5 Pemain asal Negara Concacaf dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia

Ada pencetak hattrick pertama Piala Dunia

Piala Dunia pernah diikuti sebelas negara anggota Concacaf alias Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia. Meksiko dan Amerika Serikat jadi negara yang paling sering tampil. Kedua negara tersebut pernah melaju cukup jauh di Piala Dunia.

Oleh karena itu, tak heran jika para pemain Concacaf tersubur di Piala Dunia berasal dari Amerika Serikat dan Meksiko. Inilah lima pemain asal negara Concacaf dengan gol terbanyak di Piala Dunia.

1. Landon Donovan (5 gol)

5 Pemain asal Negara Concacaf dengan Gol Terbanyak di Piala DuniaLandon Donovan di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Landon Donovan adalah pemain asal negara Concacaf tertajam di Piala Dunia. Donovan mengoleksi lima gol di Piala Dunia bersama negaranya, Amerika Serikat. Jumlah itu ia koleksi dalam 12 pertandingan di 3 edisi Piala Dunia.

Sinar Donovan di Piala Dunia sudah terlihat sejak usia muda. Ia terpilih jadi pemain muda terbaik di Piala Dunia 2002 Korea/Jepang. Saat itu, Donovan yang baru berusia 20 tahun mencetak 2 gol dan 1 assist yang membawa Amerika Serikat mencapai perempat final.

Saat ini, Donovan juga masih menjadi salah satu top skor sepanjang masa Timnas Amerika Serikat. Ia mengoleksi 57 gol dalam 157 caps selama periode 2000–2014.

2. Bert Patenaude (4 gol)

5 Pemain asal Negara Concacaf dengan Gol Terbanyak di Piala DuniaBert Patenaude (ussoccer.com)

Di bawah Donovan, ada 4 pemain negara Concacaf yang masing-masing mencetak 4 gol di Piala Dunia. Bert Patenaude adalah salah satunya. Patenaude adalah penyerang Amerika Serikat yang tampil di edisi Piala Dunia pertama, yaitu Piala Dunia 1930 Uruguay.

Patenaude sempat menciptakan rekor saat itu. Ia mencetak hattrick ke gawang Paraguay pada laga fase grup. Patenaude pun tercatat sebagai pemain pertama yang membuat trigol di Piala Dunia.

Secara total, Patenaude bermain 3 kali di Piala Dunia 1930 dan membuat 4 gol. Timnas Amerika Serikat juga berhasil dibawanya ke semifinal sebelum tersingkir oleh Argentina. Babak semifinal masih menjadi capaian terbaik Amerika Serikat di Piala Dunia hingga kini.

Baca Juga: Stres Berat Bayangi Para Bintang Dunia Usai Piala Dunia 2022

3. Luis Hernandez (4 gol)

5 Pemain asal Negara Concacaf dengan Gol Terbanyak di Piala DuniaLuis Hernandez (fifa.com)

Nama berikutnya adalah pemain Meksiko, Luis Hernandez. Ia adalah salah satu pemain tertajam di Piala Dunia 1998 Prancis. Ia mencetak 4 gol dalam 4 penampilan. Hanya ada tiga pemain yang punya koleksi lebih banyak di edisi tersebut.

Hernandez tampil lagi bersama Meksiko di Piala Dunia 2002. Sayangnya, kali itu ia gagal menjebol gawang lawan dalam tiga penampilannya. Selama tampil di Piala Dunia, langkah Hernandez bersama Meksiko selalu mentok pada babak 16 besar.

4. Clint Dempsey (4 gol)

5 Pemain asal Negara Concacaf dengan Gol Terbanyak di Piala DuniaClint Dempsey (fifa.com)

Selain Landon Donovan, pemain tersubur dalam sejarah Timnas Amerika Serikat adalah Clint Dempsey. Ia juga membuat 57 gol bagi timnas, sejajar dengan Donovan. Sebanyak 4 gol di antaranya ia ciptakan dalam 10 penampilan di Piala Dunia.

Gol-gol Dempsey tercipta di Piala Dunia 2006 Jerman, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, dan Piala Dunia 2014 Brasil. Selain tajam, Dempsey juga sempat membuat tiga assist di Piala Dunia. Namun, capaian terbaiknya hanya sampai babak perdelapan final.

5. Javier Hernandez (4 gol)

5 Pemain asal Negara Concacaf dengan Gol Terbanyak di Piala DuniaJavier Hernandez (fifa.com)

Javier Hernandez adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang masih bermain. Namun, Chicharito tidak tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Bahkan, striker Meksiko ini sudah tidak dipanggil timnas sejak 2019 meski belum menyatakan pensiun.

Chicharito sudah berlaga di Piala Dunia 2010, 2014, dan 2018. Dalam tiga edisi tersebut, ia tampil 12 kali dan membuat 4 gol. Ia kini juga masih menjadi pemain dengan gol terbanyak bagi Timnas Meksiko, yaitu 52 gol.

Piala Dunia 2026 mendatang bakal digelar di tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Di sana, tim-tim anggota Concacaf berkesempatan menampilkan performa terbaik sebagai tuan rumah. Bukan mustahil salah satu pemain mereka juga bakal mencetak banyak gol.

Baca Juga: 5 Tim Afrika yang Sering Mengalahkan Wakil Eropa di Piala Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya