5 Pemain Asia yang Pernah Membela Real Mallorca, Diandalkan!

Ada yang masih berseragam Mallorca

LaLiga Spanyol termasuk liga top Eropa yang jarang disambangi pemain Asia. Jumlah pemain Asia yang pernah berkarier di sana terbilang sedikit. Sebagian besar klub Spanyol bahkan hanya pernah memiliki 1 atau 2 pemain Asia.

Pengecualian untuk Real Mallorca. Klub ini terbilang cukup sering memiliki pemain Asia, bahkan menjadikan mereka andalan.

Inilah lima pemain Asia yang pernah membela Real Mallorca.

1. Yoshito Okubo

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Real Mallorca, Diandalkan!Yoshito Okubo (twitter.com/RCD_Mallorca)

Pertama, ada Yoshito Okubo, striker asal Jepang. Okubo membela Mallorca selama 1,5 musim sebagai pinjaman dari klub Jepang, Cerezo Osaka. Meski singkat, Okubo mencatat cukup banyak penampilan bersama Mallorca, terutama sebagai pemain pengganti.

Okubo mencatat total 39 penampilan dan 5 gol bersama Mallorca di LaLiga. Selain di Spanyol, Okubo juga sempat bermain di Jerman bersama VfL Wolfsburg pada 2008/2009. Bahkan, ia turut memenangi trofi Bundesliga Jerman yang dimenangi Wolfsburg saat itu.

2. Akihiro Ienaga

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Real Mallorca, Diandalkan!Akihiro Ienaga (marca.com)

Pada 2010, Mallorca kembali mendatangkan pemain Jepang dari Cerezo Osaka. Ia adalah Akihiro Ienaga yang berposisi winger. Tak seperti Okubo, Ienaga diboyong Mallorca dengan status permanen. Ienaga membela Mallorca hingga 2014, tetapi sempat dipinjamkan kepada dua klub.

Secara keseluruhan, Ienaga bermain 27 kali bersama Mallorca. Itu termasuk 18 penampilan di LaLiga dengan 2 gol dan 1 assist. Setelah selesai membela Mallorca, Ienaga melanjutkan karier di Jepang hingga saat ini.

Baca Juga: Takefusa Kubo Buka Suara Soal Peluang Kembali ke Real Madrid

3. Takefusa Kubo

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Real Mallorca, Diandalkan!Takefusa Kubo (rcdmallorca.es)

Ada pula Takefusa Kubo, winger asal Jepang yang pernah dijuluki "Messi dari Jepang" saat bermain di akademi Barcelona. Talenta Kubo yang luar biasa membuatnya dibeli Real Madrid pada 2019. Sayangnya, Kubo tak dapat sekali pun kesempatan bermain dengan tim utama Los Blancos.

Selama membela Real Madrid, Kubo selalu dipinjamkan ke klub-klub lain. Salah satunya Mallorca, yang memanfaatkan jasanya pada 2019/2020 dan 2021/2022. Bersama Mallorca, Kubo jadi andalan di lini tengah meski masih sangat muda.

Kubo bermain 67 kali bagi Mallorca di semua ajang serta menyumbangkan 6 gol dan 8 assist. Sayangnya, Mallorca hanya bisa finis di papan bawah LaLiga selama dibela Kubo. Pada musim panas 2022, Kubo akhirnya dilepas Real Madrid dan kini membela Real Sociedad.

4. Ki Sung Yueng

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Real Mallorca, Diandalkan!Ki Sung Yueng (rcdmallorca.es)

Selain pemain Jepang, Mallorca juga pernah memiliki pemain asal Korea Selatan. Pertama adalah Ki Sung Yueng, gelandang yang lama berkarier di English Premier League. Ki bergabung dengan Mallorca pada Februari 2020 dengan kontrak hingga akhir musim 2019/2020.

Tak lama setelah itu, kompetisi dihentikan sementara karena pandemik COVID-19. Ki pun hanya sempat bermain sekali bagi Mallorca hingga akhir kontraknya. Saat ini, Ki Sung Yueng pun kembali ke negaranya dan melanjutkan karier bersama FC Seoul.

5. Lee Kang In

5 Pemain Asia yang Pernah Membela Real Mallorca, Diandalkan!Lee Kang In (instagram.com/kanginleeoficial)

Masih ada satu pemain Asia di Real Mallorca saat ini. Ia adalah Lee Kang In, gelandang serang yang juga berasal dari Korea Selatan. Lee bergabung dengan Mallorca pada 2021 setelah tampil impresif bersama Valencia.

Sejauh ini, Lee sukses jadi andalan Mallorca. Ia sudah tampil 55 kali di semua ajang serta menyumbang 3 gol dan 7 assist. Baru berusia 21 tahun, Lee masih punya banyak waktu untuk terus berkembang bersama Mallorca.

Tak banyak klub LaLiga Spanyol yang kerap mengandalkan pemain Asia. Real Mallorca adalah pengecualian, bahkan seolah jadi pembuka jalan bagi pemain Asia di LaLiga.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Manchester United yang Kini Berlaga di Liga Asia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya