Comscore Tracker

5 Pemain Australia Tersukses di Premier League, Masih Ingat Mereka? 

Dari pemain Liverpool hingga Leeds United 

Australia adalah salah satu negara yang terus mengalami kemajuan di dunia sepakbola dalam beberapa dekade terakhir. Tim nasional mereka tidak pernah absen dalam 4 Piala Dunia terakhir, serta selalu jadi unggulan di ajang Piala Asia. Negara ini juga kerap menghasilkan pemain-pemain bintang kaliber dunia yang bermain di liga-liga top Eropa.

Premier League Inggris adalah salah satu liga top tujuan utama pemain-pemain Australia sejak dulu. Beberapa dari mereka bahkan bukan sekadar jadi pelengkap di sana, tapi berhasil menikmati karier yang terbilang sukses. Mau tahu siapa saja? Ini dia 5 pemain Australia tersukses yang pernah bermain di Premier League.

1. Harry Kewell 

5 Pemain Australia Tersukses di Premier League, Masih Ingat Mereka? bleacherreport.net

Fans sejati Liverpool pasti masih ingat pemain ini. Kewell memang sempat membela The Reds selama lima musim dari 2003 hingga 2008. Kerap bermain di posisi sayap kiri, Kewell bermain dalam 139 laga dan mencetak 16 gol serta 8 assist di semua kompetisi bagi Liverpool. Ia juga turut merasakan manisnya gelar Liga Champions 2005 serta Piala FA setahun kemudian.

Sebelum di Liverpool pun Kewell sudah menorehkan catatan manis di Leeds United, mencatatkan 55 gol dalam 220 laga. Di ajang Premier League sendiri, statistik Kewell adalah 57 gol dalam 274 penampilan. Selepas 2008, Kewell hengkang dari Inggris dan tak pernah kembali ke Premier League, tapi ia tetap tercatat sebagai salah satu pemain Australia tersukses di sana.

2. Mark Viduka 

5 Pemain Australia Tersukses di Premier League, Masih Ingat Mereka? leeds-live.co.uk

Semasa bermain di Leeds, Kewell pernah bahu-membahu dengan sesama pemain asal Australia, yaitu Mark Viduka. Viduka yang berposisi sebagai striker membela Leeds dari tahun 2000 hingga 2004. Ketajamannya bersama Leeds gak perlu diragukan lagi, dimana ia mencetak 68 gol dari 159 laga di semua kompetisi, seperti dicatat Transfermarkt.

Hengkang dari Leeds karena masalah keuangan klub tersebut, Viduka ditampung Middlesbrough, dan ia sukses melanjutkan ketajamannya dengan membukukan 41 gol dari 98 pertandingan. Viduka pensiun pada 2009, mengakhiri kariernya dengan total 92 gol dalam 240 laga di Premier League.

3. Mark Schwarzer 

5 Pemain Australia Tersukses di Premier League, Masih Ingat Mereka? independent.co.uk

Pemain Australia yang berposisi penjaga gawang pun ada yang sukses berkarir di Premier League. Salah satunya adalah Mark Schwarzer, yang pernah membela Middlesbrough, Fulham, Chelsea, dan Leicester City. Puncak kariernya terutama terjadi di Middlesbrough, dimana ia diplot jadi kiper utama selama 11 musim.

Pada 2013 saat membela Fulham, Schwarzer mencatat penampilan ke-500 di Premier League. Ia menjadi pemain di luar Britania Raya pertama yang berhasil merain pencapaian tersebut. Secara total, Schwarzer bermain sebanyak 514 kali di Premier League dan mencatatkan 151 clean sheet, seperti dilansir dari situs resmi Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Nigeria yang Sukses Tampil Cemerlang di Premier League 

4. Tim Cahill 

5 Pemain Australia Tersukses di Premier League, Masih Ingat Mereka? foxsports.com.au

Berikutnya ada Tim Cahill, gelandang asal negeri kanguru yang menghabiskan 8 musim berbaju Everton. Selama kurun waktu tersebut, Cahill memainkan 276 laga dengan sumbangsih 68 gol dan 29 assist di semua ajang. Meski gak pernah meraih trofi bersama The Toffees, statistik tersebut membuat Cahill jadi salah satu pesepakbola Australia terbaik di Premier League.

5. Lucas Neill 

5 Pemain Australia Tersukses di Premier League, Masih Ingat Mereka? sbs.com.au

Nama Lucas Neill mungkin kalah populer dibanding 4 nama sebelumnya. Namun Neill sebenarnya adalah salah satu pemain Australia yang paling lama berkarier di Premier League. Ia mengabdi untuk Blackburn Rovers selama 6 musim, untuk West Ham United 2 musim, dan semusim bersama Everton.

Periode tersukses bagi yang berposisi sebagai bek ini tentu adalah Bersama Blackburn. Ia turut berperan membawa Blackburn 2 kali lolos ke Eropa. Bahkan bersama Neill, Blackburn sukses meraih 1 trofi yaitu Piala Liga tahun 2003. Secara total, Neill memainkan 279 laga dan mencetak 6 gol di Premier League.

Itulah 5 pemain Australia yang sukses berkarier di Premier League. Menarik ditunggu apakah suatu saat akan ada lagi pesepakbola Australia yang akan berhasil meraih hal yang sama.

Baca Juga: 6 Pemain Inggris Ini Sukses Bermain di Luar Premier League, Langka!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya