Sebelum Tomiyasu, 5 Pemain Asia yang Pernah Bergabung dengan Arsenal

Semuanya terbilang gagal bersinar

Pada awal musim 2021/2022, Arsenal mendatangkan Takehiro Tomiyasu dari Bologna. Ternyata, pembelian Tomiyasu terbukti sebagai keputusan yang tepat bagi The Gunners. Sang pemain asal Jepang berhasil membuktikan kualitasnya dengan menjadi pilihan utama di pos bek kanan Arsenal.

Tomiyasu sendiri sebenarnya bukanlah pemain Asia pertama yang pernah didatangkan Arsenal. Sebelum Tomiyasu, ada lima pemain lain asal Asia yang lebih dulu berseragam The Gunners. Sayangnya, mereka semua terbilang gagal di Arsenal. Inilah para pemain tersebut.

1. Junichi Inamoto

Sebelum Tomiyasu, 5 Pemain Asia yang Pernah Bergabung dengan ArsenalJunichi Inamoto berseragam Arsenal (arsenal.com)

Pemain Asia pertama yang pernah berseragam Arsenal adalah Junichi Inamoto. Inamoto merupakan gelandang asal Jepang yang sempat dipinjam Arsenal dari Gamba Osaka pada musim 2001/2002. Sayangnya, Inamoto tak dapat banyak kesempatan bermain bareng Meriam London.

Inamoto tampil 2 kali di Liga Champions dan 2 kali di Piala Liga bersama Arsenal. Total menit bermainnya hanya 149 menit saja. Meski Inamoto sempat tampil apik di Piala Dunia 2002 bersama negaranya, Arsenal tetap tidak memperpanjang peminjamannya.

Setelah Arsenal, Inamoto sempat membela Fulham, West Bromwich Albion, dan Cardiff City. Ia juga pernah bermain di Jerman, Prancis, dan Turki. Inamoto kini sudah berusia 42 tahun tetapi masih aktif bermain di negaranya.

2. Li Ke

Sebelum Tomiyasu, 5 Pemain Asia yang Pernah Bergabung dengan ArsenalLi Ke berseragam Arsenal (skysports.com)

Pada tahun 2011, Arsenal sempat memiliki tiga pemain Asia sekaligus di skuad mereka. Yang pertama adalah Li Ke, pemain asal Tiongkok yang merupakan lulusan akademi Arsenal. Li Ke lahir di Inggris, sehingga ia memiliki nama lain yaitu Nicholas Harry Yennaris. Ia bisa bermain sebagai bek maupun gelandang bertahan.

Li Ke promosi ke tim senior Arsenal pada awal 2011/2012. Ia akhirnya bertahan di Arsenal hingga 2014, tetapi hanya tampil 4 kali di semua ajang dengan sumbangan 1 assist. Setelah meninggalkan Arsenal, Li Ke sempat membela Brentford selama enam musim dan mencatat lebih dari 150 penampilan bersama mereka.

Baca Juga: 7 Pemain Terakhir yang Pindah dari Arsenal ke Manchester City

3. Ryo Miyaichi

Sebelum Tomiyasu, 5 Pemain Asia yang Pernah Bergabung dengan ArsenalRyo Miyaichi berseragam Arsenal (skysports.com)

Ryo Miyaichi juga bergabung dengan Arsenal pada awal 2011/2012. Winger asal Jepang itu hampir selalu dipinjamkan Arsenal ke klub lain. Namun, ia juga sempat mencatat 7 penampilan bersama Arsenal, termasuk 1 laga di Premier League.

Miyaichi bertahan di Arsenal hingga 2015 sebelum akhirnya dilepas ke FC St. Pauli di divisi kedua Liga Jerman. Kini, ia sudah kembali ke negaranya dan membela Yokohama Marinos. Meski gagal bersinar bersama Arsenal, Miyaichi ternyata sempat turut mengangkat trofi Piala FA 2013/2014.

4. Park Chu Young

Sebelum Tomiyasu, 5 Pemain Asia yang Pernah Bergabung dengan ArsenalPark Chu Young berseragam Arsenal (skysports.com)

Berikutnya, ada Park Chu Young, striker asal Korea Selatan yang juga didatangkan Arsenal pada 2011. Saat itu, Park diboyong ke London usai tampil apik bersama AS Monaco di Liga Prancis. Namun, pada akhirnya nasib Park pun tak jauh beda dengan para pemain Asia lain yang dimiliki Arsenal.

Park berseragam Arsenal hingga 2014, tetapi hanya mencatat tujuh penampilan di semua ajang. Untungnya, ia sempat menghiasi penampilannya dengan satu gol bagi Arsenal. Kini, Park sudah berusia 36 tahun dan masih melanjutkan karier di negaranya.

5. Takuma Asano

Sebelum Tomiyasu, 5 Pemain Asia yang Pernah Bergabung dengan Arsenalpotret Takuma Asano saat diperkenalkan sebagai pemain Arsenal (skysports.com)

Satu lagi pemain Arsenal yang sempat bergabung dengan Arsenal sebelum Takehiro Tomiyasu adalah Takuma Asano. Asano merupakan penyerang asal Jepang yang didatangkan Arsenal pada 2016. Sayangnya, Asano justru bisa dibilang bernasib paling sial dibanding para pemain Asia lain di daftar ini.

Pasalnya, Asano tak sempat bermain satu kali pun bagi Arsenal. Ia menjadi pemain Arsenal hingga 2019, tetapi selalu dipinjamkan ke klub lain. Asano baru menunjukkan tajinya setelah pindah ke Partizan Belgrade di Liga Serbia. Saat ini, Asano tengah membela VfL Bochum di Bundesliga Jerman sejak musim 2021/2022.


Sebelum Takehiro Tomiyasu, ada lima pemain Asia yang sempat bergabung dengan Arsenal. Sayangnya, mereka semua gagal bersinar, bahkan ada yang tidak tampil sekali pun. Tomiyasu pun menjadi pemain Asia pertama yang sukses jadi andalan Arsenal. Bisakah ia kembali tampil apik musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Pakai Nomor Punggung 8 di Arsenal

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya