5 Pemain Asing Tottenham Hotspur dengan Penampilan Terbanyak

Ada Son Heung Min!

Tottenham Hotspur memiliki banyak pemain legendaris yang berasal dari Inggris. Misalnya Jimmy Greaves, striker yang merupakan top skor sepanjang masa divisi utama Liga Inggris. Pada era modern pun Tottenham memiliki penggawa lokal andalan, salah satunya Harry Kane.

Namun, banyak pula pemain dari luar Britania Raya yang mewarnai sejarah panjang Tottenham. Mereka menjadi pemain andalan Tottenham, bahkan mencatat ratusan penampilan. Inilah lima pemain asing yang paling banyak tampil bersama Tottenham Hotspur sejauh ini.

1. Hugo Lloris (416 penampilan)

5 Pemain Asing Tottenham Hotspur dengan Penampilan TerbanyakHugo Lloris (tottenhamhotspur.com)

Hugo Lloris adalah pemain non-Britania Raya dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah Tottenham Hotspur. Penjaga gawang asal Prancis ini sudah membela Spurs selama 1 dekade, alias sejak 2012.

Sejauh ini, Lloris selalu menjadi kiper utama Spurs, hingga mencatat 416 penampilan di semua ajang. Karena loyalitas dan kualitasnya, Lloris pun dipercaya menjabat sebagai kapten Tottenham sejak 2015.

Sejauh ini, Lloris memang belum bisa membawa Spurs meraih trofi. Namun, ia masih berpeluang melakukannya, karena masih memiliki kontrak hingga 2024.

2. Son Heung Min (324 penampilan)

5 Pemain Asing Tottenham Hotspur dengan Penampilan TerbanyakSon Heung Min (instagram.com/hm_son7)

Son Heung Min kini layak disebut sebagai legenda Tottenham Hotspur. Penyerang asal Korea Selatan ini sudah menembus 300 penampilan bersama Spurs, tepatnya 324 penampilan sejauh ini. Sementara catatan golnya sudah mencapai 131 buah.

Dengan demikian, Son menjadi pemain Asia dengan penampilan dan gol terbanyak sepanjang sejarah Tottenham. Karena masih aktif bermain, jumlah tersebut pun masih bisa terus bertambah. Meski belum membawa Spurs meraih trofi, Son sudah meraih prestasi hebat musim 2021/2022 lalu yaitu menjadi top skor Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Tottenham Sebelum Son yang Menjadi Top Scorer Liga Inggris

3. Jan Vertonghen (315 penampilan)

5 Pemain Asing Tottenham Hotspur dengan Penampilan TerbanyakJan Vertonghen (instagram.com/jvertonghen)

Sementara, pemain yang satu ini sudah hengkang dari Tottenham. Jan Vertonghen adalah bek asal Belgia yang berseragam Tottenham pada 2012–2020. Selama 8 musim, Vertonghen hampir selalu jadi andalan di lini belakang Tottenham, hingga mencatat 315 penampilan di semua ajang.

Sebanyak empat belas gol juga disumbangkan Vertonghen bagi Tottenham. Pada 2020, Vertonghen akhirnya hengkang karena kontraknya tak diperpanjang. Ia pun hijrah ke Portugal dan membela Benfica hingga kini.

4. Ossie Ardiles (311 penampilan)

5 Pemain Asing Tottenham Hotspur dengan Penampilan TerbanyakOssie Ardiles (tottenhamhotspur.com)

Berikutnya, ada Osvaldo Ardiles atau kerap disapa Ossie Ardiles. Ardiles adalah mantan gelandang asal Argentina yang membela Totteham Hotspur pada 1978–1988. Selama sedekade, Ardiles sukses jadi andalan Spurs hingga mencatat total 311 penampilan dan 25 gol di semua ajang.

Ardiles juga sempat meraih 4 trofi bersama Tottenham, termasuk 2 Piala FA dan 1 Piala UEFA. Karier Ardiles bahkan sempat dihiasi trofi Piala Dunia, yang ia raih bersama Timnas Argentina pada 1978. Setelah pensiun, Ardiles juga sempat menjadi pelatih Tottenham selama setahun meski tanpa prestasi berarti.

5. Christian Eriksen (305 penampilan)

5 Pemain Asing Tottenham Hotspur dengan Penampilan TerbanyakChristian Eriksen (instagram.com/chriseriksen8)

Pemain asing dengan penampilan terbanyak kelima bagi Tottenham Hotspur adalah Christian Eriksen. Eriksen membela Tottenham pada 2013–2020 dan sukses mencatat 305 penampilan di semua ajang. Gelandang asal Denmark ini juga menorehkan 69 gol serta 90 assists bagi The Lilywhites.

Eriksen memang gagal membawa Tottenham meraih trofi. Namun, ia sendiri berhasil meraih penghargaan individual bergengsi, yaitu pemain terbaik Tottenham pada 2013/2014 dan 2016/2017. Saat ini, Eriksen masih melanjutkan karier bersama salah satu klub terbesar Inggris yaitu Manchester United.

 

Tak hanya pemain lokal, Tottenham Hotspur juga mengandalkan banyak pemain dari luar Britania Raya, termasuk lima pemain di atas. Sayangnya, sebagian besar dari mereka gagal meraih trofi bersama Tottenham. Apakah Tottenham akhirnya bisa mengakhiri puasa trofi dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Tottenham Hotspur yang Mengenakan Nomor Punggung 9

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya