5 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Besar Italia

Hampir semuanya berhasil meraih trofi

Serie A Italia bukanlah liga yang terkenal "ramah" terhadap pemain asal Asia. Jika dibandingkan dengan liga-liga top lain di Eropa, Serie A terbilang jarang jadi tempat berkarier pemain Asia. Kalaupun ada, sebagian besar hanya bermain di klub-klub semenjana.

Namun, ternyata ada pula beberapa pemain Asia yang pernah membela klub besar Serie A. Bahkan, ada yang berhasil meraih Scudetto atau trofi lain. Siapa saja para pemain tersebut? Ini dia ulasannya.

1. Hidetoshi Nakata (AS Roma)

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Besar ItaliaHidetoshi Nakata berseragam AS Roma (asroma.com)

Hidetoshi Nakata adalah mantan gelandang yang merupakan legenda sepak bola Jepang. Ia sudah bermain di Serie A sejak 1990-an, masa saat para pemain Asia masih kesulitan menembus Eropa. Nakata mengawali kariernya di Italia bersama Perugia, lalu pindah ke AS Roma pada tahun 2000.

Bersama Roma, Nakata mencatat sejarah sebagai pemain Asia pertama yang meraih Scudetto. Ia turut membawa Roma memenangi Serie A 2000/2001, gelar Scudetto ketiga bagi mereka. Sayangnya, Nakata membela Roma hanya 1,5 musim dengan total 40 penampilan dan torehan 6 gol di semua ajang.

Setelah itu Nakata sempat membela Parma dan meraih trofi Coppa Italia. Hal lain yang cukup disayangkan dari Nakata adalah kariernya berakhir begitu pendek. Ia memutuskan pensiun dini pada 2006 saat baru berusia 29 tahun.

2. Yuto Nagatomo (Inter Milan)

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Besar ItaliaYuto Nagatomo berseragam Inter Milan (skysports.com)

Yuto Nagatomo pernah berkarier cukup lama bersama klub besar Italia, yaitu Inter Milan. Bek sayap asal Jepang ini berseragam Inter pada 2011–2018. Ia menjadi andalan Inter sehingga bisa mencatat 209 penampilan di semua ajang bersama Nerazzurri.

Nagatomo juga berhasil menyumbang 11 gol dan 18 assists bagi Inter. Satu trofi pun berhasil didapatkannya, yaitu Coppa Italia 2010/2011. Saat ini Nagatomo sudah berusia 35 tahun, tetapi masih melanjutkan karier di negara kelahirannya.

Baca Juga: 7 Pemain Asia yang Berprestasi di Kompetisi Eropa pada 2021/2022

3. Keisuke Honda (AC Milan)

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Besar ItaliaKeisuke Honda berseragam AC Milan (skysports.com)

Masih ada lagi pemain Jepang yang pernah membela klub besar Serie A, yaitu Keisuke Honda. Honda merupakan gelandang yang pernah berbaju AC Milan pada 2014–2017. Ia cukup diandalkan di lini tengah Milan hingga tampil 91 kali di semua ajang dengan 11 gol dan 15 assists.

Satu trofi juga berhasil diraih Honda bersama Milan, yaitu Piala Super Italia 2016. Setelah meninggalkan Milan, Honda sempat bertualang membela banyak klub dari berbagai belahan dunia. Saat ini Honda yang sudah berusia 36 tahun sedang berstatus tanpa klub setelah terakhir bermain di Liga Lithuania.

4. Han Kwang Song (Juventus)

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Besar ItaliaHan Kwang Song berseragam Juventus (transfermarkt.com)

Selain para pemain Jepang, ternyata ada pula pemain asal Korea Utara yang pernah bermain di Serie A. Ia adalah Han Kwang Song, penyerang yang saat ini baru berusia 23 tahun. Han merupakan jebolan akademi Cagliari dan ia pernah membela Cagliari pada 2017–2020.

Setelah itu, secara mengejutkan Han sempat dibeli oleh Juventus pada 2020. Sayangnya, ia tak pernah tampil bersama tim senior Juve dan hanya sempat bermain bareng Juventus U-23. Saat ini, Han tengah berstatus tanpa klub sejak terakhir kali bermain di Liga Qatar bersama Al-Duhail pada 2020/2021.

5. Eldor Shomurodov (AS Roma)

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Besar ItaliaEldor Shomurodov (instagram.com/shomurodov.eldor)

Satu lagi pemain Asia yang pernah membela klub besar Italia adalah Eldor Shomurodov. Shomurodov merupakan striker asal Uzbekistan yang bermain di Serie A sejak 2020. Awalnya ia membela Genoa, lalu dibeli AS Roma pada awal musim 2021/2022.

Bersama Roma, Shomurodov ternyata cukup diandalkan. Ia bermain 39 kali di semua ajang pada 2021/2022 dan menyumbangkan 5 gol serta 6 assists. Shomurodov pun turut andil dalam kesuksesan Roma menjuarai Europa Conference League. Kemungkinan, Shomurodov masih akan lama membela Roma karena memiliki kontrak hingga 2026.

 

Lima pemain di atas pernah mengangkat nama Asia dengan membela klub besar Italia. Bahkan, hampir semuanya pernah meraih trofi bersama klub yang mereka bela. Apakah akan ada pemain Asia lain yang dipercaya mebela klub-klub besar Serie A?

Baca Juga: 6 Pemain FC Porto yang Bersinar pada 2021/2022, Ada Pemain Asia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya