Comscore Tracker

6 Pelatih Top yang Belum Pernah Menangani Timnas, Ada Pep dan Mourinho

Sukses melatih klub, tapi belum pernah melatih timnas

Dalam dunia sepak bola, kesuksesan pelatih umumnya dilihat dari apakah ia bisa membawa timnya menjadi juara atau tidak. Jika seorang pelatih bisa meraih gelar bersama timnya, ia biasanya akan disebut pelatih hebat. Apalagi, jika ia bisa melakukannya tak hanya bersama klub, tetapi juga tim nasional.

Saat ini ada beberapa pelatih yang dianggap sebagai pelatih top dunia karena mereka sudah berkali-kali membawa klub asuhannya menjadi juara. Namun, beberapa dari mereka ternyata belum pernah menangani tim nasional negara mana pun. Inilah 6 pelatih top yang sejauh ini belum pernah menangani timnas.

1. Pep Guardiola

6 Pelatih Top yang Belum Pernah Menangani Timnas, Ada Pep dan MourinhoPepe Guardiola (skysports.com)

Pep Guardiola sering dianggap sebagai pelatih terbaik dunia saat ini, bahkan salah satu yang terbaik sepanjang masa. Jika tolok ukurnya adalah jumlah trofi, hal itu ada benarnya. Sejak mulai melatih pada tahun 2007, pelatih asal Spanyol ini sudah meraih 31 trofi bersama klub-klub yang dilatihnya.

Pep bahkan pernah 2 kali dinobatkan sebagai pelatih terbaik dunia. Namun, sejauh ini Pep belum pernah menangani tim nasional. Sebagai pelatih asal Spanyol, mungkin suatu saat nanti Pep akan mencoba menjadi pelatih timnas negaranya. Seandainya itu terjadi, sanggupkah Guardiola membawa Spanyol meraih trofi?

2. Jose Mourinho

6 Pelatih Top yang Belum Pernah Menangani Timnas, Ada Pep dan MourinhoJose Mourinho (independent.co.uk)

Jose Mourinho juga tak diragukan lagi adalah salah satu pelatih tersukses di dunia saat ini. Meski ia kerap memainkan strategi pragmatis yang dianggap membosankan, tak bisa dimungkiri bahwa Mou adalah jagonya meraih trofi. Mourinho mulai melatih pada tahun 2000 dan ia sudah pernah melatih tim-tim besar macam Chelsea, Real Madrid, dan Inter Milan.

Hasilnya tak kurang dari 25 trofi sudah ia koleksi sejauh ini, plus 4 kali menjadi pelatih terbaik dunia. Namun, pelatih asal Portugal ini pun masih belum pernah melatih timnas negara mana pun. Mou sebenarnya pernah menyatakan minatnya untuk melatih timnas meski ia menyebut bahwa menjadi pelatih Portugal akan sangat sulit dilakukan.

3. Jurgen Klopp

6 Pelatih Top yang Belum Pernah Menangani Timnas, Ada Pep dan MourinhoJurgen Klopp (goal.com)

Pelatih yang satu ini juga pernah menyatakan keinginannya untuk menjadi pelatih tim nasional, namun tidak dalam waktu dekat. Jurgen Klopp sempat diisukan bakal menjadi pelatih Timnas Jerman setelah Joachim Low selesai menjabat. Namun, Klopp menyatakan kesetiaannya pada Liverpool meski tidak menutup kemungkinan melakukannya di masa depan.

Klopp juga sering dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik saat ini. Ia sukses mengubah Liverpool yang tadinya terpuruk menjadi tim juara Premier League dan Liga Champions. Saat masih melatih Borussia Dortmund pun Klopp sukses meraih 5 trofi. Tentu menarik melihat apakah Klopp bisa sukses juga saat melatih timnas.

Baca Juga: Isengnya Juergen Klopp Ganggu Inggris Jelang Lawan Jerman

4. Thomas Tuchel

6 Pelatih Top yang Belum Pernah Menangani Timnas, Ada Pep dan MourinhoThomas Tuchel (ligue1.com)

Selain Klopp, ada pula Thomas Tuchel yang sama-sama berasal dari Jerman dan sama-sama sudah meraih cukup banyak sukses sejauh ini. Tuchel pernah melatih tim-tim kuat, seperti Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain, dan kini Chelsea. Hasilnya adalah ia selalu berhasil meraih trofi bersama ketiga klub tersebut.

Tuchel bahkan sukses meraih trofi Liga Champions musim lalu bersama Chelsea yang sempat terpuruk di awal musim. Jika suatu saat nanti kursi manajer Timnas Jerman kembali lowong, bisa jadi Tuchel akan menjadi kandidat kuat selain Klopp untuk mengisi posisi tersebut.

5. Diego Simeone

6 Pelatih Top yang Belum Pernah Menangani Timnas, Ada Pep dan MourinhoDiego Simeone (90min.com)

Diego Simeone juga pantas disebut salah satu pelatih terbaik saat ini. Simeone memang tak dikenal sebagai pelatih yang gemar memainkan strategi menyerang nan atraktif. Ia lebih suka mengandalkan permainan bertahan yang cenderung ngotot, bahkan keras, persis seperti cara Simeone bermain saat masih aktif dulu.

Namun, nyatanya strategi tersebut memang berhasil membawa timnya saat ini, Atletico Madrid, meraih sukses. Atletico sudah meraih 8 trofi di bawah Simeone sehingga menjadi tim yang sukses menyela persaingan Barcelona dan Real Madrid. Bisa jadi, Simeone juga sanggup membawa timnas negara nonunggulan menjadi juara di turnamen mayor.

6. Carlo Ancelotti

6 Pelatih Top yang Belum Pernah Menangani Timnas, Ada Pep dan MourinhoCarlo Ancelotti (cbssports.com)

Carlo Ancelotti adalah pelatih paling senior di daftar ini. Pria berusia 62 tahun ini sudah malang melintang di dunia kepelatihan sejak tahun 1995 dan ia sudah pernah melatih banyak klub besar, termasuk AC Milan, Juventus, Chelsea, Paris Saint-Germain, Bayern Munchen, dan kini Real Madrid.

Uniknya, Ancelotti sama sekali belum pernah melatih timnas. Namun, bukan karena tidak mau karena Ancelotti sendiri pernah menyebut berminat melatih Timnas Italia atau Inggris yang kebetulan sama-sama lolos ke final Piala Eropa 2020. Mungkinkah kesempatan melatih salah satu negara itu akan datang pada Ancelotti suatu saat nanti?

 

Itulah 6 pelatih top dunia yang sukses bersama klub-klub yang dilatihnya, tetapi belum pernah menangani timnas. Menurutmu, mungkinkah mereka juga meraih sukses jika suatu saat menjadi pelatih timnas?

Baca Juga: 6 Pemain Paling Diandalkan Ancelotti Saat Menangani Everton

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya