6 Pelatih Ini Sukses Raih Trofi Bersama Timnas dan Klub, Hebat!

Mereka meraih trofi bersama klub dan timnas

Meraih kesuksesan sebagai pelatih sepak bola sama sekali bukan hal yang mudah. Tak hanya mampu meracik strategi jitu, seorang pelatih juga harus bisa mengatur banyak hal dalam tim supaya bisa tampil maksimal dan meraih hasil bagus. Maka, seorang pelatih yang bisa membawa timnya berprestasi tentu patut diacungi jempol.

Apalagi kalau sang pelatih bisa melakukannya tidak hanya di level klub, tapi juga bersama tim nasional sebuah negara. Hal itu ternyata pernah dicapai oleh beberapa pelatih dalam beberapa dekade terakhir. Mau tahu siapa saja mereka? Ini dia 6 nama di antaranya.

1. Otto Rehhagel

6 Pelatih Ini Sukses Raih Trofi Bersama Timnas dan Klub, Hebat!Otto Rehhagel (dfb.de)

Pertama ada Otto Rehhagel, pelatih asal Jerman yang berhasil mengejutkan dunia sepakbola kala membawa timnas Yunani menjuarai Euro 2004. Padahal, Yunani sama sekali tak memiliki sejarah yang mentereng di sepak bola.

Namun, berkat tangan dingin Rehhagel, Tim Negeri Para Dewa sukses jadi juara, bahkan dengan menaklukkan tuan rumah Portugal di partai final. Sukses Rehhagel sendiri sebenarnya tidak hanya terjadi di level timnas.

Ia juga pernah melatih beberapa klub Jerman, termasuk Bayern Munchen dan Borussia Dortmund. Namun, ia justru paling sukses bersama Werder Bremen, yang berhasil meraih 8 trofi selama periode 1981 hingga 1995, termasuk 2 trofi Bundesliga dan 2 DFB Pokal.

2. Marcello Lippi 

6 Pelatih Ini Sukses Raih Trofi Bersama Timnas dan Klub, Hebat!Marcello Lippi (sempreinter.com)

Selanjutnya ada Marcello Lippi, pelatih yang sukses membawa timnas Italia berjaya di Piala Dunia 2006. Lippi diserahi jabatan pelatih Italia pada 2004, setelah Italia tampil buruk di Euro 2004 dan gagal lolos dari babak grup.

Hanya dalam dua musim, Lippi sukses mengubah nasib timnas Italia hingga bisa jadi juara dunia. Sebelum menangani timnas, Lippi sendiri sudah banyak makan asam garam di dunia kepelatihan.

Ia pernah melatih banyak klub Italia, termasuk Napoli, Juventus, dan Inter Milan. Klub yang paling sukses saat ia latih adalah Juve, yang ia bawa meraih 13 trofi. Itu termasuk 5 Scudetto serta 1 trofi Liga Champions.

Baca Juga: 7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatih

3. Luis Aragones

6 Pelatih Ini Sukses Raih Trofi Bersama Timnas dan Klub, Hebat!Luis Aragones (irishmirror.ie)

Luis Aragones adalah pelatih yang membawa timnas Spanyol meraih trofi bergengsi untuk pertama kalinya yaitu Piala Eropa 2008. Ia juga adalah salah satu pelopor strategi tiki-taka yang dimainkan timnas Spanyol dan membawa mereka berjaya di Eropa.

Setelah Euro 2008, Aragones yang kala itu berusia 70 tahun melepas jabatannya sebagai pelatih Spanyol. Karier kepelatihan Aragones sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak 1974.

Ia pernah menangani banyak klub Spanyol, termasuk Atletico Madrid, Barcelona, dan Valencia. Masa-masa tersuksesnya adalah bersama Atletico, yang dibawanya meraih 6 trofi, termasuk 1 trofi LaLiga. Aragones meninggal dunia pada tahun 2014 di usia 75 tahun.

4. Vicente del Bosque

6 Pelatih Ini Sukses Raih Trofi Bersama Timnas dan Klub, Hebat!Vicente del Bosque (eurosport.com)

Warisan tim juara Aragones kemudian dilanjutkan oleh Vicente del Bosque, yang mulai menjabat sebagai pelatih timnas Spanyol pada 2008. Hanya dalam dua tahun, Del Bosque sukses mempersiapkan timnas Spanyol hingga akhirnya bisa bersaing, bahkan jadi juara di Piala Dunia 2010.

Tak sampai di situ, pada tahun 2012 pun ia sukses membawa La Furia Roja mempertahankan trofi Piala Eropa! Namun sejatinya, Del Bosque tak hanya pernah sukses sebagai pelatih timnas Spanyol. Ia juga pernah menangani Real Madrid selama 4 tahun dan sukses memenangi 7 trofi, termasuk 2 trofi LaLiga, 2 Liga Champions, dan 1 Piala Interkontinental.

5. Fernando Santos

6 Pelatih Ini Sukses Raih Trofi Bersama Timnas dan Klub, Hebat!Fernando Santos (skysports.com)

Sementara Fernando Santos adalah pelatih yang menangani timnas Portugal dari 2014 hingga sekarang. Sejauh ini pencapaian Santos bersama Portugal cukup memuaskan. Ia sukses membawa Selecao menjuarai Euro untuk pertama kalinya pada 2016.

Cristiano Ronaldo dkk juga berhasil dibawanya memenangi Nation League edisi perdana pada musim 2018/19. Sebelum membesut Portugal, Fernando Santos sempat menangani beberapa klub Portugal dan Yunani.

Salah satu klub besar yang pernah ia latih adalah FC Porto, dan ia berhasil memenangi 5 trofi bersama mereka. Menyambut Euro 2020 yang sebentar lagi akan digelar, Santos pasti berharap bisa membawa Portugal mempertahankan gelar juara.

6. Didier Deschamps

6 Pelatih Ini Sukses Raih Trofi Bersama Timnas dan Klub, Hebat!Didier Deschamps (thestatesman.com)

Terakhir, tentu ada Didier Deschamps, yang baru saja menjadi juara dunia bersama timnas Prancis pada 2018 lalu. Deschamps sebenarnya sudah berkesempatan emas meraih trofi kala berhasil membawa Tim Ayam Jantan lolos ke final Euro 2016, namun mereka takluk dari Portugal. Barulah dua tahun berselang mereka justru meraih trofi yang lebih bergengsi.

Di level klub sendiri, Deschamps sejauh ini baru pernah menangani tiga tim, yaitu AS Monaco, Juventus, dan Marseille. Ia sukses meraih 6 trofi bersama Marseille, termasuk 1 trofi Ligue 1. Sementara bersama Monaco, Deschamps meraih 1 trofi Piala Liga dan pernah membawa Monaco lolos ke final Liga Champions meski gagal juara.

 

Itulah 6 pelatih yang pernah sukses saat melatih klub maupun timnas. Tentu, itu adalah pencapaian luar biasa yang tidak bisa diraih sembarang pelatih. Kalau menurutmu, siapa pelatih yang akan sukses membawa timnya juara pada Euro 2020 nanti?

Baca Juga: 5 Pemain dan Pelatih yang Memiliki Hubungan Terbaik dalam Sepak Bola

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya