Comscore Tracker

5 Pemain Afrika Terakhir yang Mencetak Brace di Piala Dunia

Mohammed Kudus terbaru

Sepanjang sejarah, belum ada pemain asal negara Afrika yang pernah mencetak hattrick di Piala Dunia. Torehan tiga gol di Piala Dunia hanya pernah dibuat pemain Eropa dan Amerika Selatan.

Sementara, pemain Afrika maksimal hanya membuat brace alias 2 gol dalam 1 laga. Sejauh ini, sudah ada sepuluh pemain berbeda dari Afrika yang pernah mencetak brace di Piala Dunia.

Inilah pemain Afrika terakhir yang mencetak brace di Piala Dunia.

1. Papa Bouba Diop (Piala Dunia 2002)

5 Pemain Afrika Terakhir yang Mencetak Brace di Piala DuniaPapa Bouba Diop (fifa.com)

Timnas Senegal membuat kejutan di Piala Dunia 2002 Korea/Jepang. Tampil sebagai debutan, mereka sukses melaju hingga babak perempat final. Beberapa pemain Senegal berhasil mencuri perhatian saat itu, termasuk dua pemain mereka yang sempat membuat brace.

Pertama adalah Papa Bouba Diop. Meski berposisi gelandang bertahan, ia sukses mencetak tiga gol di Piala Dunia 2002. Diop bahkan jadi pencetak gol pertama di turnamen tersebut saat Senegal mengalahkan Prancis 1-0 pada laga pembuka.

Setelah itu, Diop sempat membuat brace saat Senegal bermain imbang 3-3 dengan Uruguay pada matchday terakhir fase grup. Secara keseluruhan, ia mencatat 62 caps dengan 11 gol bagi Timnas Senegal. Sayangnya, Diop sudah meninggal dunia pada 2020 pada usia 42 tahun.

2. Henri Camara (Piala Dunia 2002)

5 Pemain Afrika Terakhir yang Mencetak Brace di Piala DuniaHenri Camara merayakan gol emas ke gawang Swedia di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Henri Camara juga membuat brace bagi Senegal di Piala Dunia 2002. Ia melakukannya pada laga babak 16 besar menghadapi Swedia. Gol pertama Camara jadi penyama kedudukan pada menit 37, setelah Swedia unggul terlebih dulu sejak menit ke-11.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir. Laga pun berlanjut ke perpanjangan waktu dengan sistem gol emas. Camara tampil sebagai pahlawan berkat gol keduanya pada menit 104. Gol emas tersebut langsung membuat Senegal dinyatakan sebagai pemenang dan lolos ke perempat final.

Baca Juga: Cho Gue Sung, Pencetak Brace Pertama Korea Selatan di Piala Dunia

3. Aruna Dindane (Piala Dunia 2006)

5 Pemain Afrika Terakhir yang Mencetak Brace di Piala DuniaAruna Dindane (instagram.com/fif.ci)

Pemain Afrika juga sempat membuat brace di Piala Dunia 2006 Jerman. Pemain tersebut adalah Aruna Dindane, stiker asal Pantai Gading. Ia membuat dua gol pada laga penutup Grup C melawan Serbia Montenegro.

Brace Dindane membuat Pantai Gading menyamakan skor setelah sempat tertinggal 0-2. Bahkan, mereka akhirnya menang 3-2 berkat gol Salomon Kalou di pengujung laga. Sayangnya, Pantai Gading tetap gagal lolos dari fase grup karena sebelumnya sudah kalah dari Argentina dan Belanda.

4. Ahmed Musa (Piala Dunia 2014 dan 2018)

5 Pemain Afrika Terakhir yang Mencetak Brace di Piala DuniaAhmed Musa (fifa.com)

Berikutnya, ada Ahmed Musa, winger Nigeria yang bermain di Piala Dunia 2014 Brasil dan Piala Dunia 2018 Rusia. Hebatnya, Musa sukses mencetak brace di masing-masing edisi tersebut. Ia pun mengoleksi total empat gol sehingga menjadi pemain Afrika tersubur ketiga di Piala Dunia.

Brace Musa di Piala Dunia 2014 tercipta ke gawang Argentina. Sementara, di Piala Dunia 2018, ia membuat dua gol saat menghadapi Islandia. Musa saat ini berusia 30 tahun dan masih aktif bermain. Sayangnya, Nigeria tidak tampil di Piala Dunia 2022 Qatar sehingga ia belum bisa menambah jumlah golnya.

5. Mohammed Kudus (Piala Dunia 2022)

5 Pemain Afrika Terakhir yang Mencetak Brace di Piala DuniaMohammed Kudus (kiri) merayakan gol ke gawang Korea Selatan di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Pemain Afrika teranyar yang menciptakan brace di Piala Dunia adalah Mohammed Kudus. Ia baru saja melakukannya di Piala Dunia 2022 pada laga fase grup antara Ghana melawan Korea Selatan. Berkat dua gol Kudus, Ghana sukses memenangi laga tersebut dengan skor 3-2.

Kudus pun menjadi pemain Ghana pertama yang mencetak brace di Piala Dunia. Selain itu, koleksi ia juga bertambah jadi 7 gol dalam 21 caps bersama timnas. Sayangnya, striker 22 tahun itu tetap tak berhasil meloloskan Ghana dari fase grup Piala Dunia 2022.

Di perempat final Piala Dunia 2022, masih ada satu tim Afrika yang tersisa, yaitu Maroko. Mereka bakal menghadapi Portugal dalam usaha mencapai semifinal. Akankah salah satu pemain Maroko mencetak brace ke gawang Portugal hingga menyusul lima pemain di atas?

Baca Juga: Profil Mohammed Kudus, Pahlawan Ghana di Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya