Comscore Tracker

5 Pemain Asia yang Pernah Bermain di 3 Liga Top Eropa, Petualang!

Bahkan ada yang meraih gelar juara

Bagi pemain sepak bola asal Asia, bermain di liga top Eropa adalah prestasi tersendiri. Persaingan di liga-liga top Eropa begitu ketat. Maka, pemain yang menembusnya tentu bukan pemain sembarangan.

Hebatnya, ada sejumlah pemain Asia yang pernah bermain tidak hanya di 1 liga, tetapi 3 liga Eropa. Selain jadi bukti kualitas, hal itu juga menunjukkan bahwa mereka berani menjajal tantangan baru di berbagai liga berbeda.

1. Junichi Inamoto

5 Pemain Asia yang Pernah Bermain di 3 Liga Top Eropa, Petualang!Junichi Inamoto berseragam Eintracht Frankfurt (skysports.com)

Junichi Inamoto mengawali kariernya di Eropa bersama Arsenal sebagai pinjaman dari Gamba Osaka pada 2001. Setelah itu, ia sempat membela Fulham dan West Bromwich Albion. Penampilan gelandang asal Jepang di Premier League ini mencapai 66 laga dengan 4 gol.

Selain di Premier League, Inamoto juga pernah bermain di Bundesliga Jerman bersama Eintracht Frankfurt. Ligue 1 Prancis pun sempat ia jajal bersama Stade Rennais.

Secara keseluruhan, Inamoto menghabiskan 9 tahun kariernya di Eropa. Ia akhirnya kembali bermain di Jepang pada 2010.

2. Ahn Jung Hwan

5 Pemain Asia yang Pernah Bermain di 3 Liga Top Eropa, Petualang!Ahn Jung Hwan berseragam FC Metz (fcmetz.com)

Ahn Jung Hwan adalah striker asal Korea Selatan yang pernah bermain di Serie A Italia bersama Perugia. Sayangnya, kariernya bersama Perugia berakhir secara kontroversial. Kontraknya dibatalkan Perugia pada 2002 setelah ia mencetak gol kemenangan Korea Selatan atas Italia di Piala Dunia 2002.

Ahn juga pernah membela FC Metz di Ligue 1 Prancis selama separuh musim pada 2005/2006. Lalu, paruh musim berikutnya ia habiskan di Bundesliga Jerman bersama MSV Duisburg. Selama berkarier di liga top Eropa, Ahn mencatat 58 penampilan dengan torehan 9 gol.

Baca Juga: 6 Pemain FC Porto yang Bersinar pada 2021/2022, Ada Pemain Asia

3. Park Chu Young

5 Pemain Asia yang Pernah Bermain di 3 Liga Top Eropa, Petualang!Park Chu Young berseragam Celta Vigo (marca.com)

Park Chu Young adalah striker yang berasal dari Korea Selatan. Ia mengawali kariernya di Eropa bersama AS Monaco di Prancis pada 2008–2011. Park cukup diandalkan Monaco dengan total 91 laga dan 25 gol di Ligue 1.

Arsenal pun kepincut dan memboyong Park pada 2011. Bersama Arsenal, Park hanya sempat bermain satu kali di Premier League.

Ia dua kali dipinjamkan Arsenal ke klub lain, termasuk ke Celta Vigo pada 2012/2013. Park pun sempat tampil 21 kali di LaLiga Spanyol dan mencetak 3 gol. Park meninggalkan Arsenal pada 2014 dan kariernya di Eropa berakhir.

4. Shinji Okazaki

5 Pemain Asia yang Pernah Bermain di 3 Liga Top Eropa, Petualang!Shinji Okazaki memenangi Premier League 2015/2016 bersama Leicester City. (lcfc.com)

Pemain Asia satu ini tak hanya pernah bermain di liga top Eropa, tetapi juga menjuarainya. Shinji Okazaki adalah anggota Leicester City yang membuat kejutan dengan memenangi Premier League 2015/2016.

Okazaki sendiri membela Leicester selama 4 musim. Ia meraih total 114 penampilan di Premier League.

Sebelum sukses di Inggris, Okazaki lebih dahulu bermain di Jerman. Ia membela VfB Stuttgart dan Mainz 05 dengan total 128 penampilan di Bundesliga. Okazaki juga pernah bermain 25 kali di LaLiga Spanyol bersama Huesca.

5. Yoshinori Muto

5 Pemain Asia yang Pernah Bermain di 3 Liga Top Eropa, Petualang!Yoshinori Muto berseragam Huesca (instagram.com/yoshinori_muto_09)

Satu lagi pemain Asia yang pernah bermain di tiga liga top Eropa, Yoshinori Muto. Seperti Okazaki, Muto pernah bermain di Jerman, Inggris, dan Spanyol.

Striker asal Jepang ini membela Mainz 05 pada 2015–2018 dengan 66 penampilan dan 20 gol di Bundesliga. Penampilan apiknya di Jerman membuat ia diboyong Newcastle United.

Ia bermain 25 kali dalam 2 musim di Premier League, lalu sempat dipinjamkan ke Eibar selama semusim. Bersama Eibar, Muto tampil 26 kali di LaLiga Spanyol. Sejak 2021, Muto sudah kembali ke Jepang dan membela Vissel Kobe.

Lima pemain Asia di atas pernah bermain di tiga liga Eropa. Hal itu membuktikan bahwa klub-klub di berbagai liga top Eropa makin menerima kehadiran para pemain Asia, bahkan terkadang menjadikan mereka andalan.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Menjadi Top Skor Celtic FC, Ada Pemain Asia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya