Comscore Tracker

7 Pelatih Inggris yang Pernah Juara Liga Domestik di Luar Negeri

Hanya satu yang masih aktif melatih

Inggris adalah negara yang senantiasa menghasilkan pesepak bola kelas dunia setiap tahun. Namun, Inggris seolah sudah kehabisan pelatih hebat dalam beberapa dekade terakhir. Sebagai buktinya, liga domestik Inggris saja tak pernah dimenangi pelatih lokal sejak era Premier League.

Padahal, dulu beberapa pelatih Inggris tak hanya bisa berjaya di kancah domestik, tetapi juga di liga-liga lain di Eropa. Inilah tujuh pelatih Inggris yang pernah menjuarai liga domestik di luar negeri.

1. Terry Venables

7 Pelatih Inggris yang Pernah Juara Liga Domestik di Luar NegeriTerry Venables (fcbarcelona.com)

Pelatih asal Inggris ternyata ada yang pernah menjuarai LaLiga Spanyol, salah satu liga terbaik di Eropa. Ia adalah Terry Venables yang sukses membawa Barcelona juara LaLiga 1984/1985. Venables bahkan sempat mengantarkan Barcelona ke final Liga Champions 1985/1986 meski akhirnya kalah dari Steaua Bucuresti.

Barcelona sendiri adalah satu-satunya klub asing yang pernah ditangani Venables. Sementara itu, sebagian besar kariernya ia habiskan bersama klub-klub Inggris. Salah satunya adalah Tottenham Hotspur yang sukses menjuarai Piala FA 1990/1991 bersama Venables.

2. Sir Bobby Robson

7 Pelatih Inggris yang Pernah Juara Liga Domestik di Luar NegeriSir Bobby Robson (skysports.com)

Ada pula pelatih asal Inggris yang pernah menjuarai divisi utama Liga Belanda atau Eredivisie. Sir Bobby Robson berhasil melakukannya pada musim 1990/1991 dan 1991/1992 bersama PSV Eindhoven. Setelah itu, Robson hijrah ke Portugal dan berhasil meraih sukses bersama FC Porto.

Porto dibawa Robson menjuarai Liga Portugal pada 1994/1995 dan 1995/1996. Selain PSV dan Porto, Barcelona juga pernah dibawa Sir Bobby Robson meraih trofi Copa del Rey dan Piala Winners meski tidak memenangi LaLiga. Sir Bobby Robson melatih hingga 2004 dan kini sudah meninggal dunia sejak 2009.

3. Steve McClaren

7 Pelatih Inggris yang Pernah Juara Liga Domestik di Luar NegeriSteve McClaren memegang trofi Eredivisie 2009/2010. (thesefootballtimes.co)

Steve McClaren juga pernah membawa klub Belanda menjuarai Eredivisie. Ia melakukannya bersama FC Twente pada musim 2009/2010. McClaren pun layak disebut pelatih legendaris Twente karena itu adalah gelar Eredivisie pertama sekaligus satu-satunya bagi mereka hingga saat ini.

McClaren sendiri ternyata hanya pernah meraih dua trofi mayor selama melatih. Selain Eredivisie bersama FC Twente, McClaren juga pernah membawa Middlesbrough memenangi Piala Liga 2003/2004. Saat ini, McClaren baru saja ditunjuk sebagai asisten pelatih Erik ten Hag di Manchester United.

Baca Juga: 5 Pelatih asal Spanyol yang Pernah Raih Trofi Bersama Klub Inggris

4. John Mortimore

7 Pelatih Inggris yang Pernah Juara Liga Domestik di Luar NegeriJohn Mortimore (southamptonfc.com)

Liga Portugal juga pernah dimenangi oleh beberapa pelatih asal Inggris. Selain Sir Bobby Robson, ada John Mortimore yang pernah sukses melakukannya. Mortimore membawa Benfica menjuarai Liga Portugal dua kali pada musim 1976/1977 dan 1986/1987. Ia juga meraih tiga trofi lain bersama Benfica.

John Mortimore sendiri pada akhirnya hanya pernah meraih trofi bersama Benfica semasa melatih. Sementara itu, saat menjadi pemain, ia dikenal sebagai bek legendaris Chelsea. John Mortimore saat ini sudah meninggal dunia sejak Januari 2021.

5. Malcolm Allison

7 Pelatih Inggris yang Pernah Juara Liga Domestik di Luar NegeriMalcolm Allison (mancity.com)

Malcolm Allison adalah pelatih yang dikenal sebagai pelatih legendaris Manchester City. Allison pernah membawa Manchester City meraih enam trofi mayor. Itu termasuk trofi Liga Liga Inggris 1967/1968 serta Piala Winners 1969/1970 yang adalah trofi Eropa satu-satunya bagi Manchester City sampai saat ini.

Selain Manchester City, Allison juga pernah menangani banyak klub lain. Salah satunya adalah Sporting Lisbon yang berhasil dibawanya menjuarai Liga Portugal serta Piala Portugal 1981/1982. Selain bersama Manchester City dan Sporting Lisbon, Allison tak berhasil meraih trofi bersama klub lain.

6. Roy Hodgson

7 Pelatih Inggris yang Pernah Juara Liga Domestik di Luar NegeriRoy Hodgson (skysports.com)

Roy Hodgson adalah pelatih asal Inggris yang baru saja pensiun dari dunia kepelatihan pada akhir musim 2021/2022 lalu. Hodgson mulai melatih pada tahun 1976 dan sudah pernah membesut lebih dari dua puluh tim berbeda. Itu termasuk tim-tim besar seperti Inter Milan, Liverpool, hingga Timnas Inggris.

Selama melatih, Hodgson pernah meraih trofi liga domestik di Swedia dan Denmark. Ia menjuarai Liga Denmark 2 kali bersama Halmstads BK dan 5 kali bersama Malmo FF. Sementara itu, Liga Denmark dimenanginya satu kali bersama Copenhagen. Sayangnya, Hodgson justru tak pernah meraih trofi selama menangani klub-klub Inggris.

7. Steven Gerrard

7 Pelatih Inggris yang Pernah Juara Liga Domestik di Luar NegeriSteven Gerrard (skysports.com)

Enam pelatih Inggris di atas sudah tak lagi melatih, bahkan beberapa sudah meninggal dunia. Dengan demikian, Inggris saat ini kekurangan sosok pelatih yang berpengalaman membawa tim asuhannya jadi juara. Beruntung saat ini ada harapan baru bagi Inggris dalam diri Steven Gerrard.

Gerrard kini muncul sebagai sosok pelatih muda Inggris yang penuh potensi. Mantan gelandang Liverpool ini baru mulai melatih pada 2017, tetapi sudah berhasil meraih prestasi. Pada musim 2020/2021 silam, ia membawa Rangers FC memenangi Scottish Premiership alias divisi teratas Liga Skotlandia.

Sudah begitu, Gerard sukses membawa Rangers memenangi liga tanpa terkalahkan sekaligus meraih 102 poin. Kini, Gerrard melanjutkan kariernya bersama Aston Villa dan ia digadang-gadang bisa menjadi pelatih Liverpool suatu saat nanti.

 

Para pelatih asal Inggris di atas pernah meraih gelar juara liga domestik di luar Inggris. Steven Gerrard khususnya kini bisa jadi tumpuan untuk mengharumkan kembali nama pelatih Inggris. Siapa tahu, suatu saat nanti Gerrard bisa jadi pelatih Inggris pertama yang memenangi Premier League.

Baca Juga: Suarez Mau Reuni dengan Gerrard dan Coutinho di Aston Villa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya