5 Pemain Aston Villa yang Sukses Setelah Pindah ke Klub Besar

Bisakah Jack Grealish sukses seperti mereka?

Seorang pemain sepak bola umumnya memiliki mimpi untuk bisa membela klub besar. Seringkali mereka memulai karier di klub semenjana, tapi seraya performanya meningkat, mereka hengkang ke klub besar demi meningkatkan kariernya. Hal itu dialami pemain dari banyak klub, salah satunya Aston Villa.

Belum lama ini, Jack Grealish jadi pemain terbaru Aston Villa yang diboyong klub besar, yaitu Manchester City. Grealish tentu bukan nama pertama, karena di era modern ini Villa sudah beberapa kali kehilangan pemain pentingnya ke klub top. Inilah 5 di antaranya yang cukup sukses bersama klub barunya, bahkan turut meraih trofi.

1. Ashley Young

5 Pemain Aston Villa yang Sukses Setelah Pindah ke Klub BesarAshley Young (irishmirror.ie)

Ashley Young membela Aston Villa pada 2007 hingga 2011. Selama 4 musim, pemain berposisi winger ini tampil luar biasa bagi Villa sehingga membuat Manchester United kepincut dan memboyongnya. Young kemudian sukses mempertahankan performa bagus bersama Setan Merah hingga dipercaya tampil 261 kali di semua ajang dalam 8,5 musim.

Young bahkan sempat menjadi kapten MU pada tahun 2019. Selama di MU, Young sukses meraih 5 trofi, termasuk Premier League, Piala FA, dan Europa League. Setelah itu, Young sempat pindah ke Italia dan membela Inter Milan selama 1,5 musim, sebelum akhirnya balik ke Aston Villa pada bursa transfer musim panas ini.

2. Dwight Yorke

5 Pemain Aston Villa yang Sukses Setelah Pindah ke Klub BesarDwight Yorke (strettynews.com)

Jauh sebelum Young, sebenarnya sudah ada pemain Aston Villa lain yang direkrut MU dan akhirnya meraih sukses. Ia adalah Dwight Yorke, striker asal Trinidad & Tobago yang merupakan produk akademi Aston Villa. Yorke membela Villa pada sejak 1990 hingga 1998, dan ia mencatat 66 gol dalam 210 laga di semua ajang.

Setelah itu, Yorke diboyong MU, dan ia berhasil meningkatkan ketajamannya. Yorke sukses mencetak 65 gol hanya dalam 152 laga bersama MU. Selama 4 musim di MU, Yorke sukses meraih 6 trofi, termasuk treble winners di musim 1998/99 alias musim perdananya. Bahkan di musim tersebut, Yorke juga menjadi top skor sekaligus pemain terbaik Premier League!

Baca Juga: 6 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Aston Villa, Siapa Saja?

3. James Milner

5 Pemain Aston Villa yang Sukses Setelah Pindah ke Klub BesarJames Milner (goal.com)

Jack Grealish juga bukan pemain Aston Villa pertama yang pindah ke Manchester City. Sebelumnya ada beberapa pemain lain, salah satunya James Milner. Gelandang versatile yang juga bisa bermain sebagai bek ini membela Villa pada 2008 hingga 2010, dan sebelumnya juga ia sempat berseragam Villa sebagai pinjaman.

Setelah itu, Milner direkrut Manchester City, dan ia langsung jadi andalan selama 5 musim berseragam City. Milner tampil dalam 203 laga bagi City di semua ajang, dengan catatan 19 gol dan 45 assists. Plus, Milner juga turut membawa City meraih 5 trofi, termasuk 2 Premier League dan 1 Piala FA.

4. Gareth Barry

5 Pemain Aston Villa yang Sukses Setelah Pindah ke Klub BesarGareth Barry (standard.co.uk)

Ada pula Gareth Barry, gelandang lulusan akademi Villa yang membela The Villans selama 11 musim dari 1998 hingga 2009. Barry tampil dalam 434 laga di semua ajang bersama Villa, dan mencetak 52 gol serta 27 assist. Barry juga sempat menjadi kapten Villa pada 2006 hingga 2008, dan sempat memenangi Piala Intertoto 2001.

Setelah itu Barry hengkang ke Manchester City pada 2009, dan terus membela The Cityzens hingga 2014. Bersama City pun Barry jadi andalan, hingga tampil 175 kali dengan sumbangan 8 gol dan 18 assists. Soal trofi, Barry juga sukses karena meraih 1 trofi Premier League dan 1 Piala FA.

5. Stewart Downing

5 Pemain Aston Villa yang Sukses Setelah Pindah ke Klub BesarStewart Downing (sportsmole.co.uk)

Terakhir, ada Stewart Downing, winger yang dikenal sebagai legenda Middlesbrough. Downing membela Aston Villa selama 2 musim pada 2009 hingga 2011, dan mencatat 79 laga di semua ajang dengan 11 gol dan 14 assists. Downing bahkan sempat dinobatkan jadi pemain terbaik Villa di musim 2010/11.

Downing pun direkrut Liverpool pada 2011, dan ia bertahan bersama The Reds hingga 2013. Total 91 laga ia mainkan dalam 2 musim, dengan catatan 7 gol dan 12 assists. Ia juga sukses meraih trofi Piala Liga 2011/12, serta runner-up Piala FA di musim yang sama.

 

Lima pemain di atas pernah pindah dari Aston Villa ke klub besar Premier League, dan mereka terbilang sukses bersama klub barunya. Bisakah Jack Grealish jadi sesukses mereka?

Baca Juga: 5 Lulusan Akademi Aston Villa yang Punya Karier Paling Cemerlang

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya