5 Pemain Anyar Klub EPL yang Dibeli Lebih Murah dari Harga Pasar

Ada Cody Gakpo dan Jorginho

Klub-klub English Premier League (EPL) aktif berbelanja pada bursa transfer musim dingin 2023. Beberapa klub tak segan menggelontorkan uang demi mendatangkan pemain. Bahkan, ada yang rela membeli pemain dengan harga jauh di atas nilai pasarannya.

Meski demikian, ternyata ada pula pemain yang dibeli klub EPL dengan harga relatif murah. Nilai transfer mereka lebih rendah dibanding harga pasarannya.

Inilah lima pemain anyar klub EPL yang dibeli lebih murah dari harga pasar.

1. Cody Gakpo (42 juta euro)

5 Pemain Anyar Klub EPL yang Dibeli Lebih Murah dari Harga PasarCody Gakpo (instagram.com/codymathesgakpo)

Cody Gakpo adalah salah satu pemain termahal yang datang ke Premier League pada Januari 2023. Winger asal Belanda itu dibeli Liverpool dari PSV Eindhoven. Nilai transfernya mencapai 42 juta euro atau Rp684 miliar.

Meski cukup tinggi, harga tersebut ternyata masih lebih rendah dibanding nilai pasaran Gakpo. Situs Transfermarkt menaksir harga Gakpo di kisaran 60 juta euro atau Rp978 miliar. Kualitas dan usianya yang masih muda membuat banderol Gakpo menjadi mahal.

Liverpool cukup beruntung karena bisa memboyong Gakpo dengan harga lebih murah. Sayangnya, sejauh ini Gakpo belum menunjukkan sinarnya bersama The Reds. Ia sudah tampil enam kali di semua ajang, tetapi masih nihil gol dan assist.

2. Jorginho (11,3 juta euro)

5 Pemain Anyar Klub EPL yang Dibeli Lebih Murah dari Harga PasarJorginho (arsenal.com)

Arsenal memboyong tiga pemain anyar pada Januari 2023. Salah satunya adalah Jorginho, gelandang top Italia. Nilai pasaran Jorginho adalah 35 juta euro atau Rp570 miliar.

Arsenal ternyata bisa mendapatkan Jorginho dengan mahar 11,3 juta euro atau Rp184 miliar. Selain lebih murah, Arsenal juga beruntung karena Jorginho bisa jadi pelapis sepadan Thomas Partey. Jorginho pun dikontrak hingga 2024 dengan opsi perpanjangan setahun.

Baca Juga: Kesalahan Cody Gakpo adalah Bergabung dengan Liverpool

3. Pablo Sarabia (5 juta euro)

5 Pemain Anyar Klub EPL yang Dibeli Lebih Murah dari Harga PasarPablo Sarabia berseragam Wolves. (instagram.com/pablosarabia92)

Pablo Sarabia malah pindah klub dengan nilai transfer hanya seperempat harga pasarannya. Sarabia adalah gelandang asal Spanyol yang sebelumnya membela Paris Saint-Germain. Ia kemudian diboyong Wolverhampton Wanderers dengan harga 5 juta euro atau Rp81 miliar.

Padahal harga pasar Sarabia diperkirakan mencapai 20 juta euro alias Rp326 miliar. Sarabia sendiri adalah salah 1 dari 6 pemain anyar Wolves pada musim dingin 2023. Wolves kini sedang berjuang merangkak naik dari papan bawah klasemen sementara EPL.

4. Alex Moreno (13,5 juta euro)

5 Pemain Anyar Klub EPL yang Dibeli Lebih Murah dari Harga PasarAlex Moreno (instagram.com/alexmoreno)

Berikutnya, ada Alex Moreno, bek kiri asal Spanyol yang baru dibeli Aston Villa. Moreno didatangkan Villa dari Real Betis dengan mahar 13,5 juta euro atau Rp220 miliar. Itu lebih rendah dari banderolnya yaitu 20 juta euro.

Musim lalu, Moreno turut berjasa membawa Real Betis juara Copa del Rey 2021/2022. Pengalaman tersebut bisa jadi modal berharga baginya untuk bersinar di Inggris. Sejauh ini, Moreno sudah tampil tiga kali bersama Aston Villa.

5. Danny Ings (12 juta euro)

5 Pemain Anyar Klub EPL yang Dibeli Lebih Murah dari Harga PasarDanny Ings (instagram.com/ingstagram10)

Aston Villa sendiri menjual pemain dengan harga lebih murah. Ia adalah Danny Ings, yang dilepas ke West Ham United. West Ham membeli Ings dengan harga 12 juta euro atau Rp196 miliar, lebih rendah dari nilai pasarannya yang mencapai 16 juta euro alias Rp261 miliar.

Selama 1,5 musim membela Aston Villa, Ings tampil 52 kali di semua ajang dan mencetak 14 gol. Bersama West Ham, sejauh ini Ings masih diplot sebagai pelapis. Ia baru bermain dua kali bagi The Hammers, keduanya sebagai pengganti.

Lima pemain di atas dibeli klub EPL dengan harga lebih murah dari harga pasaran. Namun, kualitas mereka tak bisa dipandang sebelah mata. Mampukah mereka bersinar bersama klub barunya pada sisa musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Terakhir yang Menggunakan Nomor 20 sebelum Jorginho

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya