9 Pelatih EPL Saat Ini yang Pernah Juara Liga, Tak Cuma Pep dan Klopp

Tuchel, Ole, hingga Bielsa pun pernah

Premier League Inggris adalah salah satu liga terbaik di dunia saat ini. Tak hanya karena kualitas klub-klub dan para pemain yang menghuninya, tapi juga para pelatih yang menangani mereka. Tahukah kamu bahwa banyak pelatih klub Premier League saat ini yang sudah berpengalaman membawa tim asuhannya juara liga?

Sebanyak 9 dari 20 pelatih klub Premier League saat ini ternyata sudah pernah menjuarai liga, baik liga top Eropa maupun liga-liga lain. Tentunya, keberadaan mereka akan turut membuat Premier Legaue musim ini sengit dan menarik disaksikan. Inilah dia 9 pelatih tersebut.

1. Pep Guardiola

9 Pelatih EPL Saat Ini yang Pernah Juara Liga, Tak Cuma Pep dan KloppPep Guardiola (vbetnews.com)

Pertama tentu Pep Guardiola, pelatih asal Spanyol yang sudah membawa Manchester City memenangi Premier League 3 kali. Ketiga gelar tersebut ia raih dalam 4 musim terakhir yang menjadi bukti nyata dominasinya di Inggris. Namun, bukan Premier League saja yang sudah pernah Pep taklukan, tetapi juga LaLiga Spanyol dan Bundesliga Jerman.

Bahkan, sama seperti Premier League, kedua liga tersebut juga sudah pernah tiga kali ditaklukkan Pep. Tak heran jika Pep sering disebut sebagai pelatih terbaik dunia saat ini. Musim ini, Pep juga diunggulkan untuk meraih trofi Premier League untuk kali keempat.

2. Jurgen Klopp

9 Pelatih EPL Saat Ini yang Pernah Juara Liga, Tak Cuma Pep dan KloppJurgen Klopp (liverpoolfc.com)

Pelatih yang satu ini juga sudah pernah menjuarai Premier League. Jurgen Klopp melakukannya di musim 2019/20 dengan membawa Liverpool meraih trofi Liga Inggris pertama dalam 30 tahun. Di musim sebelumnya, pelatih asal Jerman ini juga sukses membawa The Reds meraih 3 trofi internasional.

Tak hanya Premier League, Klopp juga sudah pernah menaklukkan Bundesliga Jerman bersama Borussia Dortmund. Ia berhasil melakukannya dua kali beruntun, yaitu di musim 2010/11 dan 2011/12. Klopp adalah pelatih terakhir sejauh ini yang berhasil membawa klub selain Bayern Munchen menjuarai Liga Jerman.

3. Thomas Tuchel

9 Pelatih EPL Saat Ini yang Pernah Juara Liga, Tak Cuma Pep dan KloppThomas Tuchel (eurosport.com)

Sementara itu, Thomas Tuchel musim lalu berhasil membawa Chelsea menjuarai Liga Champions. Premier League sendiri belum pernah ia menangi, tapi ia sudah pernah jadi juara di liga lain.

Tepatnya, Tuchel mengantarkan PSG menjuarai Ligue 1 Prancis sebanyak dua kali. Musim ini, Tuchel cukup diunggulkan untuk meraih trofi Premier League pertamanya.

4. Rafael Benitez

9 Pelatih EPL Saat Ini yang Pernah Juara Liga, Tak Cuma Pep dan KloppRafael Benitez (indianexpress.com)

Seperti Tuchel, Rafael Benitez juga sudah pernah mengangkat trofi Liga Champions, tapi belum memenangi Premier League. Meski begitu, Benitez pernah dua kali menjuarai LaLiga Spanyol bersama Valencia. Kini Benitez dipercaya menjadi pelatih Everton dan ia diharapkan bisa menularkan mental juaranya kepada para pemain The Toffees.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Pernah Menangani Klub Rival Sekota, Benitez Terbaru

5. Ole Gunnar Solskjaer

9 Pelatih EPL Saat Ini yang Pernah Juara Liga, Tak Cuma Pep dan KloppOle Gunnar Solskjaer (manchestereveningnews.co.uk)

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata Ole Gunnar Solskjaer, sang pelatih Manchester United saat ini, juga sudah pernah menjuarai liga. Tepatnya, Ole pernah menjuarai Liga Norwegia bersama Molde di tahun 2011 dan 2012. Capaian itu terbilang istimewa karena itu adalah kali pertama Molde menjadi juara liga.

Sayangnya, Ole sejauh ini belum berhasil membawa MU meraih trofi sejak ditunjuk jadi pelatih pada akhir tahun 2018. Suara-suara yang mendesak pemecatahannya pun mulai banyak bermunculan. Ole tentu harus segera mengantarkan MU menjadi juara kalau tak mau kehilangan jabatan.

6. Brendan Rodgers

9 Pelatih EPL Saat Ini yang Pernah Juara Liga, Tak Cuma Pep dan KloppBrendan Rodgers (goal.com)

Nama Brendan Rodgers mulai terangkat di Premier League saat menjabat jadi pelatih Liverpool pada 2012 hingga 2015. Ia pernah nyaris membawa Liverpool juara liga di musim 2013/14 meski akhirnya gagal secara dramatis di penghujung musim.

Setelah itu Rodgers dipercaya menangani Glasgow Celtic di Premiership Skotlandia dan ia berhasil membawa Celtic juara dua kali beruntun. Kini Rodgers menjabat sebagai pelatih Leicester City sejak 2019 dan sejauh ini ia sudah membawa Leicester memenangi Piala FA dan Community Shield.

7. Marcelo Bielsa

9 Pelatih EPL Saat Ini yang Pernah Juara Liga, Tak Cuma Pep dan KloppMarcelo Bielsa (cnn.com)

Marcelo Bielsa adalah pelatih asal Argentina yang belum pernah meraih trofi bergengsi di Eropa. Namun, ia pernah sukses juara Liga Argentina sebanyak 3 kali bersama 2 klub berbeda. Bielsa dipercaya jadi pelatih Leeds United sejak 2018. Ia berhasil membawa Leeds promosi ke Premier League dan kini masih bertahan di kasta teratas.

8. Bruno Lage

9 Pelatih EPL Saat Ini yang Pernah Juara Liga, Tak Cuma Pep dan KloppBruno Lage (teamtalk.com)

Bruno Lage adalah pelatih asal Portugal yang dipercaya menangani Woleverhampton Wanderers sejak awal musim ini. Meski tak punya nama besar, Lage pun ternyata sudah pernah menjuarai liga. Ia membawa Benfica memenangi Primeira Liga Portugal di musim 2018/19 meski saat itu baru menangani Benfica sejak paruh musim.

9. Xisco Munoz

9 Pelatih EPL Saat Ini yang Pernah Juara Liga, Tak Cuma Pep dan KloppXisco Munoz (football365.com)

Terakhir, bahkan pelatih Watford yang baru promosi ke Premier League pun sudah pernah membawa tim asuhannya juara liga. Ia adalah Xisco Munoz, mantan winger asal Spanyol yang baru pensiun sebagai pemain pada tahun 2016.

Hanya 4 tahun kemudian, Xisco dipercaya menangani Dinamo Tbilisi dan berhasil membawa mereka menjuarai Liga Georgia. Tentu, kualitas Liga Georgia tak sebanding dengan Premier League. Namun, setidaknya Xisco sudah punya pengalaman juara liga sebagai pelatih dan hal itu bisa bermakna krusial baginya selama melatih Watford.

 

Ternyata cukup banyak pelatih klub Premier League saat ini yang sudah pernah membawa timnya menjuarai liga, bahkan termasuk mereka yang tak memiliki nama besar. Pastilah menarik melihat bagaimana kiprah mereka musim bersama timnya masing-masing. Siapa yang bakal berprestasi?

Baca Juga: 9 Pemain yang Didatangkan MU dari Klub Italia di Era Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya