Comscore Tracker

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyang

Arsenal sering dibela pemain asal Afrika

Arsenal adalah salah satu klub terbesar dan tersukses di Inggris. Mereka pernah sangat dominan di kancah domestik pada era akhir '90-an hingga awal 2000-an. Meski sudah lama tak menjuarai Premier League, mereka tetap boleh berbangga karena meraih 8 trofi dalam 10 musim terakhir.

Nah, tahukah kamu bahwa Arsenal cukup sering mengandalkan pemain asal Afrika dalam perjalanan mereka meraih sukses selama ini? Beberapa di antaranya bahkan berperan besar dalam keberhasilan The Gunners meraih trofi. Inilah 10 pemain asal Afrika yang pernah membela Arsenal sejak era dimulainya Premier League hingga musim ini.

1. Emmanuel Adebayor

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyangirishmirror.ie

Emmanuel Adebayor adalah pemain Afrika tertajam kedua sepanjang sejarah Premier League dengan catatan 97 gol, hanya kalah dari Didier Drogba yang mencetak 104 gol. Sebagian besar gol itu ia cetak di Arsenal, klub yang ia bela sejak 2006 hingga 2009. Secara total, striker asal Togo ini bermain 142 kali bagi Arsenal di semua ajang dan mencatatkan 62 gol serta 22 assist.

2. Nwankwo Kanu 

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyangthesefootballtimes.co

Di era '90-an akhir hingga 2000-an, Arsenal memiliki sosok striker tajam asal Afrika dalam diri Nwankwo Kanu. Selama 5 musim membela The Gunners, striker Nigeria ini mampu menunjukkan kilaunya dengan mencetak 44 gol dan 29 assist dari 196 laga di semua ajang. Kanu juga turut membawa Arsenal meraih 2 trofi Premier League dan 2 Piala FA.

3. Lauren 

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyangcaughtoffside.com

Dari barisan bek, Arsenal pernah memiliki Lauren, bek kanan asal Kamerun yang tangguh mengawal lini belakang The Gunners sejak tahun 2000 hingga 2007. Lauren bermain 241 kali di semua ajang dan turut menjadi bagian dari The Invincibles alias skuad Arenal yang memenangi Premier League 2003/2004 tanpa terkalahkan.

4. Emmanuel Eboue 

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyangthespoiler.co.uk

Bek yang sempat menjadi pelapis dan akhirnya menggantikan Lauren di pos bek kanan adalah Emmanuel Eboue. Eboue yang berasal dari Pantai Gading mulai membela Arsenal sejak 2004 hingga 2011. Total ia bermain 214 laga dengan sumbangan 10 gol dan 20 assist. Namun, Eboue hanya berhasil meraih satu trofi saja bersama The Gunners, yaitu Piala FA 2004/2005.

Baca Juga: 5 Pemain Afrika yang Terlama Bermain di Premier League, Siapa Saja?

5. Kolo Toure 

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyangsportsmole.co.uk

Arsenal juga pernah memiliki Kolo Toure, bek asal Pantai Gading yang merupakan kakak dari Yaya Toure. Kolo Toure membela The Gunners sejak 2002 hingga 2009 dan termasuk ke dalam tim tak terkalahkan Arsenal pada 2003/2004. Toure bermain 327 kali di semua ajang dan sempat mencetak 14 gol dan 10 assist serta meraih total 5 trofi.

6. Alexandre Song

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyangbbc.co.uk

Sementara Alexandre Song atau biasa disebut Alex Song adalah pemain yang bisa berposisi sebagai bek dan gelandang. Namun, selama membela Arsenal sejak 2006 hingga 2012, pemain asal Kamerun ini lebih menonjol dalam kemampuannya membangun serangan. Bermain 205 kali bagi The Gunners, Song mengoleksi 10 gol dan 23 assist di semua ajang.

7. Gervinho 

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyanggoal.com

Berikutnya ada Gervinho, pemain sayap asal Pantai Gading yang terkenal dengan kecepatannya. Gervinho membela Arsenal selama dua musim sejak 2011 hingga 2013 dan bermain 63 kali dengan torehan 11 gol dan 12 assist. Meski tak meraih trofi, Gervinho pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Pantai Gading saat membela Arsenal.

8. Thomas Partey 

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyangirishmirror.ie

Di musim ini, Arsenal juga memiliki beberapa pemain asal Afrika, salah satunya Thomas Partey. Gelandang asal Ghana ini baru didatangkan dari Atletico Madrid di awal musim. Sejauh ini, Partey sukses menjadi andalan di lini tengah Arsenal meski beberapa kali absen karena cedera. Ia sudah bermain 25 kali di semua ajang dan membuat 3 assist.

9. Nicolas Pepe 

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyangskysports.com

Ada pula Nicolas Pepe, pemain sayap asal Pantai Gading. Pepe bermain bagi Arsenal sejak musim lalu dan sejauh ini ia cukup sering diandalkan The Gunners, tepatnya 82 kali di semua ajang dengan sumbangan 18 gol dan 15 assist. Sebagai pemain termahal Arsenal sepanjang masa, sejauh ini Pepe telah membantu Arsenal meraih 1 trofi, yaitu Piala FA.

10. Pierre-Emerick Aubameyang 

10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyangpremierleague.com

Terakhir, tentu saja ada Pierre-Emerick Aubameyang, striker tajam asal Gabon yang sejak musim lalu menjadi kapten Arsenal. Sejak kedatangannya tahun 2018, Auba langsung menunjukkan ketajamannya dengan menjadi top skor Premier League di musim pertamanya. Sejauh ini Auba sudah mengoleksi 84 gol dan 17 assist dari 142 laga bagi Arsenal di semua ajang.

 

Itulah 10 pemain Afrika yang pernah membela Arsenal di era modern, termasuk musim ini. Kalau kamu fans Arsenal, siapa di antara mereka yang jadi pemain favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain yang Kariernya Anjlok Setelah Berseragam Arsenal, Ada Ozil!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya