5 Pemain Asing dengan Torehan Gol Terbanyak bagi Borussia Dortmund

Ada Erling Haaland

Sejak mulai berdiri pada tahun 1909, sejarah Borussia Dortmund tentu lebih banyak diwarnai para pemain Jerman. Tak heran daftar pencetak gol terbanyak Dortmund dikuasai pemain lokal. Pemimpin daftar tersebut adalah Alfred Preissler, striker Jerman yang mencetak total 174 gol bagi Dortmund.

Pada era yang lebih modern, Dortmund mulai sering mengandalkan bomber asing untuk mendulang gol. Banyak dari mereka berhasil tampil tajam dan membawa kesuksesan bagi Dortmund. Inilah lima pemain asing yang paling banyak menciptakan gol bersama Borussia Dortmund.

1. Pierre-Emerick Aubameyang (141 gol)

5 Pemain Asing dengan Torehan Gol Terbanyak bagi Borussia DortmundPierre-Emerick Aubameyang menjadi top skor Bundesliga 2016/2017. (instagram.com/auba)

Pemain asing dengan gol terbanyak bagi Borussia Dortmund ternyata berasal dari Afrika. Ia adalah Pierre-Emerick Aubameyang, striker asal Gabon yang membela Dortmund pada 2013–2018. Selama 4,5 musim berseragam Dortmund, Aubameyang sukses menciptakan 141 gol dalam 212 penampilan di semua ajang.

Ketajaman Aubameyang berbuah 1 trofi DFB-Pokal dan 2 Piala Super Jerman bagi Dortmund. Bagi Aubameyang, gelar top skor Bundesliga sempat diraihnya pada musim 2016/2017. Ia juga pernah dinobatkan jadi pemain terbaik Bundesliga pada musim 2015/2016.

2. Stephane Chapuisat (123 gol)

5 Pemain Asing dengan Torehan Gol Terbanyak bagi Borussia DortmundStephane Chapuisat (bvb.de)

Posisi kedua ditempati Stephane Chapuisat, mantan striker asal Swiss. Chapuisat berseragam Dortmund pada 1991–1999 dan mencetak total 123 gol di semua ajang. Ia juga sukses membawa Dortmund memenangi 6 trofi, termasuk 2 trofi Bundesliga dan 1 Liga Champions.

Trofi Liga Champions yang dimenangi musim 1996/1997 itu pun menjadi satu-satunya trofi Liga Champions milik Dortmund hingga kini. Bagi Chapuisat, ia menjadi pemain Swiss pertama yang memenangi Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Diboyong dari Klub Semenjana

3. Robert Lewandowski (103 gol)

5 Pemain Asing dengan Torehan Gol Terbanyak bagi Borussia DortmundRobert Lewandowski (bvb.de)

Sebelum menjadi bomber andalan Bayern Munich, Robert Lewandowski lebih dulu menunjukkan ketajamannya bersama Borussia Dortmund. Lewandowski membela Dortmund pada 2010–2014. Selama empat musim, striker asal Polandia ini menorehkan 103 gol dalam 187 laga bersama Dortmund.

Lewandowski juga berhasil membawa Dortmund memenangi 4 trofi, termasuk 2 trofi Bundesliga. Gelar top skor Bundesliga musim 2013/2014 pun berhasil diraihnya bersama Dortmund. Setelah hijrah ke Bayern Munich, Lewandowski menjelma pemain asing tertajam sepanjang masa bagi Bayern.

4. Erling Haaland (86 gol)

5 Pemain Asing dengan Torehan Gol Terbanyak bagi Borussia DortmundErling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Erling Braut Haaland memang hanya menempati posisi keempat pemain asing tertajam Borrusia Dortmund. Namun, Haaland sebenarnya punya rata-rata gol terhebat di antara semua pemain di daftar ini. Selama 2,5 musim membela Dortmund, Haaland bermain 89 kali di semua ajang dan mencetak 86 gol.

Artinya, rata-rata gol Haaland bersama Dortmund mencapai 0,97 gol per laga! Sebenarnya Haaland punya peluang besar menyalip torehan tiga pemain di atas. Sayangnya, ia tak lama membela Dortmund dan kini sudah pindah ke Manchester City. Bisakah ia mempertahankan ketajamannya bersama City?

5. Jan Koller (79 gol)

5 Pemain Asing dengan Torehan Gol Terbanyak bagi Borussia DortmundJan Koller (as.com)

Pemain yang menempati posisi kelima daftar ini adalah Jan Koller. Koller merupakan striker tinggi besar asal Republik Ceko yang membela Dortmund pada 2001–2006. Selama 5 tahun ia mencatat 79 gol dalam 184 penampilan di semua kompetisi.

Ketajaman Koller sempat membuatnya menjadi top skor Dortmund tiga kali. Ia juga berhasil meraih trofi Bundesliga pada musim pertamanya membela Dortmund. Sayangnya, setelah itu ia tak berhasil menambah koleksi trofi bersama Dortmund.

 

Pada musim panas 2022, Borussia Dortmund mendatangkan striker asing yang berpotensi tampil tajam bersama mereka, yaitu Sebastien Haller. Ketajaman Haller telah terbukti selama ia membela Ajax Amsterdam. Bisakah Haller mencetak banyak gol bagi Dortmund seperti lima pemain di atas?

Baca Juga: Karier Unik Jan Koller, Striker Tajam yang Jadi Kiper Dadakan Terbaik

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya