6 Pemain Asia yang Terlama Bermain di Premier League, Termasuk Son

Ada yang sukses meraih banyak trofi!

Pemain Asia semakin lama semakin mendapat tempat di liga-liga sepak bola Eropa. Mereka tak lagi menjadi sekadar pelengkap, tetapi berhasil dipercaya menjadi pemain inti, bahkan pemain kunci karena performanya yang luar biasa. Tak terkecuali di Premier League Inggris, salah satu liga terbaik di Eropa.

Sejumlah pemain Asia bahkan pernah berkarier di Premier League hingga beberapa musim. Meskipun tidak semua di antara mereka berprestasi di Premier League, bisa berkarier cukup lama di liga yang sangat ketat ini tetaplah pencapaian luar biasa. Inilah 6 pemain Asia yang paling lama berkarier di Premier League.

6. Son Heung Min (6 musim sejauh ini)

6 Pemain Asia yang Terlama Bermain di Premier League, Termasuk Sonfootball.london

Mulai dari urutan keenam, ada Son Heung Min yang saat ini masih aktif bermain di Premier League. Ia sudah membela Tottenham Hotspur sejak 2015 sehingga musim ini adalah musim keenamnya. Per 25 April 2021, Son sudah bermain 192 kali di Premier League dengan catatan 68 gol dan 38 assist.

Statistik itu membuat Son menjadi pemain Asia dengan penampilan, sekaligus gol terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Karena masih terikat kontrak hingga 2023, kemungkinan besar ia masih akan terus menambah jumlah pertandingan serta golnya. Tak heran jika Son kerap disebut-sebut sebagai pemain Asia terbaik yang pernah berlaga di Premier League.

Baca Juga: Kisah Son Heung-Min, Putus Sekolah Demi Mengejar Karier di Eropa!

5. Sun Jihai (6 musim) 

6 Pemain Asia yang Terlama Bermain di Premier League, Termasuk Sondailystar.co.uk

Sun Jihai sudah lebih dulu berkarier selama 6 musim di Premier League. Bek asal Tiongkok ini menghabiskan keseluruhan 6 musim tersebut bersama Manchester City, tepatnya sejak 2002 hingga 2008. Ia juga pernah membela Crystal Palace dan Sheffield United, namun saat itu kedua klub tersebut bermain di kasta bawah Liga Inggris.

Situs resmi Premier League mencatat bahwa Sun bermain total 123 kali. Ia juga sukses mencetak 3 gol sehingga menjadi pemain Asia Timur pertama yang mencetak gol di Premier League. Sementara itu, secara keseluruhan, ia membela City dalam 151 laga di semua ajang. Sayangnya, Sun tak sempat mengantarkan City meraih trofi apa pun.

4. Lee Chung Yong (7 musim)

6 Pemain Asia yang Terlama Bermain di Premier League, Termasuk Songoal.com

Berikutnya ada Lee Chung-yong, winger asal Korea Selatan yang berkarier di Premier League selama 7 musim. Rinciannya adalah tiga musim bersama Bolton Wanderers sejak 2009 hingga 2012.

Lalu, ia empat musim berlaga bersama Crystal Palace sejak 2014 hingga 2018. Ia mencatat total 105 partai dengan sumbangan 8 gol dan 15 assist selama 7 musim tersebut.

3. Maya Yoshida (8 musim) 

6 Pemain Asia yang Terlama Bermain di Premier League, Termasuk Sontalksport.com

Jepang pun cukup sering menelurkan pemain yang berlaga di Premier League, salah satunya Maya Yoshida. Yoshida yang berposisi bek bermain di Premier League selama 8 musim sejak 2012 hingga 2020 dengan hanya membela satu klub, Southampton. Dengan demikian, ia masih tercatat sebagai pemain Asia yang paling lama membela sebuah klub Premier League.

Statistik Yoshida di Premier League adalah 154 pertandingan dengan sumbangan 6 gol. Sementara itu, di seluruh ajang bersama Soton, ia bermain total 194 kali. Catatan terbaik Southampton selama dibela Yoshida adalah mencapai final Piala Liga pada 2017.

2. Ki Sung Yueng (8 musim)

6 Pemain Asia yang Terlama Bermain di Premier League, Termasuk Sonteamtalk.com

Ki Sung Yueng adalah gelandang Korea Selatan yang juga menghabiskan 8 musim di Premier League. Ki total membela tiga klub Premier League, yaitu Swansea City, Sunderland, dan Newcastle United. Swansea menjadi klub yang paling lama ia bela, yaitu 6 musim sejak 2012 hingga 2018.

Selama di Premier League, Ki bermain 187 kali dan mencetak 15 gol serta 9 assist. Ia juga sukses meraih 1 trofi, yaitu Piala Liga 2012/2013. Bersama Sunderland pun ia sukses melaju ke final Piala Liga di musim berikutnya, namun kali ini ia gagal juara. Saat ini Ki masih aktif bermain di negara asalnya bersama FC Seoul.

1. Park Ji Sung (8 musim)

6 Pemain Asia yang Terlama Bermain di Premier League, Termasuk Sontherepublikofmancunia.com

Pemain yang satu ini pasti masih kamu ingat. Park Ji Sung memang bukan pemain Asia dengan jumlah penampilan atau gol terbanyak di Premier League, tetapi ia jelas adalah yang tersukses. Selama 7 musim membela Manchester United sejak 2005 hingga 2012, Park sukses mengangkat 13 trofi!

Itu mencakup 4 trofi Premier League, 1 Liga Champions, dan 1 Piala Dunia Antarklub. Lalu di musim 2012/2013 ia hengkang dan bermain untuk Queens Park Rangers selama semusim. Secara total, Park bermain sebanyak 154 dan mencetak 19 gol serta 21 assist. Kesuksesan Park di Premier League tampaknya akan sulit ditandingi oleh pemain Asia lain.

 

Itulah 6 pemain Asia yang paling lama berkarier di Premier League hingga saat ini. Sebagai pemain yang masih aktif, Son Heung Min punya peluang merebut status pemain yang terlama bermain di Premier League. Menurutmu, sanggupkah ia melakukannya?

Baca Juga: Kisah Park Ji-Sung, Gelandang dengan Tiga Paru-Paru

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya