Comscore Tracker

5 Pemain Argentina dengan Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Lionel Messi bisa pecahkan rekor Maradona

Lionel Messi kerap dibandingkan dengan Diego Maradona sebagai pemain terbaik Argentina sepanjang masa. Soal prestasi bersama timnas, Maradona memang lebih unggul karena pernah membawa Argentina juara dunia. Messi harus mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 untuk menyamai capaian tersebut.

Meski begitu, andai Messi gagal, ia tetap berpeluang memecahkan rekor lain yang dimiliki Maradona. Ia berpotensi menjadi pemain Argentina dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia.

Berikut ini adalah daftar sementara pemain Argentina dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia.

1. Diego Maradona (21 penampilan)

5 Pemain Argentina dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaDiego Maradona (fifa.com)

Diego Maradona sejauh ini masih merajai daftar pemain Argentina dengan caps terbanyak di Piala Dunia. Maradona pernah tampil dalam empat edisi Piala Dunia, yaitu 1982, 1986, 1990, dan 1994. Secara keseluruhan, ia bermain 21 kali, dengan torehan 8 gol dan 8 assist.

Edisi 1986 adalah panggung terbaik Maradona di Piala Dunia. Menjabat sebagai kapten, Ia sukses membawa Argentina juara dengan mencetak 5 gol dan 5 assist sepanjang turnamen. Ia juga membawa Argentina ke final Piala Dunia 1990, tetapi gagal juara.

Sayangnya, kiprah Maradona di Piala Dunia berakhir antiklimaks. Di Piala Dunia 1994, ia dipulangkan setelah melakoni dua laga fase grup karena gagal dalam tes doping. Maradona pun tak pernah tampil lagi bersama Argentina. Secara keseluruhan, ia mencatat 91 caps dengan 34 gol

2. Javier Mascherano (20 penampilan)

5 Pemain Argentina dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaJavier Mascherano (fifa.com)

Di bawah Maradona, ada Javier Mascherano, eks gelandang yang pernah membela Liverpool dan Barcelona. Seperti Maradona, Mascherano juga bermain dalam empat edisi Piala Dunia, tepatnya pada edisi 2006 hingga 2018. Total penampilannya di Piala Dunia mencapai 20 laga.

Capaian terbaik Mascherano di Piala Dunia adalah mencapai final pada edisi 2014. Sayangnya, Tim Tango gagal juara setelah ditaklukkan Jerman.

Piala Dunia 2018 menjadi pentas terakhir Mascherano bersama timnas. Ia pensiun dari timnas setelah Argentina gugur di perdelapan final.

Baca Juga: 6 Klub Tempat Diego Maradona Pernah Berkarier, Legendaris!

3. Lionel Messi (19 penampilan)

5 Pemain Argentina dengan Penampilan Terbanyak di Piala Duniaas.com

Lionel Messi adalah satu-satunya nama di daftar ini yang masih aktif di timnas. Karena itu, ia masih bisa menambah jumlah penampilannya di Piala Dunia. Hampir bisa dipastikan Messi akan tampil di Piala Dunia 2022 karena ia adalah kapten sekaligus top skor sepanjang masa Argentina.

Dengan total 19 penampilan sejauh ini, Messi hanya butuh tiga kali tampil di Qatar untuk melewati rekor Maradona. Namun, Messi tentu tak hanya mengincar rekor Maradona, tetapi juga gelar juara. Jika berhasil, tak akan diragukan lagi bahwa Messi telah mengungguli Maradona sebagai legenda terhebat Argentina.

4. Mario Kempes (18 penampilan)

5 Pemain Argentina dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaMario Kempes (thesefootballtimes.co)

Berikutnya, ada Mario Kempes, striker atau gelandang serang legendaris Argentina yang sempat bermain di Indonesia. Kempes hanya pernah bermain dalam tiga edisi Piala Dunia, yaitu 1974, 1978, dan 1982. Namun, jumlah penampilannya mencapai 18 laga dengan torehan 6 gol dan 4 assist.

Sebelum era Maradona, Kempes lebih dahulu membawa Argentina juara Piala Dunia pada 1978. Ia juga merebut gelar top skor dengan 6 gol, termasuk 2 gol di partai final. Kempes sempat main bareng Maradona di Piala Dunia 1982, tetapi kombinasi mereka hanya bertahan hingga putaran kedua.

5. Oscar Ruggeri (16 penampilan)

5 Pemain Argentina dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaOscar Ruggeri (tengah) merayakan gelar juara Copa America 1991. (twitter.com/Argentina)

Terakhir, ada Oscar Ruggeri, yang pernah bermain dalam 16 laga Piala Dunia. Nama Ruggeri memang tidak setenar Maradona atau Kempes, karena ia berposisi bek tengah. Namun, ia turut andil membawa Argentina juara Piala Dunia 1986 dan mencapai final edisi 1990.

Selain trofi Piala Dunia, Ruggeri juga dua kali meraih gelar Copa America bareng timnas. Di level klub, ia lebih banyak bermain di negaranya sendiri, tetapi sempat pula membela Real Madrid. Hingga kini, Ruggeri masih dianggap salah satu bek terbaik sepanjang masa Argentina.

Lionel Messi kemungkinan besar bakal menyalip Diego Maradona sebagai pemimpin daftar ini setelah Piala Dunia 2022 Qatar. Bisakah ia sekaligus melengkapi rekor tersebut dengan membawa Argentina juara?

Baca Juga: Profil Argentina, Status Unggulan Berbalut Ambisi Lionel Messi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya