4 Pemain Asia yang Pernah Menjadi Top Skor Liga Domestik Eropa

Tiga di antaranya pemain Iran

Kualitas sepak bola Asia makin lama makin berkembang. Jumlah pemain Asia yang bermain di liga-liga Eropa bisa dihitung dengan jari sebelumnya. Sekarang sudah ada banyak pemain Asia. Tak sekadar bermain, tetapi juga meraih prestasi di Eropa.

Salah satunya adalah prestasi individual berupa gelar top skor. Sejauh ini, setidaknya ada empat pemain Asia yang pernah menjadi top skor di liga-liga domestik Eropa. Jumlah tersebut kemungkinan bertambah pada 2022/2023 ini.

1. Alireza Jahanbakhsh (Eredivisie 2017/2018)

4 Pemain Asia yang Pernah Menjadi Top Skor Liga Domestik EropaAlireza Jahanbakhsh (instagram.com/alirezajb_official)

Pertama, ada Alireza Jahanbakhsh, pemain asal Iran yang berposisi winger atau gelandang serang. Jahanbakhsh pernah meraih gelar top skor Eredivisie Belanda 2017/2018. Saat itu, ia mencetak 21 gol di Eredivisie bagi AZ Alkmaar.

Kontribusi Jahanbakhsh membuat AZ Alkmaar mengakhiri musim tersebut di posisi ketiga Eredivisie. Sayangnya, ketajaman Jahanbakhsh mulai menurun setelah meninggalkan Alkmaar.

Saat ini, Jahanbakhsh membela Feyenoord. Ia membela mereka sejak 2021/2022 dengan koleksi sementara sebelas gol.

2. Mehdi Taremi (Primeira Liga Portugal 2019/2020)

4 Pemain Asia yang Pernah Menjadi Top Skor Liga Domestik EropaMehdi Taremi berseragam Rio Ave. (instagram.com/mehditaremiofficial9)

Pada 2019/2020, ada dua pemain Asia yang menjadi top skor liga domestik Eropa. Keduanya sama-sama berasal dari Iran. Pertama adalah Mehdi Taremi.

Taremi menjadi top skor Primeira Liga Portugal 2019/2020 berkat torehan 18 gol bersama Rio Ave. Padahal, Rio Ave hanyalah klub semenjana Portugal.

Ketajaman Taremi membuatnya langsung direkrut FC Porto. Ia berhasil mempertahankan ketajaman setelah pindah, sehingga kini menjadi pencetak gol andalan Porto.

Pada 2022/2023 ini, Taremi bahkan berpeluang meraih gelar top skor Liga Portugal untuk kedua kali. Ia sudah mencetak 10 gol di liga setelah 17 pekan. Jumlah gol Taremi masih tertinggal dari dua pemain lain, tetapi tidak terpaut jauh.

Baca Juga: 5 Pemain Asia yang Pernah Membela Real Mallorca, Diandalkan!

3. Sardar Azmoun (Russian Premier League 2019/2020)

4 Pemain Asia yang Pernah Menjadi Top Skor Liga Domestik EropaSardar Azmoun berseragam Zenit Saint Petersburg. (instagram.com/sardar_azmoun)

Sardar Azmoun juga menjadi top scorer pada 2019/2020. Ia mencetak gol terbanyak di Russian Premier League, yaitu 17 gol bersama Zenit Saint Petersburg. Zenit juga sukses jadi juara liga pada musim tersebut.

Azmoun kemudian bertahan di Zenit hingga awal 2022. Setelah itu, ia pindah ke Bayer Leverkusen, tetapi kesulitan menemukan kembali ketajamannya. Sejauh ini, Azmoun baru mencetak 1 gol dalam 18 penampilan bersama Leverkusen.

4. Son Heung Min (English Premier League 2021/2022)

4 Pemain Asia yang Pernah Menjadi Top Skor Liga Domestik EropaSon Heung Min (instagram.com/hm_son7)

Pada 2021/2022, akhirnya ada pemain Asia yang menjadi top skor di liga top Eropa. Ia adalah Son Heung Min, pemain andalan Tottenham Hotspur. Son subur di EPL 2021/2022 dengan catatan 23 gol, tanpa 1 pun berasal dari titik penalti.

Ketajaman Son sendiri sudah tampak sejak musim-musim sebelumnya. Ia selalu mencetak minimal 18 gol semusim di semua ajang sejak 2016/2017. Khusus di EPL, Son punya rekor gol terbanyak sebagai pemain Asia dengan 97 gol sejauh ini.

5. Kyogo Furuhashi bisa menyusul mereka musim ini

4 Pemain Asia yang Pernah Menjadi Top Skor Liga Domestik EropaKyogo Furuhashi (instagram.com/kyogo_furuhashi)

Jumlah pemain Asia yang menjadi top skor liga Eropa bisa bertambah musim ini. Kyogo Furuhashi, striker Jepang yang sedang membela Celtic FC, bisa menjadi yang berikutnya. Furuhashi sedang memimpin daftar top skor Scottish Premiership 2022/2023 dengan 19 gol.

Padahal, Furuhashi baru mulai bermain di Eropa sejak musim lalu. Pada musim pertamanya di Celtic, Furuhashi membuat 20 gol di semua ajang. Musim ini, jumlahnya sudah meningkat jadi 22 gol. Ia bisa menjadi striker andalan Jepang pada masa depan.

Makin banyak pemain tajam asal Asia yang bermunculan di liga-liga Eropa. Kehadiran mereka bisa jadi pertanda bahwa masa depan sepak bola Asia bakal cerah.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Manchester United yang Kini Berlaga di Liga Asia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya