Comscore Tracker

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier League

Ada yang membela MU, Arsenal, serta Liverpool!

Keberadaan pemain asal Asia di liga-liga top Eropa semakin diakui. Di era modern ini semakin banyak pemain Asia yang dipercaya bermain di liga top, bahkan membela klub besar pula. Begitu pula di Premier League Inggris.

Cukup banyak pemain Asia yang pernah berlaga di Premier League dengan membela klub besar anggota The Big Six. Siapa saja mereka dan bagaimana pencapaian mereka bersama klub-klub tersebut? Ini dia 11 pemain Asia yang pernah membela klub Big Six Premier League.

1. Park Ji Sung

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeaguePark Ji Sung (thetimes.co.uk)

Pertama tentu ada Park Ji Sung, pemain Asia tersukses yang pernah bermain di Premier League. Park Ji Sung membela Manchester United selama 7 musim dari 2005 hingga 2012 dan meraih 4 trofi Premier League. Gelandang asal Korea Selatan ini mencatat 133 penampilan di Premier League dan mencetak 20 gol serta 22 assists.

2. Dong Fangzhuo 

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeagueDong Fangzhuo (thesefootballtimes.co)

Sementara Dong Fangzhuo adalah striker asal Tiongkok yang pernah membela MU pada 2004 hingga 2008. Sayangnya Dong baru mendapat izin kerja di Inggris pada 2006, dan setelah itu pun ia sangat jarang mendapat kesempatan bermain untuk MU. Pada akhirnya Dong hanya mencatat 3 penampilan resmi untuk MU, satu di antaranya di Premier League.

3. Shinji Kagawa 

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeagueShinji Kagawa (planetfootball.com)

Manchester United juga pernah mendatangkan pemain asal Jepang yaitu Shinji Kagawa. Kagawa menjadi pemain MU pada 2012 hingga 2014. Di musim pertamanya ia tampil cukup impresif dan sukses membawa MU memenangi Premier League. Secara total, Kagawa bermain 38 kali di Premier League dan mencetak 6 gol serta 8 assists, plus mengangkat 2 trofi bersama MU.

4. Park Chu Young 

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeaguePark Chu Young (eurosport.com)

Sementara Arsenal pernah memiliki 3 pemain asal Asia yang sempat berlaga di Premier League. Yang pertama adalah Park Chu Young, striker Korea Selatan yang membela The Gunners pada 2011 hingga 2014. Park beberapa kali dipinjamkan ke klub lain selama periode tersebut dan total hanya bermain 7 kali di semua ajang dengan sumbangan 1 gol bagi Arsenal.

5. Li Ke 

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeagueLi Ke (arsenal.com)

Pemain kedua adalah Li Ke, yang juga membela Arsenal pada 2011 hingga 2014. Li Ke memiliki nama lain Nico Yennaris, dan ia adalah gelandang bertahan asal Tiongkok yang lahir di Inggris.

Sama seperti Park Chu Young, Li Ke juga jarang mendapat kesempatan di Arsenal, dan pada akhirnya hanya bermain 4 kali di semua ajang, 1 di antaranya di Premier League.

6. Ryo Miyaichi 

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeagueRyo Miyaichi (whatculture.com)

Ketiga ada Ryo Miyaichi, winger asal Jepang yang membela Arsenal sejak 2011 hingga 2015. Miyaichi juga lebih sering dipinjamkan ke klub lain sehingga hanya sempat bermain 7 kali bagi The Gunners di semua ajang, 1 di antaranya di Premier League. Ia juga gagal mencetak gol maupun assist selama berseragam Arsenal.

Baca Juga: 5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Ajang Premier League

7. Kazuyuki Toda  

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeagueKazuyuki Toda (90min.com)

Tottenham Hotspur sang tetangga Arsenal pun pernah dibela pemain asal Asia, salah satunya Kazuyuki Toda. Tepatnya Toda berseragam Spurs pada 2003, namun statusnya hanya pemain pinjaman dari Shimizu S-Pulse di Liga Jepang. Toda mencatat 4 penampilan bersama Spurs, semuanya di ajang Premier League.

8. Lee Young Pyo 

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeagueLee Young Pyo (ronaldo.com)

Ada pula Lee Young Pyo, bek asal Korea Selatan yang membela Tottenham pada 2005 hingga 2008. Lee sempat jadi andalan Spurs ketika itu, hingga ia dipercaya tampil 92 kali di semua ajang, dengan 69 di antaranya di ajang Premier League. Ia juga sempat meraih satu trofi yaitu Piala Liga musim 2007/08.

9. Son Heung Min 

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeagueSon Heung Min (bbc.co.uk)

Yang satu ini pasti kamu kenal. Son Heung Min pantas disebut pemain terbaik Asia saat ini karena pencapaiannya bersama Tottenham. Membela The Lilywhites sejak 2015, Son sudah bermain 196 kali di semua ajang dan mencetak 70 gol serta 43 assist, per 21 Mei 2021.

Dengan demikian, Son menjadi pemain Asia dengan penampilan sekaligus gol terbanyak di Premier League sepanjang masa. Meski belum pernah meraih trofi bersama Spurs, pencapaian tersebut membuat Son kerap dianggap pemain Asia terbaik yang pernah bermain di Premier League.

10. Sun Jihai 

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeagueSun Jihai (dailystar.co.uk)

Beralih ke Manchester City, ada satu nama pemain asal Asia yang pernah membela The Citizens. Ia adalah Sun Jihai, bek tengah asal Tiongkok yang bermain untuk City selama 6 musim dari 2002 hingga 2008. Sun bermain total 123 kali di Premier League dan mencetak 3 gol serta 1 assist.

11. Takumi Minamino 

11 Pemain Asia yang Pernah Membela Klub Big Six Premier LeagueTakumi Minamino (thisisanfield.com)

Satu lagi pemain Asia yang pernah membela klub Big Six dan berlaga di Premier League adalah Takumi Minamino. Gelandang asal Jepang ini masih berstatus pemain Liverpool tapi saat ini sedang dipinjamkan ke Southampton. Minamino sudah bermain 31 kali di semua ajang bagi The Reds dan mencetak 4 gol, serta turut mengangkat trofi Premier League musim lalu.


Itulah 11 pemain Asia yang pernah bermain di Premier League dengan membela klub-klub anggota Big Six. Gimana dengan klub idolamu? Apakah pernah memiliki pemain asal Asia?

Baca Juga: 6 Pemain Asia yang Terlama Bermain di Premier League, Termasuk Son

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya