Comscore Tracker

7 Pemain Asal Romania yang Bermain di Serie A Italia 2021/2022

Ada yang mencatat rekor jumlah penampilan

Romania adalah negara yang tak punya prestasi mumpuni di dunia sepak bola. Namun, negara ini pernah menghasilkan beberapa pemain top yang namanya melambung di Eropa. Salah satunya adalah Adrian Mutu, mantan penyerang asal Romania yang sukses bermain di Serie A Italia pada era 2000-an.

Saat ini memang tak banyak pemain Romania yang populer di liga top Eropa. Namun, ada beberapa pemain Romania yang tengah berkarier di Serie A, bahkan ada yang membela klub besar.

1. Stefan Radu (Lazio)

7 Pemain Asal Romania yang Bermain di Serie A Italia 2021/2022potret Stefan Radu (twitter.com/OfficialSSLazio)

Stefan Radu adalah adalah salah satu pemain yang paling lama mengabdi kepada klub Serie A saat ini. Bek asal Romania itu sudah membela Lazio sejak 2008, alias sudah sekitar 14 tahun. Bahkan, Radu sampai menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bagi Lazio sepanjang masa, yaitu 423 penampilan sejauh ini.

Sudah berusia 35 tahun, Radu sudah tak banyak bermain pada musim 2021/2022 ini. Ia juga bakal segera habis kontrak dengan Lazio pada akhir musim. Bisa jadi, ia bakal gantung sepatu setelah itu. Selama membela Lazio, Radu sukses meraih 3 trofi Coppa Italia dan 3 Piala Super Italia.

2. Ciprian Tatarusanu (AC Milan)

7 Pemain Asal Romania yang Bermain di Serie A Italia 2021/2022potret Ciprian Tatarusanu (twitter.com/Squawka)

Sementara Ciprian Tatarusanu adalah kiper 36 tahun asal Romania yang membela AC Milan sejak 2020. Sebelumnya, Tatarusanu juga sempat membela Fiorentina pada 2014 hingga 2017. Tatarusanu berstatus kiper pelapis di Milan, dan sejauh ini ia baru bermain empat belas kali di semua ajang bersama Rossoneri.

Selama bermain di Italia, Tatarusanu belum pernah meraih trofi. Namun, ia berpeluang melakukannya musim 2021/2022 ini karena AC Milan sedang memimpin klasemen sementara Serie A hingga pekan ke-35. Akankah Tatarusanu mengangkat trofi pertamanya di Italia musim ini?

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Membawa AC Milan Juara Serie A Italia

3. Ionut Radu (Inter Milan)

7 Pemain Asal Romania yang Bermain di Serie A Italia 2021/2022potret Ionut Radu (inter.it)

Pemain yang satu ini memiliki nama belakang Radu, tetapi ia tidak memiliki hubungan darah dengan Stefan Radu. Ionut Radu adalah kiper asal Romania yang saat ini membela Inter Milan. Seperti Tatarusanu, Ionut Radu juga hanya berstatus kiper cadangan, sehingga sejauh ini baru tampil lima kali bersama Inter.

Meski minim penampilan, Radu sudah meraih dua trofi bareng Inter, yaitu Serie A 2020/2021 dan Piala Super Italia 2021. Ia juga masih berusia 24 tahun, sehingga ada kemungkinan bakal jadi kiper utama Inter di masa depan.

4. Radu Dragusin (Salernitana)

7 Pemain Asal Romania yang Bermain di Serie A Italia 2021/2022potret Radu Dragusin (transfermarkt.com)

Sementara pemain Romania yang satu ini memiliki nama Radu bukan sebagai nama belakang, tetapi nama depan. Radu Dragusin adalah bek Juventus yang masih berusia sangat muda, yaitu 20 tahun. Saat ini, ia sedang dipinjamkan ke Salernitana demi mendapatkan menit bermain.

Bersama Juventus, Dragusin sempat mencatat empat penampilan pada musim 2020/2021. Ia juga turut jadi bagian tim Juventus yang menjuarai Coppa Italia musim tersebut. Sementara bareng Salernitana ia sudah bermain tujuh kali. Jika terus berkembang, Dragusin bisa menjadi bek masa depan Juventus.

5. Vlad Chiriches 

7 Pemain Asal Romania yang Bermain di Serie A Italia 2021/2022potret Vlad Chiriches (instagram.com/vladchiriches)

Berikutnya ada Vlad Chiriches, pemain Sassuolo yang bisa berposisi bek atau gelandang bertahan. Chiriches membela Sassuolo sejak 2020, tetapi ia juga pernah berseragam Napoli selama lima musim. Sejauh ini, Chiriches cukup diandalkan Sassuolo. Ia sudah mencatat 61 penampilan di semua ajang dengan sumbangan dua gol.

Tak hanya di klub, Chiriches adalah andalan di Timnas Romania. Bahkan, ia sudah menjabat sebagai kapten Romania sejak 2013. Musim 2021/2022 ini, Chiriches bersama Sassuolo tengah menempati peringkat sebelas Serie A hingga pekan ke-35.

6. Razvan Marin (Cagliari)

7 Pemain Asal Romania yang Bermain di Serie A Italia 2021/2022potret Razvan Marin (instagram.com/razvanmarin)

Razvan Marin adalah gelandang 25 tahun yang membela Cagliari sejak 2020. Awalnya Marin hanyalah pemain pinjaman dari Ajax Amsterdam. Namun, setelah jadi andalan di lini tengah Cagliari, ia pun dipermanenkan pada awal musim ini.

Marin sejauh ini sudah tampil 73 kali bersama Cagliari dengan catatan 4 gol dan 12 assist. Ia masih sering diandalkan pada musim 2021/2022 ini. Namun, ia terancam main di Serie B musim depan karena Cagliari masih belum aman dari ancaman degradasi. Mampukah Marin berkontribusi mencegah klubnya turun kasta?

7. Valentin Mihaila (Atalanta)

7 Pemain Asal Romania yang Bermain di Serie A Italia 2021/2022potret Valentin Mihaila (instagram.com/atalantabc)

Terakhir, ada Valentin Mihaila, winger 22 tahun yang sedang membela Atalanta. Mihaila sebenarnya adalah pemain Parma, klub yang saat ini berkompetisi di Serie B. Namun, Mihaila dipinjamkan ke Atalanta sejak Januari 2022 sehingga kembali bermain di Serie A.

Mihaila sendiri masih minim penampilan bersama Atalanta sejauh ini. Ia baru tampil enam kali di semua ajang dengan total 101 menit bermain. Kemungkinan besar, Mihaila bakal dikembalikan ke Parma pada akhir musim ini.

Para pemain Romania di atas turut meramaikan Serie A Italia 2021/2022. Ada yang jarang tampil, tetapi ada pula yang sering jadi andalan klubnya. Mereka meneruskan tradisi para pemain Romania yang berkarier di Serie A sejak dulu.

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya