecat dari Klub Eropa Musim 2022/2023Sjors Ultee (fortunasittard.nl)

Pemecatan pertama tidak terjadi di liga top Eropa, melainkan di Eredivisie Belanda. Sjors Ultee harus kehilangan jabatannya sebagai pelatih Fortuna Sittard. Sebabnya jelas, yaitu karena Fortuna kalah dalam tiga laga awal mereka di Eredivisie 2022/2023.

Ultee sendiri adalah pelatih asal Belanda yang baru berusia 35 tahun. Ia membesut Fortuna sejak 2020 dan berhasil membawa Fortuna bertahan di Eredivisie dalam dua musim terakhir. Di bawah Ultee, Fortuna mencatat 31 kemenangan dan 49 kekalahan dalam 95 laga di semua ajang.

2. Scott Parker

5 Pelatih yang Sudah Dipecat dari Klub Eropa Musim 2022/2023Scott Parker (afcb.co.uk)

Pelatih pertama yang kehilangan jabatannya di liga top Eropa adalah Scott Parker. Parker adalah pelatih yang berjasa membawa Bournemouth promosi ke English Premier League (EPL) 2022/2023. Namun, rentetan hasil buruk dalam empat pekan awal EPL membuat Parker menjelma from hero to zero.

Kekalahan 0-9 dari Liverpool pada pekan keempat khususnya jadi penentu nasib Parker. Itu adalah kekalahan terbesar Bournemouth di liga sejak era Premier League dimulai. Pasca kepergian Parker, posisi pelatih Bournemouth yang masih lowong untuk sementara diisi Gary O'Neill sebagai caretaker.

Baca Juga: 6 Pelatih Premier League yang Dipecat usai Kalah dari Jurgen Klopp

3. Sinisa Mihajlovic

5 Pelatih yang Sudah Dipecat dari Klub Eropa Musim 2022/2023Sinisa Mihajlovic (bolognafc.it)

Berikutnya ada Sinisa Mihajlovic, pelatih asal Serbia yang baru dipecat Bologna. Mihajlovic telah menangani Bologna sejak Januari 2019. Di bawah Mihajlovic, Bologna sukses mengakhiri musim 2018/2019 di peringkat ke-10 Serie A Italia. Setelah itu, Bologna selalu finis di posisi 12 dalam tiga musim terakhir.

Namun, performa Bologna makin anjlok pada awal musim Serie A 2022/2023. Bologna gagal menang dalam lima pekan perdana Serie A dan hanya mengumpulkan 3 poin saja. Mihajlovic pun dipaksa mengakhiri pengabdiannya selama 3,5 tahun kepada Bologna. Sejauh ini, Bologna belum menunjuk pelatih baru sebagai pengganti Mihajlovic.

4. Domenico Tedesco

5 Pelatih yang Sudah Dipecat dari Klub Eropa Musim 2022/2023Domenico Tedesco (rbleipzig.com)

Domenico Tedesco dari Bundesliga jadi nama berikutnya. Pria asal Italia ini kehilangan jabatan sebagai pelatih RB Leipzig setelah timnya hanya mengoleksi 5 poin dalam 5 laga awal Bundesliga 2022/2023.

Leipzig juga mengawali fase grup Liga Champions dengan kekalahan 1-4 dari Shakhtar Donetsk. Tedesco pun dipecat hanya empat bulan setelah ia mengantarkan Leipzig menjuarai DFB-Pokal 2021/2022. Sebagai penggantinya, Leipzig menunjuk Marco Rose, mantan pelatih Borussia Dortmund, sebagai juru taktik baru.

5. Thomas Tuchel

5 Pelatih yang Sudah Dipecat dari Klub Eropa Musim 2022/2023Thomas Tuchel memenangi tiga trofi bersama Chelsea, termasuk Liga Champions. (chelseafc.com)

Hanya beberapa jam setelah pemecatan Tedesco, Thomas Tuchel juga harus menerima kenyataan pahit dipecat oleh Chelsea. Klub London tersebut memang terkenal enteng memecat pelatih, khususnya pada era Roman Abramovich. Setelah kepemilikan klub beralih ke tangan Todd Boehly, kebiasaan The Blues tersebut tampaknya belum sirna.

Tuchel dipecat karena Chelsea tampil inkonsisten pada awal musim kompetisi 2022/2023. Tak hanya di EPL, mereka juga menelan kekalahan pada laga perdana Liga Champions. Selain itu, Tuchel juga disinyalir berkonflik dengan Boehly. Karena itu, meski sempat mempersembahkan tiga trofi, Tuchel tetap dipaksa meninggalkan The Blues.

Tak butuh waktu lama, Chelsea langsung bergerak mendaratkan pelatih baru ke Stamford Bridge. Sosok Graham Potter dibajak setelah berhasil membawa Brighton & Hove Albion tampil apik sejak musim lalu. Bagi Potter, ini bakal jadi ujian berat lantaran kali pertama menangani klub besar.

Baru beberapa pekan musim kompetisi 2022/2023 bergulir, kelima pelatih di atas sudah harus kehilangan jabatannya di klub-klub Eropa. Selain kelanjutan karier mereka, menarik pula ditunggu bagaimana performa mantan klub mereka pada sisa musim ini. Mampukah meningkat sesuai harapan?

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Thomas Tuchel Selama Melatih Chelsea

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya