Selain Messi, 5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di Barcelona

Hanya satu yang masih membela Barcelona

Lionel Messi adalah salah satu legenda terbesar Barcelona. Pemain asal Argentina tersebut merupakan pemegang sejumlah rekor sepanjang sejarah Barca. Salah satunya adalah rekor penampilan terbanyak bagi Barcelona di semua ajang dengan total 778 laga pada periode 2004–2021.

Tak hanya Messi, sejarah panjang Barcelona tentu juga dihiasi sejumlah pemain dari luar Spanyol. Banyak di antara mereka pun menjadi andalan hingga tampil ratusan kali bersama Barca. Inilah lima nama di antaranya yang mencatat penampilan terbanyak di bawah Lionel Messi.

1. Dani Alves (408 penampilan)

Selain Messi, 5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di BarcelonaDani Alves (instagram.com/danialves)

Dani Alves adalah pemain asing dengan jumlah penampilan terbanyak bagi Barcelona setelah Messi. Bek kanan asal Brasil ini membela Barca dalam dua periode berbeda. Pertama, Alves bermain pada 2008–2016 dan mencatat 391 penampilan di semua ajang. Selama itu, ia turut memenangi 23 trofi mayor bersama Barca.

Alves lalu sempat hengkang dari Barca dan membela beberapa klub. Namun, ia kembali pada pertengahan hingga akhir musim 2021/2022. Sebanyak 17 partai tambahan ia mainkan sehingga mencapai total 408 penampilan bersama Barca. Kini, pemain berusia 39 tahun itu sudah meninggalkan Barca untuk kedua kalinya.

2. Javier Mascherano (336 penampilan)

Selain Messi, 5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di BarcelonaJavier Mascherano (instagram.com/mascherano14)

Nama berikutnya juga berasal dari Amerika Latin. Javier Mascherano adalah mantan pemain asal Argentina yang bisa berposisi gelandang atau bek. Mascherano berseragam Barcelona selama 7,5 musim pada 2010–2018. Selama itu, Mascherano sangat diandalkan Barca hingga mencatat 336 penampilan di semua ajang.

Karier Mascherano di Barcelona juga bergelimang trofi. Ia meraih tak kurang dari 19 trofi bersama Barca, termasuk 5 trofi LaLiga dan 2 Liga Champions. Mascherano memutuskan pensiun sebagai pemain pada 2020 dan kini menjabat sebagai pelatih Timnas Argentina U-20.

Baca Juga: Menilik Perjalanan Karier Javier Mascherano Usai Resmi Gantung Sepatu 

3. Marc-Andre ter Stegen (327 penampilan)

Selain Messi, 5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di BarcelonaMarc-Andre ter Stegen (instagram.com/mterstegen1)

Marc-Andre ter Stegen adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang masih aktif membela Barcelona. Ter Stegen bergabung dengan Barcelona pada 2014. Awalnya, ia masih jadi kiper pilihan kedua Barca setelah Claudio Bravo. Namun, Bravo kemudian hengkang pada 2016 sehingga Ter Stegen pun menjadi kiper utama.

Sejak itu, posisi Ter Stegen di bawah mistar Barcelona tak tergoyahkan. Sejauh ini kiper asal Jerman ini telah bermain 327 kali di semua ajang dan meraih 13 trofi. Karena masih berkostum Barcelona, jumlah penampilan serta trofi Ter Stegen bersama Barca tentu masih bisa terus bertambah.

4. Ivan Rakitic (311 penampilan)

Selain Messi, 5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di BarcelonaIvan Rakitic (instagram.com/ivanrakitic)

Berikutnya ada Ivan Rakitic, gelandang asal Kroasia yang berkostum Barcelona pada 2014–2020. Hebatnya, selama 6 musim tersebut Rakitic bisa mencatat 311 penampilan bersama Barca di semua ajang. Artinya, rata-rata ia tampil lebih dari lima puluh kali per musim.

Sayangnya, jumlah penampilan Rakitic mulai menurun pada musim 2019/2020 setelah kedatangan Frenkie de Jong. Sudah begitu, ia tak masuk skema pelatih Ronald Koeman yang menangani Barca mulai musim 2020/2021. Rakitic pun memutuskan untuk kembali ke klub lamanya, Sevilla.

5. Phillip Cocu (297 penampilan) 

Selain Messi, 5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di BarcelonaPhillip Cocu (fcbarcelona.com)

Posisi kelima daftar ini ditempati Phillip Cocu, mantan gelandang asal Belanda. Cocu membela Barcelona pada 1998–2004. Selama itu ia sempat main bareng sejumlah legenda Barca, seperti Rivaldo, Pep Guardiola, Luis Enrique, Ronaldinho, dan Xavi Hernandez.

Meski harus bersaing memperebutkan tempat inti bersama para pemain top, nyatanya Cocu cukup diandalkan Barcelona. Total 297 penampilan ia mainkan di semua ajang. Sayangnya, Cocu membela Barca pada periode mereka sedang seret trofi. Alhasil, hanya trofi LaLiga 1998/1999 yang ia raih selama membela Barca.

 

Tak hanya Lionel Messi, lima pemain asing di atas juga mencatat banyak penampilan bersama Barcelona. Kini, yang paling berpeluang mengejar rekor Messi adalah Marc-Andre ter Stegen karena hanya ia yang masih aktif membela Barca. Mungkinkah Ter Stegen bisa melakukannya sebelum pensiun?

Baca Juga: 13 Fakta Franck Kessie, Gelandang Anyar Barcelona yang Baru Direkrut

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya