Comscore Tracker

Deretan Pelatih Pemenang 7 Piala FA Teranyar, Selalu Berbeda

Jurgen Klopp terbaru

Liverpool berhasil menjuarai Piala FA 2021/2022. Bagi The Reds, itu adalah trofi Piala FA kedelapan sepanjang sejarah, sekaligus yang pertama sejak 2006. Selain itu, trofi Piala FA juga melengkapi enam jenis trofi mayor yang telah diraih Liverpool bersama pelatih Jurgen Klopp.

Uniknya, Klopp juga menjadi pelatih ketujuh dalam tujuh musim terakhir yang sukses mengantarkan klubnya meraih Piala FA. Ya, tujuh edisi teranyar Piala FA selalu dimenangi oleh pelatih berbeda. Inilah para pelatih tersebut.

1. Louis van Gaal (2015/2016)

Deretan Pelatih Pemenang 7 Piala FA Teranyar, Selalu BerbedaLouis van Gaal mengangkat trofi Piala FA 2015/2016. (skysports.com)

Pada musim 2015/2016, klub yang berhasil menjuarai Piala FA adalah Manchester United. Bersama pelatih Louis van Gaal, Setan Merah meraih trofi usai mengalahkan Crystal Palace di final. Van Gaal pun menjadi pelatih asal Belanda ketiga yang berhasil memenangi Piala FA.

Pada akhirnya, Piala FA 2015/2016 menjadi satu-satunya trofi yang didapatkan United bersama Van Gaal. Van Gaal sendiri akhirnya dipecat pada akhir musim tersebut meski berhasil meraih trofi. Satu trofi tersebut sudah cukup bagi Van Gaal untuk mempertahankan rekor selalu meraih trofi di setiap klub yang ia latih.

2. Arsene Wenger (2016/2017)

Deretan Pelatih Pemenang 7 Piala FA Teranyar, Selalu Berbedapotret Arsene Wenger (skysports.com)

Arsene Wenger adalah pelatih tersukses sepanjang sejarah Piala FA. Selama melatih Arsenal dari 1996 hingga 2018, Wenger berhasil membawa The Gunners memenangi Piala FA tujuh kali. Kesuksesan terbaru Wenger di Piala FA terjadi pada musim 2016/2017.

Piala FA musim tersebut pun diraih dengan gaya karena Arsenal berhasil mengalahkan rival sekota, yaitu Chelsea, di final. Setelah itu, Wenger mengantarkan Arsenal memenangi Community Shield 2017. Itulah trofi terakhir Wenger sebelum memutuskan pensiun pada akhir 2017/2018.

3. Antonio Conte (2017/2018)

Deretan Pelatih Pemenang 7 Piala FA Teranyar, Selalu Berbedapotret Antonio Conte (skysports.com)

Chelsea berhasil menebus kekalahan di final Piala FA musim sebelumnya dengan memenangi Piala FA 2017/2018. The Blues melakukannya bersama Antonio Conte sebagai juru taktik. Conte pun menjadi pelatih asal Italia keempat yang memenangi Piala FA bersama Chelsea.

Meski juara Piala FA, Conte sendiri tetap dipecat Chelsea pada akhir musim tersebut. Ia pun hanya menunkangi Chelsea selama dua musim. Selain Piala FA, Conte juga berhasil membawa Chelsea juara Premier League 2016/2017.

Baca Juga: 5 Transfer yang Diharapkan Antonio Conte pada Bursa Musim Panas 2022

4. Pep Guardiola (2018/2019)

Deretan Pelatih Pemenang 7 Piala FA Teranyar, Selalu BerbedaPep Guardiola mengangkat trofi Piala FA 2018/2019. (skysports.com)

Sejak mulai menjabat sebagai pelatih Manchester City pada awal 2016/2017, Pep Guardiola berhasil membawa City mendominasi Premier League. Trofi Piala Liga pun berhasil mereka menangi hampir setiap musim. Uniknya, Piala FA justru jadi ajang yang tak mudah ditaklukkan Pep.

Sejauh ini, Pep baru membawa City menjuarai Piala FA satu kali pada 2018/2019. Meski demikian, satu keberhasilan itu tetap luar biasa. Pasalnya, City berhasil mengawinkan Piala FA dengan trofi Premier League dan Piala Liga. City pun menjadi klub Inggris pertama yang pernah memenangi treble winners domestik.

5. Mikel Arteta (2019/2020)

Deretan Pelatih Pemenang 7 Piala FA Teranyar, Selalu Berbedapotret Mikel Arteta (skysports.com)

Arsenal adalah klub pengoleksi gelar Piala FA terbanyak saat ini dengan empat belas kali juara. Selepas ditinggal Arsene Wenger pun Arsenal masih tetap bertaji di ajang ini. Pelatih Mikel Arteta berhasil membawa Arsenal meraih trofi Piala FA teranyar mereka pada musim 2019/2020.

Padahal, Arteta baru mulai melatih Arsenal pada Desember 2019. Namun, hanya dalam setengah musim ia langsung mempersembahkan trofi pertama bagi mantan klubnya. Sayangnya, Arteta masih kesulitan membawa Arsenal berjaya di ajang lain, terutama di Premier League.

6. Brendan Rodgers (2020/2021)

Deretan Pelatih Pemenang 7 Piala FA Teranyar, Selalu BerbedaBrendan Rodgers mengangkat trofi Piala FA 2020/2021. (skysports.com)

Musim 2020/2021 lalu, pelatih yang berhasil menjuarai Piala FA adalah Brendan Rodgers. Rodgers membawa Leicester City meraih trofi setelah mengalahkan Chelsea di final. Leicester pun lagi-lagi mengejutkan publik sepak bola Inggris, seperti saat mereka menjuarai Premier League 2015/2016 dulu.

Setelah itu, Brendan Rodgers membawa Leicester melanjutkan kejutannya dengan mengalahkan Manchester City di Community Shield 2021. Itu menjadi trofi ketiga yang diraih Leicester dalam tujuh musim terakhir. Sementara bagi Rodgers, ia kini sudah punya koleksi total sembilan trofi selama melatih.

7. Jurgen Klopp (2021/2022)

Deretan Pelatih Pemenang 7 Piala FA Teranyar, Selalu Berbedapotret Jurgen Klopp (skysports.com)

Jurgen Klopp jadi pelatih teranyar yang menjuarai Piala FA. Ia membawa Liverpool meraih trofi dengan mengalahkan Chelsea di final via adu penalti. Itu menjadi trofi keenam yang diraih Liverpool bersama Klopp sejak ia mulai melatih pada 2016.

Trofi tersebut juga jadi catatan spesial bagi Klopp. Ia adalah pelatih asal Jerman pertama yang pernah memenangi Piala FA. Selain itu, Klopp kini sudah pernah memenangi piala domestik di dua negara, yaitu DFB-Pokal di Jerman dan Piala FA di Inggris.

 

Tujuh pelatih berbeda berhasil membawa klubnya menjuarai Piala FA dalam tujuh musim terakhir. Musim depan, apakah Piala FA akan kembali dimenangi nama baru?

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool 2021/2022 yang Bergabung sebelum Era Jurgen Klopp

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya