5 Pemain Austria Terakhir di Premier League, Ada yang Pernah Juara

Marcel Sabitzer yang terbaru

Bursa transfer musim dingin 2023 diwarnai beberapa kepindahan yang menarik perhatian. Salah satunya adalah Marcel Sabitzer yang diboyong Manchester United dari Bayern Munich. Gelandang asal Austria itu dipinjam hingga akhir musim 2022/2023.

Sabitzer pun bergabung ke dalam barisan pemain Austria yang pernah berkarier di English Premier League (EPL). Jumlahnya memang tak terlalu banyak, tetapi ada yang pernah berprestasi. Inilah lima pemain Austria terakhir yang bermain di Premier League.

1. Christian Fuchs

5 Pemain Austria Terakhir di Premier League, Ada yang Pernah JuaraChristian Fuchs mengangkat trofi EPL 2015/2016. (instagram.com/fuchs_official)

Dari seluruh pemain Austria yang pernah bermain di EPL, hanya dua nama yang pernah menjadi juara. Yang pertama adalah Alex Manninger, kiper Arsenal pada 1997–2002. Pemain kedua adalah Christian Fuchs, bek kiri yang membela Leicester City pada 2015–2021.

Fuchs adalah pemain inti ketika Leicester membuat keajaiban dengan menjuarai EPL 2015/2016. Ia terus jadi andalan hingga musim 2017/2018 sebelum perlahan tersisih jadi pelapis. Namun, Fuchs masih sempat menjuarai Piala FA 2020/2021 bersama Leicester.

Selama berseragam Leicester, Fuchs bermain 152 kali, termasuk 116 laga EPL. Ia pun tercatat sebagai pemain Austria dengan penampilan terbanyak ketiga di EPL. Fuchs baru saja memutuskan gantung sepatu pada awal Januari 2023.

2. Daniel Bachmann

5 Pemain Austria Terakhir di Premier League, Ada yang Pernah JuaraDaniel Bachmann (watfordfc.com)

Selain Alex Manninger, ada lagi kiper Austria yang pernah bermain di EPL. Salah satunya Daniel Bachmann. Ia pernah membela dua klub EPL, yaitu Stoke City dan Watford. Namun, Bachmann hanya pernah bermain di EPL saat membela Watford pada musim 2021/2022 lalu.

Selebihnya, Bachmann lebih banyak menjadi kiper cadangan. Saat ini, ia masih membela Watford dan berstatus kiper utama. Watford sedang bermain di divisi Championship 2022/2023, tetapi cukup berpeluang untuk promosi ke EPL musim depan.

Baca Juga: Maximilian Wober, Bek Tangguh asal Austria yang Direkrut Leeds United

3. Sasa Kalajdzic

5 Pemain Austria Terakhir di Premier League, Ada yang Pernah JuaraSasa Kalajdzic (wolves.co.uk)

Pada musim 2022/2023 ini, ada tiga pemain Austria yang sedang berkiprah di EPL. Yang pertama adalah Sasa Kalajdzic, striker berusia 25 tahun. Kalajdzic baru kali ini bermain di Inggris setelah didatangkan Wolverhampton Wanderers pada musim panas 2022.

Sayangnya, karier Kalajdzic bersama Wolves langsung diganggu cedera parah. Ia sudah menepi sejak September 2022 dan kemungkinan bakal absen hingga akhir musim. Kalajdzic pun sejauh ini baru sempat tampil sekali bersama Wolves di EPL.

4. Maximilian Wober

5 Pemain Austria Terakhir di Premier League, Ada yang Pernah JuaraMaximilian Wober (leedsunited.com)

Sementara itu, Maximilian Wober baru bergabung dengan klub EPL pada Januari 2023. Ia meninggalkan Red Bull Salzburg dan bergabung dengan Leeds United. Sebelumnya, bek berusia 25 tahun ini juga sempat membela Ajax Amsterdam dan Sevilla.

Wober dikontrak Leeds hingga 2027. Sejak bergabung, ia langsung jadi andalan baru di pos bek tengah. Sejauh ini, Wober telah bermain tujuh kali di semua ajang bagi Leeds. Terbaru, ia turut membawa Leeds menahan imbang Manchester United 2-2 di EPL 2022/2023.

5. Marcel Sabitzer

5 Pemain Austria Terakhir di Premier League, Ada yang Pernah JuaraMarcel Sabitzer (instagram.com/marcel7sabitzer)

Laga Manchester United melawan Leeds di EPL 2022/2023 juga melibatkan Marcel Sabitzer. Ia tampil sebagai starter untuk pertama kalinya bagi Setan Merah. Sayangnya, Sabitzer gagal membawa Manchester United menang meski tampil cukup apik di lini tengah.

Itu adalah penampilan kedua Sabitzer bersama Manchester United. Debutnya terjadi 4 hari sebelumnya di laga EPL melawan Crystal Palace. Sabitzer pun tercatat sebagai pemain Austria pertama yang tampil bersama Manchester United.

Hingga akhir musim ini, Sabitzer bisa memegang peran penting bagi Manchester United, khususnya karena Setan Merah sedang kehilangan Christian Eriksen. Namun, tak ada opsi pembelian dalam kontrak Sabitzer. Ia bakal kembali ke Bayern Munich pada akhir musim.

 

Ada tiga pemain Austria yang membela klub EPL pada 2022/2023. Adakah di antara mereka yang bakal meraih prestasi bersama klubnya musim ini?

Baca Juga: Profil Marcel Sabitzer, Gelandang Baru MU Pelapis Eriksen

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya