5 Pelatih Liga Inggris yang Pernah Menjadi Kapten Tim saat Masih Aktif

Semua sukses jadi pelatih hebat

Pelatih adalah posisi yang sangat vital dalam sebuah klub sepak bola. Seorang pelatih tak hanya bertanggung jawab mengatur taktik dan strategi timnya asuhan. Ia juga harus bisa menjadi pemimpin bagi para pemain, sehingga memastikan mereka menjalankan semua instruksinya dengan baik.

Karena itu, seorang pelatih tentu harus memiliki jiwa kepemipinan. Hal itu tak jauh berbeda dengan kualifikasi seorang pemain untuk menjadi kapten tim. Maka, tak heran jika ada beberapa pelatih yang dulunya pernah menjadi kapten tim saat masih bermain. Contohnya adalah lima pelatih klub Liga Inggris berikut ini.

1. Pep Guardiola 

5 Pelatih Liga Inggris yang Pernah Menjadi Kapten Tim saat Masih Aktifpotret Pep Guardiola saat menjadi kapten Barcelona (twitter.com/barcatimes)

Pep Guardiola tak diragukan lagi adalah salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Hebatnya, pria asal Spanyol ini tak hanya berprestasi saat menjadi pelatih. Ketika masih aktif bermain pun Guardiola punya karier yang gemilang, khususnya saat membela Barcelona pada 1990 hingga 2001.

Guardiola bahkan pernah menjadi kapten Barcelona selama 4 tahun dari 1997 hingga 2001. Semasa menjadi kapten, ia sukses memimpin rekan-rekannya memenangi dua trofi LaLiga. Hal itu membuktikan bahwa Guardiola punya jiwa kepemimpinan yang hebat. Saat ini pun Guardiola sukses memimpin Manchester City meraih banyak trofi.

2. Antonio Conte

5 Pelatih Liga Inggris yang Pernah Menjadi Kapten Tim saat Masih Aktifpotret Antonio Conte saat menjadi kapten Juventus (sportmob.com)

Antonio Conte juga pernah menjadi kapten timnya saat masih aktif bermain dulu. Conte adalah mantan gelandang yang lama membela Juventus, tepatnya sejak 1991 hingga 2004. Karena kualitas serta jiwa kepemimpinannya, pelatih Tottenham Hotspur ini sempat dipercaya menjadi kapten Juventus pada 1996 hingga 2001.

Selama menjadi pemain Juventus, Conte berhasil meraih 13 trofi, dengan 4 trofi di antaranya diraih saat menjadi kapten. Setelah jadi pelatih pun Conte pernah menangani Juventus dan mempersembahkan lima trofi. Plus, Conte juga membuktikan kualitasnya sebagai pelatih dengan meraih gelar juara liga bersama Chelsea dan Inter Milan.

Baca Juga: 5 Pelatih Paling Sering Dikalahkan Pep Guardiola, Siapa Saja?

3. Mikel Arteta

5 Pelatih Liga Inggris yang Pernah Menjadi Kapten Tim saat Masih Aktifpotret Mikel Arteta saat menjadi kapten Arsenal (skysports.com)

Mikel Arteta adalah satu-satunya pelatih Premier League yang saat ini menangani mantan klubnya. Semasa bermain, Arteta pernah membela Arsenal sejak 2011 hingga saat ia pensiun pada 2016. Pria asal Spanyol ini sempat dipercaya jadi kapten Arsenal pada dua musim terakhirnya berkostum The Gunners.

Sebagai kapten, Arteta sukses membawa Arsenal meraih dua trofi yaitu Piala FA dan Community Shield. Setelah menjadi pelatih pun ia berhasil mempersembahkan trofi Piala FA dan Community Shield bagi Arsenal. Meski performa Arsenal kerap naik turun bersama Arteta, nyatanya ia masih dipercaya menangani Meriam London hingga sekarang.

4. Patrick Vieira

5 Pelatih Liga Inggris yang Pernah Menjadi Kapten Tim saat Masih Aktifpotret Patrick Vieira saat menjadi kapten Arsenal (twitter.com/arsenal)

Selain Arteta, ada pula mantan kapten Arsenal yang melatih klub Premier League pada musim 2021/2022 ini. Ia adalah Patrick Vieira, pria asal Prancis yang terkenal sebagai gelandang tangguh saat bermain. Vieira pernah membela beberapa klub, tetapi ia khususnya terkenal saat berseragam Arsenal pada 1996 hingga 2005.

Vieira menjadi kapten Arsenal selama 3 musim dari 2002 hingga 2005. Meski tak terlalu lama, Vieira dianggap sebagai salah satu kapten terbaik Arsenal sepanjang masa. Vieira membawa Arsenal meraih empat trofi, termasuk Premier League 2003/2004 yang dimenangi tanpa terkalahkan.

Vieira menjadi pelatih sejak tahun 2016. Musim 2021/2022 ini adalah musim pertamanya menangani klub Premier League, yaitu Crystal Palace. Sejauh ini, Vieira membawa Palace menempai peringkat ke-13 klasemen sementara setelah 25 pekan.

5. Steven Gerrard

5 Pelatih Liga Inggris yang Pernah Menjadi Kapten Tim saat Masih Aktifpotret Steven Gerrard saat menjadi kapten Liverpool (liverpoolfc.com)

Satu lagi mantan kapten yang saat ini menjadi pelatih klub Premier League adalah Steven Gerrard. Seperti Vieira, musim 2021/2022 juga adalah musim pertama Gerrard melatih di Premier League. Ia dipercaya menangani Aston Villa sejak November 2021 menggantikan Dean Smith yang dipecat.

Fans sepak bola pasti ingat betul bahwa Steven Gerrard adalah legenda sekaligus salah satu kapten terbaik yang pernah dimiliki Liverpool saat bermain dulu. Gerrard membela Liverpool pada 1998 hingga 2015, dan menjadi kapten sejak 2003. Gerrard pun menjadi kapten terlama sepanjang sejarah The Reds.

Sebagai kapten, Gerrard memang tak pernah membawa Liverpool juara Premier League. Namun, ia sukses mempersembahkan sembilan trofi, termasuk Liga Champions 2004/2005 yang berserajah. Karena jiwa kepemimpinannya yang hebat, Gerrard juga pernah menjadi kapten Timnas Inggris selama sekitar 2 tahun.


Lima pelatih di atas pernah menjadi kapten klub saat masih bermain. Jiwa kepemimpinan mereka terbukti berguna saat mereka jadi pelatih klub Premier League saat ini. Bisa jadi, para pemain aktif yang saat ini menjadi kapten klubnya pun bakal menjadi pelatih hebat suatu saat nanti.

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Kariernya Meredup Usai Gabung Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya