Comscore Tracker

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Bayer Leverkusen

Ada yang berasal dari Asia!

Bayer Leverkusen adalah salah satu klub Bundesliga Jerman yang cukup disegani. Leverkusen memang tak pernah menjuarai Bundesliga atau Liga Champions, tetapi mereka konsisten bertahan di Bundesliga sejak 1979. Leverkusen juga sering bersaing di papan atas dan memiliki dua trofi mayor.

Sebagian besar pemain kunci Leverkusen dalam sejarah mereka tentu berasal dari Jerman. Namun, ada pula sejumlah pemain asing yang berjasa membuat Leverkusen disegani. Lima pemain asing berikut ini adalah pengoleksi gol terbanyak bagi Bayer Leverkusen sejauh ini.

1. Dimitar Berbatov (91 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Bayer LeverkusenDimitar Berbatov (bayer04.de)

Dimitar Berbatov adalah pemain asing tertajam dalam sejarah Bayer Leverkusen. Mantan striker asal Bulgaria ini mengawali kariernya bersama CSKA Sofia, sebelum hijrah ke Leverkusen pada 2001.

Berbatov sukses menjelma jadi andalan Leverkusen hingga mencetak 91 gol dalam 202 penampilan. Sayangnya, Berba tak berhasil meraih trofi bersama Leverkusen.

Leverkusen sempat nyaris meraih treble winners pada musim 2001/2002, tetapi akhirnya hanya jadi runner-up di tiga ajang. Berbatov meninggalkan Leverkusen pada 2006, dan akhirnya meraih trofi bergengsi saat bermain di Premier League Inggris.

2. Paulo Sergio (64 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Bayer LeverkusenPaulo Sergio (twitter.com/bayer04fussball)

Sebelum kedatangan Berbatov, pemain asing dengan gol terbanyak bagi Bayer Leverkusen adalah Paulo Sergio. Sergio adalah striker asal Brasil yang berseragam Leverkusen pada 1993–1997. Meski kalah populer dibanding bintang Brasil lain, Sergio termasuk skuad Timnas Brasil yang memenangi Piala Dunia 1994.

Karier Sergio bersama Leverkusen sendiri dihiasi dengan torehan 64 gol dalam 150 pertandingan. Namun, ia pun tak berhasil memenangi trofi bersama Leverkusen. Belakangan, saat membela Bayern Munich, Paulo Sergio sukses mengangkat tujuh trofi bersama Die Roten.

Baca Juga: Minim Trofi, 5 Pemain Aktif Ini Tetap Setia Bela Bayer Leverkusen

3. Cha Bum Kun (63 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Bayer LeverkusenCha Bum Kun (twitter.com/bayer04_en)

Pemain asing tertajam dalam sejarah Bayer Leverkusen ternyata juga mencakup pemain Asia. Ia adalah Cha Bum Kun, striker legendaris Korea Selatan yang berkarier pada 1976–1989.

Sebelas tahun karier Cha sempat dihabiskan di Bundesliga Jerman bersama tiga klub, termasuk bersama Bayer Leverkusen. Cha membela Leverkusen pada 1983–1989, dengan catatan 63 gol dalam 215 laga di semua ajang.

Satu trofi pun berhasil ia raih bersama Leverkusen, yaitu Piala UEFA 1987/1988. Hingga kini, Cha masih dianggap salah satu pemain Asia terbaik sekaligus tersukses yang pernah bermain di Eropa.

4. Lucas Alario (58 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Bayer LeverkusenLucas Alario (bayer04.de)

Berikutnya, ada Lucas Alario, striker Argentina yang baru saja meninggalkan Bayer Leverkusen pada musim panas 2022. Sebelumnya, Alario membela Leverkusen sejak 2017, setelah diboyong dari River Plate. Ia konsisten mencetak dua digit gol semusim bagi Leverkusen, kecuali pada musim terakhirnya.

Secara total, Alario membuat 58 gol dalam 164 penampilan bersama Leverkusen. Kini, Alario sudah pindah ke sesama klub Bundesliga, Eintracht Frankfurt. Namun, sejauh ini ia baru membuat satu gol bagi klub barunya tersebut.

5. Arne Okland (47 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Bayer LeverkusenArne Okland (twitter.com/bayer04_en)

Pemain kelima berasal dari Norwegia, yaitu Arne Larsen Okland. Karier Okland sebagai pemain sepak bola terbilang singkat, yaitu 11 tahun saja. Namun, catatan golnya cukup apik, termasuk ketika membela Bayer Leverkusen selama tiga musim pada 1980–1983.

Okland selalu jadi top skor Leverkusen selama tiga musim tersebut. Secara total, ia bermain 110 kali dan mencetak 47 gol. Namun, prestasi Leverkusen saat itu terbilang buruk sehingga nama Okland pun tak populer meski tajam.

 

Saat ini, pemain asing Bayer Leverkusen yang paling mendekati torehan gol lima pemain di atas adalah Patrik Schick. Bomber asal Republik Ceko tersebut telah membuat empat puluh gol bagi Leverkusen. Akankah nama Schick masuk ke daftar di atas dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Pemain yang Didatangkan Bayer Leverkusen dari Klub Besar EPL

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya