5 Pemain Arsenal dengan Hat-trick Terbanyak di English Premier League

Thierry Henry paling trengginas!

Arsenal adalah salah satu klub tersukses dalam sejarah Liga Inggris. Meski sudah lama tak juara, The Gunners masih jadi pengoleksi trofi Liga Inggris terbanyak ketiga dengan tiga belas trofi. Hal itu tak lepas dari jasa para pemain berkualitas yang sejak dulu mengisi skuad Meriam London.

Dari barisan penyerang saja, Arsenal pernah punya sederet nama-nama top. Salah satu bukti kualitas mereka adalah jumlah hat-trick yang pernah mereka ciptakan di English Premier League (EPL). Inilah lima pemain Arsenal dengan hat-trick terbanyak di EPL sejauh ini.

1. Thierry Henry (8 hat-trick)

5 Pemain Arsenal dengan Hat-trick Terbanyak di English Premier LeagueThierry Henry (arsenal.com)

Thierry Henry adalah top skor sepanjang masa Arsenal dengan 228 gol di semua ajang. Maka, tak mengherankan jika Henry juga adalah pemain Arsenal dengan hat-trick terbanyak di EPL. Selama 8 tahun membela Arsenal, Henry membuat delapan hat-trick di Premier League.

Kedelapan hat-trick tersebut diciptakan Henry ke gawang delapan klub berbeda. Itu termasuk Liverpool, yang sempat jadi korban trigol Henry pada 2003/2004. Selain itu, Henry juga pernah membuat empat gol dalam satu laga Premier League saat menghadapi Leeds United pada musim yang sama.

2. Ian Wright (5 hat-trick)

5 Pemain Arsenal dengan Hat-trick Terbanyak di English Premier LeagueIan Wright (arsenal.com)

Sementara, Ian Wright adalah striker andalan Arsenal sebelum era Thierry Henry. Wright membela Arsenal pada 1991–1998 dan menciptakan total 185 gol bagi The Gunners. Itu termasuk lima hat-trick di liga pada era Premier League yang dimulai sejak 1992/1993.

Bahkan, sebelum itu pun Wright sempat membuat tiga hat-trick di Liga Inggris 1991/1992 bersama Arsenal. Southampton jadi lawan yang paling sering dibobol hat-trick oleh Wright, yaitu tiga kali. Selain Arsenal, Wright juga sempat membela West Ham United, tetapi gagal menambah jumlah trigol di EPL.

Baca Juga: Tampil Apik, 5 Pemain Muda Ini Dibeli dengan Harga Mahal oleh Arsenal

3. Emmanuel Adebayor (3 hat-trick)

5 Pemain Arsenal dengan Hat-trick Terbanyak di English Premier LeagueEmmanuel Adebayor (premierleague.com)

Berikutnya, ada tiga pemain yang pernah mencetak masing-masing tiga hat-trick bersama Arsenal di EPL. Yang pertama adalah Emmanuel Adebayor, striker asal Togo yang berkostum Arsenal pada 2006–2009.

Dalam 3,5 musim, Adebayor membuat 46 gol bagi Arsenal di Premier League. Dua hat-trick Adebayor diciptakan ke gawang Derby County, sedangkan satu lagi ia buat saat melawan Blackburn Rovers.

Sayangnya, Adebayor tak berhasil meraih trofi bersama Arsenal. Saat ini, Adebayor sudah berusia 38 tahun tetapi masih aktif bermain di negaranya bersama Semassi FC.

4. Robin van Persie (3 hat-trick)

5 Pemain Arsenal dengan Hat-trick Terbanyak di English Premier LeagueRobin van Persie (premierleague.com)

Robin van Persie juga pernah mencetak tiga hat-trick untuk Arsenal di Premier League. Salah satunya bahkan ia ciptakan ke gawang rival sekota Arsenal, Chelsea. Dalam laga Premier League musim 2011/2012 tersebut, trigol Van Persie membawa Arsenal menang 5-3 di kandang Chelsea.

Dua hat-trick lain diciptakan Van Persie di Premier League ke gawang Wigan Athletic dan Blackburn Rovers. Selain bersama Arsenal, Van Persie juga sempat membuat dua hat-trick di liga saat sudah hijrah ke Manchester United. Maka, secara total ia membuat lima hat-trick di EPL.

5. Theo Walcott (3 hat-trick)

5 Pemain Arsenal dengan Hat-trick Terbanyak di English Premier LeagueTheo Walcott (arsenal.com)

Satu lagi pemain Arsenal yang membuat tiga hat-trick di Premier League adalah Theo Walcott. Ia adalah striker asal Inggris yang membela Arsenal pada 2006–2018. Hat-trick Walcott di Premier League diciptakan ke gawang Blackpool, Newcastle United, dan West Bromwich Albion.

Secara total, Walcott mencetak total 108 gol bagi The Gunners, termasuk 65 gol di Premier League. Setelah itu ia pindah membela Everton dan kini Southampton. Sayangnya, Walcott gagal tampil tajam bersama kedua klub tersebut.

 

Saat ini, Arsenal sudah tidak memiliki pemain yang pernah mencetak hat-trick bagi mereka di Premier League. Gabriel Jesus sempat melakukannya, tetapi hanya pada laga pramusim. Bisakah Gabriel Jesus atau pemain Arsenal lain membuat trigol di Premier League 2022/2023?

Baca Juga: 7 Pesepak Bola dengan Hat-trick Terbanyak di Level Internasional

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya