5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak Bersama AS Roma, Ada Dzeko

Hampir semuanya berhasil meraih trofi

AS Roma adalah klub Italia yang sejarahnya sangat lekat dengan pemain lokal. Francesco Totti yang merupakan pemain dengan penampilan dan gol terbanyak AS Roma bahkan lahir di Roma. Sebagian besar pemain yang mencatat penampilan terbanyak bagi Roma juga berasal dari Italia.

Meski demikian, ada banyak pula pemain asing yang pernah jadi andalan AS Roma. Mereka mencatat menjalani ratusan penampilan dan membawa Serigala Ibukota meraih trofi.

1. Aldair (436 penampilan)

5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak Bersama AS Roma, Ada DzekoAldair (asroma.com)

Pemain asing dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah AS Roma adalah Aldair. Pria bernama lengkap Aldair Nascimento dos Santos ini adalah bek tengah asal Brasil yang membela AS Roma pada 1990–2003. Selama 13 tahun, Aldair mengoleksi 436 penampilan di semua ajang bersama Giallorossi.

Aldair berhasil meraih trofi Coppa Italia pada musim pertamanya di AS Roma. Ia juga merupakan bagian skuad AS Roma yang meraih scudetto 2000/2001.

Bersama Timnas Brasil pun Aldair adalah pemain yang diandalkan. Bahkan, ia turut membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 1994.

2. Rodrigo Taddei (296 penampilan)

5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak Bersama AS Roma, Ada DzekoRodrigo Taddei (asroma.com)

Pemain satu ini juga berasal dari Brasil. Rodrigo Taddei adalah mantan pemain yang bisa berposisi bek atau winger.

Taddei membel Roma pada 2005–2014 dan mencatat 296 penampilan di semua ajang. Ia berhasil menyumbangkan 31 gol bagi Roma.

Soal trofi, Taddei berhasil meraih 2 Coppa Italia dan 1 Piala Super Italia. AS Roma gagal menjuarai Serie A bersama Taddei, tetapi berhasil finis sebagai runner-up sebanyak lima kali. Sayangnya, Taddei tak pernah mendapat panggilan membela Timnas Brasil selama berkarier.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 9 Inter Milan sebelum Edin Dzeko

3. Vincent Candela (289 penampilan)

5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak Bersama AS Roma, Ada DzekoVincent Candela (asroma.com)

Berikutnya, ada Vincent Candela, mantan pemain asal Prancis yang berposisi bek sayap. AS Roma adalah klub terlama yang dibela Candela sepanjang kariernya. Ia membela Roma pada 1997–2005 dan bermain 289 kali di semua ajang.

Candela termasuk bagian skuad AS Roma yang menjuarai Serie A 2000/2001. Selain membela AS Roma, Candela hanya pernah membela klub-klub semenjana sepanjang kariernya. Sementara, karier Candela bersama Timnas Prancis sempat dihiasi trofi Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

4. Philippe Mexes (267 penampilan)

5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak Bersama AS Roma, Ada DzekoPhilippe Mexes (asroma.com)

Philippe Mexes juga adalah bek yang berasal dari Prancis. Mexes membela AS Roma pada 2004–2011.

Mexes melakoni 267 laga di semua kompetisi. Ia berhasil mencetak lima belas gol sehingga menjadi salah satu bek tengah tertajam yang pernah berseragam AS Roma.

Trofi yang diraih Mexes selama membela AS Roma adalah Coppa Italia 2006/2007 dan 2007/2008. Setelah meninggalkan AS Roma, ia sempat membela AC Milan dan menjadi andalan di sana. Sayangnya, meski jadi andalan di level klub, Mexes justru tidak terlalu banyak bermain bersama Timnas Prancis.

5. Edin Dzeko (260 penampilan)

5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak Bersama AS Roma, Ada DzekoEdin Dzeko (instagram.com/edindzeko)

Pemain asing dengan penampilan terbanyak kelima bagi AS Roma adalah Edin Dzeko. Striker asal Bosnia ini mengoleksi 260 penampilan di semua ajang selama membela Roma pada 2015–2021. Total gol Dzeko bagi Giallorossi mencapai 119 gol.

Jumlah itu membuat Dzeko tercatat sebagai top skor sepanjang masa ketiga dalam sejarah AS Roma, sekaligus yang tertajam di antara para pemain asing. Sayangnya, karier Dzeko di AS Roma tak berbuah trofi apa pun. Namun, ia pernah merebut gelar top skor Serie A 2016/2017.

Lima pemain asing di atas punya andil besar dalam sejarah perjalanan AS Roma. Adakah pemain asing lain yang bisa menyusul mereka dengan menorehkan ratusan penampilan bersama klub ibukota Italia tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela AS Roma dan Inter Milan, Dzeko Terbaru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya